Manfaat Dan Bahaya Bunga Telang Yang Patut Diketahui Bagi Kesehatan

 Bunga telang, atau yang bernama Latin Clitoria ternatea adalah tanaman yang terkenal karena bunganya yang berwarna biru cerah dan dapat dimakan. Selain dari banyak kegunaan kulinernya, bunga telang juga telah digunakan dalam Ayurveda serta pengobatan tradisional Asia dan Timur Tengah selama berabad-abad.





manfaat kesehatan bunga telang antara lain adalah meningkatkan daya ingat, meningkatkan suasana hati yang seimbang, dan sistem kekebalan yang sehat. Manfaat kesehatan ini juga semakin didukung oleh bukti-bukti sains modern.

Bunga telang dikenal juga untuk meningkatkan vitalitas dan proses penuaan yang sehat. Bunga ini penuh dengan antioksidan, termasuk pro antosianidin (yang mendukung kolagen dan elastisitas kulit) dan antosianin (mendukung kesehatan rambut dan mata). Kedua bahan ini membantu meningkatkan siklus hidup sehat sel Anda secara keseluruhan.

Namun selain manfaat-manfaat positif tersebut, bunga telang tentu juga memiliki efek samping atau bahaya yang patut diwaspadai. Berikut ini adalah ulasan mengenai manfaat dan bahaya bunga telang yang telah kami rangkum khusus untuk Anda.

Manfaat Bunga Telang

Bunga telang yang diseduh biasa disebut dengan Blue Tea, adalah ramuan herbal bebas kafein, dibuat dengan merebus bunga kering atau segar dari tanaman Clitoria ternatea. Hal terbaik dari minuman ini adalah kandungannya yang benar-benar bebas kafein, dan dikemas dengan antioksidan.

Seperti apa pun pada umumnya, segala sesuatu yang baik pasti tetap memiliki efek samping atau dampak yang tidak baik. Sama halnya dengan bunga telang, yang belakangan sedang populer dikonsumsi oleh masyarakat luas. Bunga telang memang membawa banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Melansir dari teahow.com, manfaat bunga telang di antaranya adalah:

Bantu turunkan berat badan

Parasetamol alami

Bermanfaat untuk kesehatan mata

Memerangi efek diabetes

Nol kafein

Baik untuk kesehatan jantung

Dikemas penuh dengan antioksidan

Memiliki sifat anti penuaan

Memerangi rambut rontok prematur/pola kebotakan pria

Efektif melawan stres, kecemasan, dan depresi

Tingkatkan kesehatan otak secara keseluruhan

Memiliki sifat anti inflamasi

Bahaya Bunga Telang

Setelah mengetahui apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari bunga telang, jangan lupa juga bahwa ekstrak bunga telang juga memiliki beberapa efek samping yang perlu diwaspadai. Manfaat dan bahaya bunga telang memang berjalan beriringan, dan hal ini tak bisa dihindari. 


konsumsi ekstrak bunga telang yang berlebihan dapat menyebabkan mual dan diare. Wanita hamil dan menyusui juga disarankan untuk tidak mengonsumsi minuman ini, kecuali telah berkonsultasi dengan dokter. Namun selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi ekstrak bunga telang kapanpun itu.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Dan Bahaya Bunga Telang Yang Patut Diketahui Bagi Kesehatan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel