Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

 Manfaat Puasa Senin  Kamis adalah satu di antara amalan puasa sunah, yang dapat dikerjakan oleh umat Islam. Sebagai puasa sunah, puasa Senin Kamis bisa dijadikan umat Islam sebagai amalan andalan untuk mendapat pahala dan rida dari Allah SWT.


Dalam Islam, Senin adalah satu di antara hari yang mempunyai begitu banyak keberkahan. Banyak peristiwa penting yang terjadi di hari Senin, satu di antaranya yakni kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah SAW diketahui terbiasa melakukan puasa di hari Senin. Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW menyebut hari Senin dan Kamis adalah hari diangkatnya amalan.





Adapun praktik atau tata cara puasa Senin Kamis sama dengan amalan puasa lainnya. Hanya bacaan niatnya saja yang berbeda. Kemudian niat puasa Senin Kamis boleh dilafalkan di waktu malam atau saat fajar terbit.

Banyak muslim maupun muslimat menunaikan puasa Senin Kamis demi memperoleh keberkahan Allah. Tetapi, selain keberkahan, ada pula manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan.

Manfaat Puasa Senin Kamis

1. Menjaga Kesehatan Jantung


Mungkin tak banyak yang tahu, puasa Senin Kamis bermanfaat untuk menurunkan risiko aterosklerosis, yaitu penyumbatan arteri lantaran partikel lemak.


Saat berpuasa, lemak akan dipakai sebagai cadangan energi. Hormon adrenalin dan nonadrenalin pun akan berkurang. Kondisi tersebut membantu tubuh untuk menjaga metabolisme tetap stabil sehingga tekanan darah dapat turun.

Merujuk beberapa penelitian, menjadikan puasa ke dalam rutinitas mungkin sangat bermanfaat dalam hal kesehatan jantung. Puasa Senin Kamis secara rutin dapat membantu mengurangi kadar kolesterol 'jahat' LDL dan trigliserida.


2. Mengeluarkan Racun dalam Tubuh


Puasa Senin Kamis diketahui dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Racun yang bercampur dalam lemak, darah, atau bagian yang lain berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Selain berolahraga, cara mengeluarkan racun ini adalah dengan berpuasa. Saat seseorang berhenti mengonsumsi makanan dan minuman minimal selama sehari, racun dapat dikeluarkan dengan efektif.


Pengeluaran racun dapat melalui keringat, buang air kecil maupun saat buang air besar. Bila racun-racun tersebut sudah keluar, tubuh bakal terasa lebih sehat dan bugar

3. Menurunkan Kadar Lemak


Manfaat lain puasa Senin Kamis adalah menurunkan kadar lemak. Perlu diketahui, lemak berlebih dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai masalah seperti kolesterol dan jantung.


Maka itu, kelebihan lemak dalam tubuh harus dihilangkan. Satu di antara manfaat puasa Senin Kamis adalah membantu menghilangkan lemak tak sehat tersebut.

Saat berpuasa, tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi. Alhasil, lemak berlebih akan berkurang dan tubuh akan terhindar dari gangguan penyakit, seperti tekanan darah tinggi maupun kolesterol.


4. Mengistirahatkan Organ Pencernaan


Perlu diketahui, sistem pencernaan dalam tubuh mempunyai banyak peran dan membutuhkan energi dalam jumlah besar. Sistem pencernaan dapat mengalirkan energi yang dibutuhkan untuk penyembuhan, perbaikan, dan pemeliharaan umum tubuh

Maka itu, penting untuk memberinya istirahat. Sistem pencernaan manusia juga perlu istirahat dalam waktu tertentu agar bisa bekerja maksimal.


Saat berpuasa Senin Kamis, pencernaan secara rutin akan beristirahat dari tekanan mencerna makanan. Dengan demikian, fungsi sistem pencernaan akan terus terjaga kinerjanya.


Sistem pencernaan yang sehat bakal membuat manusia jauh dari penyakit pencernaan. Misalnya, masalah lambung, sembelit, diare, dan masih banyak lagi.

5. Mengontrol Gula Darah


Senin Kamis bermanfaat untuk mengatur tingkat gula darah. Puasa akan membuat tubuh menghancurkan glukosa untuk mendapatkan energi.


Hal ini akan menurunkan produksi insulin tubuh. Hasilnya, tubuh akan mengalami penurunan gula darah. Puasa Senin Kamis secara rutin turut mencegah lonjakan gula darah.

Selanjutnya, manfaat puasa akan membantu mengurangi resistensi insulin. Mengurangi resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.


Dengan demikian, memungkinkannya untuk memindahkan glukosa dari aliran darah ke sel-sel dengan lebih efisien.


6. Melembutkan Hati dan Turunkan Hawa Nafsu


Puasa dalam keyakinan agama Islam memang menduduki posisi yang mulia. Selain mendapatkan pahala yang besar, orang yang rajin berpuasa juga akan dianugerahi kelembutan hati dan hawa nafsunya terhadap dunia akan berkurang.

7. Menurunkan Risiko Stres


Adapun manfaat puasa Senin Kamis secara spiritual, yakni dapat menurunkan stres dan tekanan jiwa. Kondisi kesehatan mental yang optimal dapat membantu kaum muslim meraih kesuksesan dengan mudah.


Manfaat puasa Senin Kamis secara spiritual lainnya, yaitu bisa meningkatkan kedamaian hati. Jadi, puasa memungkinkan seseorang merasa bersih jiwa dan raganya.


8. Melancarkan Metabolisme

Manfaat puasa Senin Kamis lainnya ialah dapat meningkatkan metabolisme. Dengan berpuasa, tubuh harus bertahan berjam-jam tanpa makanan dan minuman, menggunakan sumber lemak, dan mengangkut racun dari tubuh.


Dengan berbuka menggunakan makanan bergizi seimbang, metabolisme bakal terbangun ulang dan meningkatkan level energi.

Jenis makanan yang perlu dikonsumsi saat berbuka dan sahur di antaranya buah-buahan yang kaya akan serat, sayuran, gandum, protein tanpa lemak, dan air mineral.

9. Menurunkan Berat Badan


Puasa Senin Kamis bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Bahkan, puasa lebih efektif ketimbang pembatasan kalori untuk kehilangan lemak. Puasa juga bisa menjaga jaringan otot tetap kuat.


Manfaat puasa Senin Kamis lainnya ialah meningkatkan lemak darah dan membantu menurunkan berat badan. Selama berpuasa, sel-sel ditekan dan hal tersebut dapat membantu menurunkan berat badan. Puasa dapat pula membantu menjaga kadar gula dan kolesterol darah.

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Manfaat terakhir puasa Senin Kamis untuk kesehatan, yakni dapat meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Puasa juga dapat membantu meningkatkan regenerasi sel dan mencegah kerusakan organ akibat radikal bebas.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel