Seluruh Awak KRI Nanggala 402 Dinyatakan Telah Gugur

JAKARTA - Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, mengatakan upaya pencarian kapal selam Nanggala  402 yang dinyatakan hilang di perairan utara pulau Bali, telah menunjukkan hasil. Namun,  seluruh awak di dalamnya dinyatakan gugur.


Saat dikonfirmasi di Jakarta SAMSUL HADI mengatakan, pada konferensi pers di Bali,  Minggu sore, HADI mengatakan Satgas SAR sebelumnya sudah meningkatkan status KRI Naggala 402 dari hilang kontak ke tenggelam. 

Berdasarkan pemindaian secara akurat dengan multibeam sonar dan magnetometer dari KRI Rigel, didapatkan citra bawah air yang dapat dipastikan merupakan KRI Naggala 402.

HADI menambahkan, selain lewat pemindaian oleh KRI Rigel, citra bawah air yang dipastikan  merupakan KRI Nanggala 402 juga diperoleh dari perekaman ROV yang diturunkan oleh MV Swift Rescue milik Singapura. 

Lewat perekaman ROV pula  diketahui citra bawah air yang lebih akurat bagian-bagian dari KRI Nanggala 402, antara lain kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, dan  bagian kapal yang lain,  termasuk baju keselamatan awak kapal MK11.

Kepala Staf Angkatan Laut, LAKSAMANA YUDO MARGONO, mengatakan berdasarkan perekaman MV Swift Rescue diketahui KRI Naggala 402 tenggelam pada kedalaman 823 meter di bawah  permukaan laut. Dari citra bawah air diketahui bahwa kapal selam andalan Indonesia itu terbelah menjadi 3 bagian.  

Secara terpisah presiden JOKO WIDODO lewat pernyataan lisan yang disampaikan Minggu siang, mengatakan bahwa seluruh awak KRI Nanggala 402 merupakan putra terbaik bangsa,  patriot penjaga kedaulatan negara. JOKOWI menyampaikan ungkapan duka mendalam, terutama untuk keluarga seluruh awak kapal selam itu.


Sumber : andikafm.com

Belum ada Komentar untuk "Seluruh Awak KRI Nanggala 402 Dinyatakan Telah Gugur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel