Manfaat Bunga Rosella Dan Cara Membuatnya

 Bunga Rosella atau Hibiscus sabdariffa merupakan jenis bunga yang memiliki bentuk cantik dengan warna yang mencolok. Keindahan bunga ini membuat rosella sering dijadikan sebagai tanaman hias. Selain indah, ternyata bunga ini juga memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan. Penasaran apa saja manfaat dari bunga rosella




Manfaat Bunga Rosella untuk Kesehatan Bunga yang didominasi dengan warna merah terang ini mengandung sejumlah manfaat bagi kesehatan. berikut beberapa manfaat dari rosella yang perlu diketahui.

1. Sumber Antioksidan Kandungan antioksidan dalam bunga rosella diketahui cukup tinggi. Antioksidan berguan untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Meski demikian, rosella tidak menjamin Anda bebas dari penyakit, bunga ini hanya membantu tubuh agar lebih sehat.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Manfaat bunga rosella lainnya yaitu bisa membantu menurunkan darah tinggi. Rosella biasanya diolah menjadi teh yang diketahui bisa mengobati hipertensi.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa penderita hipertensi atau darah tinggi yang mengonsumsi teh rosella setiap hari mengalami penurunan tekanan darah sistolik sekitar 7,5 mmHg dan tekanan diastolik rata-rata 3,53 mmHg. Meskipun demikian, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk menguji khasiat dari bunga rosella.

3. Menjaga Gula dalam Darah Teh rosella juga dipercaya bisa membantu penderita diabetes tipe 2 untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Manfaat ini berdasarkan penelitian yang dilakukan pada hewan uji yang disuntikkan ekstrak bunga Hibiscus sabdariffa.

Hasil dari penelitian tersebut diketahui kadar gula dalam darah pada hewan uji menurun sekitar 12%. Namun untuk khasiat pada manusia masih perlu penelitian lebih lanjut.

4. Menurunkan Kadar Lemak Manfaat teh rosella lainnya yaitu bisa menurunkan kadar lemak dalam darah. Namun ketika dikonsumsi berlebih, teh ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Bunga resella juga diketahui bisa menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah. Meskipun demikian, masih butuh penelitian lebih lanjut untuk meyakinkan manfaat dari bunga ini. 5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian yang pernah dilakukan diketahui menyebutkan bahwa ekstrak bunga rosella dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, bunga ini juga berguna untuk mendukung indeks masa tubuh dan mengurangi rasio pinggang ke pinggul yang ideal.

6. Melawan Bakteri Manfaat bunga rosella berikutnya yaitu diketahui bisa melawan bakteri. Sayangnya pengujian yang dilakukan masih sebatas uji lab. Hasilnya, bunga rosella prositif dapat melawan bakteri jenis tertentu.

7. Berpotensi Mencegah Kanker Tanaman ini diketahui bisa mencegah kanker. Bunga ini mengandung polifenol yang terbukti bisa melawan pertumbuhan sel kanker. Meskipun demikian, konsumsi bunga rosella tidak semata-mata bisa mencegah kanker. Dibutuhkan kadar polifenol tertentu agar komponen tersebut dapat bekerja dengan optimal.

Cara Membuat Teh Rosella Setelah mengetahui beragam manfaat dari bunga rosella, mungkin kini Anda tertarik untuk mencicipi rasanya. Anda dapat membuat teh rosella di rumah. Caranya cukup, simak penjelasan berikut

Teh Rosella Dingin Bahan: Bunga rosella ¼ gelas. Gula secukupnya. Air dingin 2 cangkir. Air hangat sedikit. Es batu sesuai keinginan.

Cara membuat: Larutkan bunga rosella bersama gula dalam sedikit air hangat. Biarkan selama beberapa menti hingga air berubah warna menjadi merah. Tambahkan air dingin dan es baru. Aduk sampai merata dan teh bunga rosella dingin sudah bisa dinikmati.

Teh Rosella Hangat Bahan: Bunga rosella ¼ gelas. Gula secukupnya. Air panas 2 cangkir. Kayu manis atau mint sesuai selera

Cara membuat: Larutkan bunga rosella dan gula dalam air panas. Tambahkan kayu manis dan mint. Biarkan beberapa saat sampai air berubah menjadi warna. Aduk dan nikmati teh bunga rosella selagi masih hanga

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Bunga Rosella Dan Cara Membuatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel