Pakar sebut gempa malang M 6,1 di picu tumbukan lempeng Australia - Eurasia

 SURABAYA JATIM - Pakar geologi dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Amien Widodo menyebut wilayah di Jawa bagian Selatan memang rawan terjadi gempa. Salah satunya, di titik gempa Malang Selatan.

"Iya daerah itu sudah sering karena memang semua kabupaten di Jawa bagian selatan itu daerah yang rawan gempa. Mulai dari gempa sampai Magnitudo 8. Ini magnitudo 6,7 ini ya cukup sedang lah," kata Amien saat dihubungi wartawan di Surabaya, Sabtu (10/4/2021).

Di sana, lanjut Amien merupakan daerah tumbukan antarlempeng.





Kenapa di daerah Jawa, mulai Bali, Lombok sampai Sumatra itu rawan gempa? Karena di situ merupakan daerah tumbukan antarlempeng. Antara Samudera Hindia Australia dan Lempeng Eurasia yang ada di Jawa, Sumatra dan seterusnya," papar Amien.

"Lempeng Hindia Australia itu menyusup di bawahnya pulau Jawa. Jadi, namanya subduksi, penyusupan tadi dari 0 km sampai 650 km merupakan daerah rawan gempa," imbuh Amien.


Sebelumnya, Gempa bumi berkekuatan magnitudo (m) 6,7 terjadi di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Gempa ini tidak menimbulkan potensi tsunami.


Sumber: detik.com

Belum ada Komentar untuk "Pakar sebut gempa malang M 6,1 di picu tumbukan lempeng Australia - Eurasia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel