Banjir yang Landa 8 desa di Jombang mulai surut

 JOMBANG JATIM- Banjir akibat meluapnya Sungai Catak Banteng dan Pancir Gunting melanda 8 desa di Jombang. Namun sore tadi, sebagian besar banjir telah surut.

Supervisor Pusdalops BPBD Kabupaten Jombang Stevie Maria mengatakan, hingga pukul 15.30 WIB, banjir hanya tersisa di dua titik saja di Kecamatan Sumobito. Yaitu di Dusun Talunlor, Desa Talunkidul 20-30 cm dan di Dusun Grudo, Desa Madyopuro 20-30 cm.





"Hanya tersisa genangan saja di jalan-jalan, trennya berangsur surut," kata Stevie saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (2/4/2021).

Sementara banjir di 6 desa lainnya sudah surut total sore ini. Bahkan, debit air Sungai Pancir Gunting dan Catak Banteng yang memicu banjir, sudah turun drastis.


"Debit air dua sungai itu sudah turun seperti biasa," terang Stevie.


Sebelumnya, banjir melanda sebagian wilayah Kecamatan Mojoagung, Mojowarno dan Sumobito akibat meluapnya Sungai Pancir Gunting dan Catak Banteng sejak Kamis (1/4) malam. Hujan deras dalam waktu lama di wilayah hulu membuat kedua sungai tak mampu menampung debit air.


Pukul 08.00 WIB pagi tadi, banjir masih menggenangi 8 desa di tiga kecamatan tersebut. Di wilayah Mojowarno, banjir terjadi di Dusun Tegalsari-Desa Wringinpitu dengan ketinggian 20-40 cm dan Dusun Karangkletak-Desa Catakgayam dengan ketinggian 5-10 cm. Di wilayah Mojoagung banjir terjadi di Dusun Kebondalem dan Pekunden-Desa Kademangan dengan ketinggian 40-60 cm. Di Dusun Betek Utara-Desa Betek ketinggiannya 20-30 cm dan Dusun Kagulan-Desa Janti ketinggiannya 10-20cm.

Sedangkan di wilayah Sumobito, banjir terjadi di Dusun Talunlor-Desa Talunkidul dengan ketinggian 60-100 cm. Lalu di Dusun Grudo-Desa Madyopuro 50-80 cm, serta di Dusun Ngrambe-Desa Kendalsari 40-50 cm.


Stevie memastikan tidak ada korban jiwa akibat bencana alam tersebut. Banjir sempat memaksa warga di Desa Kademangan mengungsi pada Kamis (1/4) malam. Namun pagi tadi, mereka sudah bisa pulang ke rumah masing-masing karena air mulai surut.


Sumber: detik.com

Belum ada Komentar untuk "Banjir yang Landa 8 desa di Jombang mulai surut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel