Manfaat Jantung Pisang Dan Cara Mengolah nya

 Jantung pisang merupakan bagian dari pohon pisang yang umumnya dikenal sebagai cikal bakal buah. Warna merah tua berdaging putih menjadi ciri khas dari bunga tumbuhan dengan buah berwarna kuning ini.





Walaupun seringkali terlupakan dan tidak digunakan, tapi cikal bakal pisang ini memiliki rasa yang lezat dan kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, bisa membantu menghindari penyakit berbahaya seperti diabetes hingga kanker.


Bunga pisang ini pun rendah kalori dan tinggi kalium. Tidak hanya baik untuk program diet, namun baik untuk kesehatan jantung serta mampu mencegah darah tinggi.

Kandungan Jantung Pisang

Jantung pisang termasuk rendah kalori, namun kaya akan nutrisi serta serat. Dengan beragam nutrisi di dalamnya, kamu bisa menerima berbagai manfaatnya bagi tubuh.


Dalam 100 gram (g) jantung pisang mengandung:


Kalori: 51 kilokalori (kkal)

Serat: 5,7 g

Karbohidrat: 9,9 g

Lemak: 0,6 g

Protein: 1,6 g

Zat besi: 56,4 miligram (mg)

Vitamin E: 1,07 mg

Magnesium: 48,7 mg

Tembaga: 13 mg

Kalium: 553,3 mg

Kalsium: 56 mg

Fosfor: 73,3 mg



Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan

Dari berbagai zat yang terkandung, serat, karbohidrat dan kalium adalah beberapa yang paling dominan dari jantung pisang. Dan itulah yang banyak berperan dalam memberikan kebaikan selama dikonsumsi dalam jumlah wajar, simak daftar manfaat selengkapnya:


1. Mencegah Dampak Buruk Radikal Bebas

Radikal bebas dapat berpotensi menimbulkan kanker pada tubuh manusia. Sedangkan jantung pisang memiliki kandungan yang dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh manusia. 


Jantung pisang memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga mampu mengurangi radikal bebas dalam tubuh manusia.

2. Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

Jantung pisang memiliki khasiat untuk meredakan nyeri pada saat menstruasi. Karena kandungan probiotik yang berfungsi untuk mencegah pembengkakan dan gangguan pada saluran pencernaan.


Jadi, kamu bisa mengonsumsi jantung pisang secara teratur sebelum dan sesudah menstruasi.

3. Menurunkan Risiko Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kandungan gula atau kalori pada tubuh manusia. Kandungan yang terdapat pada jantung pisang memiliki khasiat yang sangat baik untuk seseorang yang memiliki penyakit diabetes.


Hal tersebut dikarenakan jantung pisang mempunyai fungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaganya dalam batas normal.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sari atau ekstrak jantung pisang sangat cocok digunakan untuk seseorang yang mengalami masalah pada pencernaan. 


Karena jantung pisang memiliki kandungan serat cukup tinggi yang dapat memelihara kesehatan saluran pencernaan kamu.

5. Mampu Meningkatkan Mood 

Pada saat menstruasi tentunya seorang wanita akan merasakan nyeri yang cukup hebat. Tentunya hal ini dapat menyebabkan perubahan mood pada seorang wanita yang sedang mengalami menstruasi. 


Dengan mengkonsumsi jantung pisang tentunya dapat mengurangi rasa nyeri pada perut, sehingga suasana hati kamu bisa kembali membaik.

6. Mengurangi Efek Menstruasi

Kamu bisa mengolah jantung pisang dalam berbagai macam resep, salah satunya yaitu mengolah sayur tersebut dengan yogurt. Di mana hal ini bisa memacu tubuh untuk hasilkan hormon progesteron yang mampu atasi pendarahan berlebih saat menstruasi.

7. Mengatasi Infeksi

Infeksi yang disebabkan oleh bakteri maupun virus dapat menyerang kapanpun tanpa kamu ketahui. Namun, zat etanol yang dimiliki oleh jantung pisang dapat meredakan dan menyembuhkan tubuh kamu secara efektif dari infeksi.


8. Mencegah Kanker

Antioksidan memiliki fungsi untuk menghilangkan racun dalam tubuh kita yang disebabkan oleh kegiatan sehari-hari. Jantung pisang baik dikonsumsi karena memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

Dengan mengkonsumsi jantung pisang tentunya kamu dapat terhindar dari beberapa penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas seperti kanker.

9. Memelihara Kesehatan Jantung

Jantung pisang dapat memelihara kesehatan jantung. Berbagai kandungan nutrisi yang terdapat pada jantung pisang, mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat mengakibatkan serangan jantung.


10. Mampu Menurunkan Berat Badan

Jantung pisang juga dapat diandalkan dalam menurunkan berat badan. Untuk kamu yang ingin menjalankan program diet, kandungan rendah kalori yang terdapat pada jantung pisang tentunya bisa menjadi salah satu menu andalan.

Kamu bisa mengolah jantung pisang menjadi menu makanan sayuran yang sangat bergizi, mudah dan lezat.


11. Mencegah Pembesaran Prostat

Pembesaran prostat dapat mengakibatkan berkurangnya fungsi kandung kemih, sehingga buang air kecil pun menjadi sedikit terhambat.

Cikal bakal dari buah pisang ini dipercaya mampu mengatasi pembesaran prostat dikarenakan jantung pisang memiliki kandungan taurin, asam pantotenat, nikotinat dan asam sitrat yang mampu menghambat pertumbuhan sel-sel yang dapat mengakibatkan pembesaran prostat.


Cara Mengolah Jantung Pisang

Ada berbagai cara untuk mengolah jantung pisang, namun di antaranya jantung pisang pedas merupakan salah satu yang paling populer. Berikut ini merupakan kreasi yang bisa jadi referensi.


Bahan-bahan:


1 buah jantung pisang

2 lembar daun salam

2 centimeter (cm) lengkuas

50 g daging tetelan

3 batang serai

Garam dan merica, serta gula, air dan minyak secukupnya

1 ikat daun kemangi

8 lembar daun jeruk

Bumbu halus:


4 buah cabai rawit

2 cm Kunyit

3 buah cabai merah

1 sendok teh ketumbar

1 cm jahe

½ sendok teh (sdt) terasi

6 butir bawang merah

4 butir kemiri

3 siung bawang putih

3 buah cabai merah

Langkah-langkah pembuatan:


Pertama-tama panaskan minyak, lalu masukkan seluruh bumbu halus dan tumis hingga wangi. Selanjutnya, masukkan tetelan dan aduk hingga rata.

Setelah tetelan mulai matang, masukkan jantung pisang yang telah dibersihkan dan dipotong kecil-kecill. Aduk dan tambahkan air serta bumbu penyedap sesuai selera.

Masak hingga bumbu mulai meresap dalam jantung pisang dan air telah berkurang.

Terakhir, tambahkan daun jeruk serta daun kemangi. 


Belum ada Komentar untuk "Manfaat Jantung Pisang Dan Cara Mengolah nya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel