Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kulit

 Minyak zaitun adalah minyak yang diperoleh dari ekstraksi buah zaitun. Buah zaitun memiliki nama ilmiah Olea europaea yang masih tergolong dalam famili oleaceae. Pohon zaitun tumbuh sebagai perdu tahunan yang abadi dan mulai menghasilkan buah pada usia lima tahun.





Tanaman zaitun tersebar luas di negara-negara Mediterania, Afrika, semenanjung Arab, India, dan Asia.

Selain dikenal sebagai penambah cita rasa makanan pada masakan, minyak ini juga memiliki beragam manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa ketika para peneliti menerapkan minyak zaitun ke kulit tikus yang terkena sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker, minyak zaitun bekerja untuk melawan sel-sel penyebab kanker.

Tingkat tumor secara signifikan lebih rendah pada tikus yang menggunakan minyak zaitun untuk kulitnya. Berikut manfaat minyak zaitun untuk kulit dilansir dari berbagai sumber:

Kaya akan Vitamin

Minyak zaitun memang memiliki beberapa manfaat untuk kulit. Menurut International Olive Council , minyak zaitun memiliki banyak kandungan vitamin, termasuk A, D, dan K, serta vitamin E.

Bintik-bintik gelap dapat dikaitkan dengan berbagai faktor seperti kerusakan kulit akibat radikal bebas, penuaan, atau gangguan pada liver. Vitamin E diperkaya antioksidan penangkal radikal bebas yang mungkin mengakibatkan hiperpigmentasi dan flek hitam.

Ketika kadar vitamin A dalam tubuh rendah, maka produksi keratin (protein alami pada rambut) akan meningkat pesat hingga melebihi batas optimalnya.

Kondisi ini yang kemudian membuat produksi minyak di kulit lebih banyak sehingga menyumbat pori-pori kulit dan memicu timbulnya jerawat.


Selain itu, vitamin A dapat mempercepat proses pembentukan sel kulit baru. Dengan begitu, risiko tersumbatnya pori-pori oleh sel kulit mati akan berkurang dan tampilan pori-pori yang bersih pun akan terlihat lebih kecil dan mengurangi risiko munculnya jerawat.


Kaya akan Antioksidan

Manfaat minyak zaitun untuk kulit selanjutnya yaitu karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Minyak zaitun mengandung senyawa yang disebut squalene.

Kandungan squalene yang tinggi pada minyak zaitun inilah yang memberi dorongan tambahan dalam manfaat antioksidannya.


Melawan Bakteri


Jika Anda rentan terhadap jerawat, gunakan sabun yang dibuat dengan minyak zaitun, karena dapat mengurangi jerawat Anda dengan membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat.

Studi tabung menunjukkan bahwa minyak zaitun extra virgin melawan delapan jenis bakteri, tiga di antaranya resisten terhadap antibiotik.


Melembabkan Kulit

Jika tangan Anda kering dan pecah-pecah, oleskan sekitar satu sendok teh minyak zaitun untuk membersihkan kulit, kata Tony Nakhla, MD, seorang dokter kulit bersertifikat, dan pendiri serta Ceo Eighth Day.

Tutupi tangan Anda dengan bungkus plastik untuk memastikan bahwa minyak sepenuhnya menyerap ke dalam kulit Anda. "Proses ini disebut terapi oklusi," kata Nakhla,


memaksa minyak ke dalam kulit, yang mengandung polifenol dan antioksidan kuat yang membantu memulihkan dan memperbarui sel-sel kulit."

Kenakan sarung tangan dalam semalam atau selama beberapa jam.Lepaskan sarung tangan dan keringkan dengan lembut menggunakan handuk kertas untuk menghilangkan minyak berlebih.Tangan Anda akan terasa lebih lembut


Tidak Menyumbat Pori


Tidak seperti pelembab komersial yang dapat menyumbat pori-pori dan memperburuk kondisi kulit saat ini, minyak zaitun menembus jauh ke dalam kulit sembari memberikan efek pembersihan.


Coba gunakan minyak zaitun organik di malam hari sebagai pengganti pelembab biasa. Oleskan satu sendok teh minyak ke wajah dan leher. Dengan lembut tepuk kulit dengan handuk kertas untuk menyeka minyak berlebih.


Meningkatkan Pengelupasan


Berikutnya, manfaat minyak zaitun untuk kulit adalah kegunaannya dalam aplikasi pengelupasan kulit.


Metode pengelupasan yang umum menggunakan minyak zaitun adalah mencampurkan 1 sendok makan minyak dengan garam laut alami, gosokkan campuran ini ke kulit.

Kualitas abrasive ringan dari garam laut, dikombinasikan dengan aksi penetrasi minyak yang dalam, akan menghilangkan sel kulit mati dan membuat epidermis tampak diperbarui dan bercahaya.


Mengurangi keriput dan tanda-tanda penuaan

Minyak zaitun mengandung antioksidan kuat," kata Tanzi seperti yang dilansir dari womenshealthmag. "Ini termasuk vitamin E dan polifenol, yang membantu mengumpulkan dan menetralisir radikal bebas yang dapat merusak kulit dan meningkatkan penampilan penuaan."

Masker wajah yang dibuat dengan minyak zaitun (2 sendok makan), dan jus lemon (1 sendok makan), dan sejumput garam laut, dapat meremajakan kulit Anda, dan mencegahnya melorot serta munculnya tanda-tanda penuaan lainnya. Pijat wajah Anda dengan seksama, dan ulangi kegiatan ini setidaknya tiga kali seminggu.


Anda juga bisa menggunakannya sebagai pelembab siang hari.


Atasi iritasi


Jika Anda mengalami kulit kering, gatal, atau meradang, Julie Russak, MD, dermatolog di New York City, menyarankan mencoba minyak zaitun untuk menghilangkan ketidaknyamanan.


"Banyak orang menemukan bahwa minyak zaitun menenangkan kulit yang teriritasi dan meradang, berkat senyawa yang disebut oleocanthal," katanya. Tambahkan sedikit minyak zaitun ke dalam air hangat untuk menghilangkan alergi

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kulit "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel