Keistimewaan Bulan Sya'ban Dan Amalan Bulan Sya'ban

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ,

Pada perjumpaan kita kali ini, saya akan menyampaikan informasi tentang Keutamaan Bulan Sya'ban.

Bulan Sya'ban adalah bulan yang berada diantara dua bulan mulia, Yaitu diantara Bulan Rajab dan Bulan Ramadhan, yang menjadi fokus perhatian umat islam untuk tidak berlalu begitu saja tanpa diisi dengan berbagai macam ibadah. 

Bulan Sya'ban terjepit diantara dua bulan yang didalamnya dipenuhi kesibukan ibadah bukan berarti ia tidak memiliki keistimewaan sehingga sering terlupakan.

Rasulullah sangat memberikan perhatian yang lebih terhadap bulan Sya'ban ini dengan berpuasa  sebanyak-banyaknya yang tidak pernah dilakukan oleh bulan-bulan lainnya kecuali bulan ramadhan karena didalamnya banyak mengandung keistimewaan.

Lantas, apa saja amalan dan keistimewaan atau keutamaan bulan Syaban, berikut adalah penjelasannya :


1. SYABAN ADALAH BULAN MULIA YANG SERING TERLUPAKAN.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Bulan Syaban letaknya antara bulan Rajab dan bulan Ramadan, dimana banyak orang yang lalai dengan keutamaan bulan itu. Padahal pada bulan tersebut akan diangkat amalan-amalan seorang hamba kepada Allah. Dan aku ingin amalanku diangkat dalam keadaan sedang berpuasa.”


2. PERBANYAK PUASA DI BULAN SYABAN

Syaban adalah bulan dimana Nabi Muhammad SAW memperbanyak puasa, seperti dalam riwayat yang disebutkan di atas, ketika Sahabat Nabi yang bernama Sayyidina Usamah bin Zaid RA. bertanya kepada Rasulullah SAW: “Aku tidak pernah melihat engkau ya Rasulullah memperbanyak puasa seperti di saat engkau berpuasa di bulan ini”. Kemudian Nabi Muhammad SAW menjawab: “Bulan ini adalah bulan dimana diangkatnya amalan seluruh hamba, dan Aku ingin amalanku diangkat dalam keadaan aku berpuasa”.

Nabi Muhammad SAW yang memperbanyak puasa di bulan Syaban juga tercantum dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, dari Ummul Mukminin Sayyidatina Aisyah RA. Beliau mengatakan:

“Nabi Muhammad SAW tidak pernah berpuasa sunnah sebanyak saat puasa di bulan Syaban, bahkan Nabi Muhammad SAW sampai pernah berpuasa sebulan penuh pada bulan Syaban itu sambil mengatakan: “Perbanyaklah amal shaleh kalian khususnya pada bulan ini semampu kalian, karena Allah SWT tidak akan pernah bosan untuk menerima dan membalas amal kalian sampai kalian yang bosan”.


3. SYABAN BULAN SHALAWAT KEPADA NABI MUHAMMAD SAW

Ustaz Q Nuron Habibie mengatakan bahwa bulan Rajab disebut sebagai bulan istighfar, sedangkan bulan Syaban disebut bulan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Ayat yang memerintahkan agar setiap orang yang beriman memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, diturunkan pada bulan ini, yaitu Surat Al-Ahzab ayat 56:

“Sesungguhnya Allah beserta Para Malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW, maka hai kalian orang-orang yang beriman bershalawatlah kepadanya dan ucapkanlah Salam untuknya”.


4. DI DALAMNYA TERDAPAT MALAM NISFU SYABAN.

Diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah dari Sahabat Nabi yang bernama Sayyidina Abu Musa Al’Asy’ari RA, bahwasannya Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah SWT akan memandang hamba-hambanya pada malam Nisfu Syaban (yaitu malam ke-15 di bulan Syaban), maka Allah ampunkan semua dosa setiap makhluk-Nya kecuali orang yang sedang dalam keadaan Musyrik dan Musyahin (yaitu yang senang menyulutkan api permusuhan)”.


5. DILAPORKANNYA AMAL PERBUATAN MANUSIA KEPADA ALLAH SWT

Amal pebuatan manusia dilaporkan kepada Allah Swt sebanyak tiga kali dalam setahun. Ada yang harian, ada yang mingguan dan ada yang tahunan. Bulan inilah yang menjadi pilihan Allah untuk dilaporkannya amal manusia dalam setahun sebagai sabda Nabi Muhammad Saw berikut:

“Bulan itu (Sya‘ban) berada di antara Rajab dan Ramadhan adalah bulan yang dilupakan manusia dan ia adalah bulan yang diangkat padanya amal ibadah kepada Tuhan Semesta Alam, maka aku suka supaya amal ibadah ku di angkat ketika aku berpuasa”. ( HR. an-Nasa’i)

Seperti yang disampaikan di atas, kita sebagai umat Rasulullah SAW, diperintahkan mengikuti kebiasaan Rasulullah untuk memperbanyak amal Shaleh di antaranya adalah berpuasa, berserah diri dan berdoa kepada Allah SWT.

Sekian artikel yang saya sampaikan hari ini, semoga bermanfaat untuk anda semua.


Belum ada Komentar untuk "Keistimewaan Bulan Sya'ban Dan Amalan Bulan Sya'ban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel