Semeru Sejak Pagi Sampai Siang Luncurkan Guguran Awan Panas Hingga 5 Kali

 LUMAJANG JATIM - Sejak pukul 06:00-12:00 WIB, kawah Semeru meluncurkan 5 kali guguran awan panas yang mengarah ke aliran sungai yang berhulu dari Gunung Semeru.

Luncuran awan panas dari puncak ketinggian Semeru terekam seismograf di pos pantau PVMBG di Gunung Sawur, Lumajang. Luncuran awan panas 5 kali kejadian dengan amplitudo 2-4 milimeter dengan durasi 60-90 detik.





Untuk gempa tektoniknya 3 kali kejadian, amplitudo menerus 7 sampai 22 milimeter, dengan durasi 65-155 detik. Kondisi Gunung Semeru tertutup awan dan sekitar lereng pegunungan sejak pukul 13:00 WIB terjadi hujan intensitas tinggi dan sedang.

Petugas pos pantau Yuda Prinardita Pura tetap mengimbau warga tidak melakukan aktivitas apapun di aliran Sungai Besuk Kobokan atau di jarak 13 kilometer dari puncak Semeru atau pusat erupsi. Juga tidak beraktivitas dalam radius 5 kilometer dari puncak kawah karena rawan lontaran lava pijar.

Dan waspada luncuran awan panas guguran, guguran lava dan lahar dingin di aliran sungai yang berhulu di Gunung Semeru, seperti Sungai Besuk Kobokan, Besuk Sat, Besuk Bang dan Besuk Kembar," kata Yuda kepada wartawan Senin (20/12/2021).


Hingga saat ini, daerah zona merah bencana alam erupsi Gunung Semeru yang diterjang awan panas dan lava pijar dari puncak Songring Saloko ini, dijaga ketat oleh petugas dari TNI/ Polri. 4 dusun yang ada di zona merah sudah di tinggalkan warganya.


Sumber: detik.com

Belum ada Komentar untuk "Semeru Sejak Pagi Sampai Siang Luncurkan Guguran Awan Panas Hingga 5 Kali "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel