Persatuan Dukun Di Banyuwangi Gelar Ritual Ini Demi Indonesia Juara AFF

 BANYUWANGI JATIM - Mendoakan Timnas Indonesia yang berjuang dalam final Piala AFF 2020, Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu) menggelar ritual khusus. Ritual itu bernama Samar Wulu, untuk mendoakan kemenangan Tim Garuda melawan Thailand.





Selain itu ritual dianggap bentuk dukungan sebagai warga Indonesia saat membela putra terbaiknya berlaga di kancah Asean.

Ketua Perdunu Abdul Fatah Hasan menyatakan, pihaknya sengaja menggelar ritual agar tim yang Dilatih Shin Tae-yong menang melawan Thailand di leg pertama final AFF 2020.

Intinya teman-teman berharap betul Tim Nasional Indonesia bisa menang. Kita akan bikin ritual," ujarnya kepada wartawan, Rabu (29/12/2021).

Ritual yang akan dilakukan Perdunu adalah Ritual Samar Wulu. Ritual ini digelar menjelang magrib atau orang jawa menyebutnya saat surup.


"Ada ritual khusus, ritualnya ritual Samar Wulu. Itu dikhususkan untuk tolak balak dan mendoakan kemenangan timnas," tegasnya


Ritual ini akan digelar di Kedaton Perdunu yang merupakan Kantor Pusat Perdunu. Ritual ini hanya dilakukan di kantor pusat karena mengingat pertandingan final Piala AFF 2020 yang berlangsung ini merupakan even sepak bola skala besar.

Jadi ketika hal-hal besar seperti kegiatan ini kan tingkat nasional ini harus digelar di pusat, dan ini melibatkan banyak orang," tegasnya.


Pada akhir ritual Samar Wulu, digelar doa yang akan diaminkan seluruh anggota Perdunu dari seluruh Indonesia. Dia menyebut untuk ritual Samar Wulu tidak akan digelar secara live. Namun pada sesi penutup pembacaan doanya akan digelar secara live streaming diikuti seluruh anggota Perdunu.

Ritualnya tidak live tapi doanya, di penutup ritual itu ada doa dilakukan secara live dan diaminkan oleh semuanya," terangnya.


Tak hanya itu, Perdunu akan melakukan nonton bareng pertandingan final leg 1 antara Timnas Indonesia vs Tim Thailand. Namun menurutnya, dukungan Perdunu tidak hanya diwujudkan dengan nonton bareng pertandingan tersebut.


Bukan hanya nonton bareng nanti akan ada selamatan untuk mendoakan acara (pertandingan) itu bisa berjalan sesuai harapan masyarakat banyak, supaya Indonesia menang," tegasnya.

Mengenai pertandingan antara Indonesia vs Thailand itu sendiri, menurutnya Indonesia mempunyai potensi besar untuk meraih kemenangan. Karena dalam beberapa pertandingan Indonesia berhasil menjalani dan memenangkannya.


Indonesia punya potensi besar memenangkan pertarungan ini. Dari beberapa pertanidngn yang sudah berlalu indonesia mampu melalui itu dengan baik," pungkas pengasuh Pondok Pesantren Al Huda, Blimbingsari, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi ini.




Sumber: detik.com

Belum ada Komentar untuk "Persatuan Dukun Di Banyuwangi Gelar Ritual Ini Demi Indonesia Juara AFF"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel