Jelang ramadhan,harga kebutuhan pokok di banyuwangi mulai merangkak naik

 BANYUWANGI JATIM - Sejumlah harga kebutuhan pokok di Banyuwangi, Jawa Timur mulai merangkak naik. Tak hanya cabai kecil, beberapa komoditas lain juga harganya meningkat. Pedagang menilai, kenaikan ini mengikuti tren menjelang Ramadhan.

Pedagang Pasar Rogojampi, Eva mengatakan, kenaikan harga sudah mulai terjadi sejak awal bulan Maret lalu. Hal ini menurutnya dipicu dengan suasana menjelang Ramadhan sudah di depan mata.



"Karena memang habis ini Ramadhan. Biasanya naik semua. Mulai awal bulan ini naiknya," ujarnya kepada wartawan, Rabu (10/3/2021).


Dia menyebut kenaikan terjadi pada harga bawang merah yang sebelumnya di kisaran harga Rp 23 ribu kini naik menjadi Rp 35 ribu/kg. Bawang putih yang sebelumnya Rp 20 ribu naik menjadi Rp 25 ribu/kg.


Harga tomat dari yang sebelumnya kisaran Rp 6 ribu kini naik menjadi Rp 15 ribu/kg. Sedangkan cabe rawit harganya masih cukup tinggi, yakni Rp 100 ribu/kg, cabe besar sekitar Rp 50 ribu/kg dan telur ayam ras Rp 22 ribu/kg.


Eva mengungkapkan, kenaikan harga bahan kebutuhan pokok jelang bulan puasa memang wajar terjadi. Itu dikarenakan banyaknya permintaan dari konsumen sedangkan barang yang ada sedikit.


Tapi ada sejumlah barang yang stabil seperti gula pasir di harga Rp 11.500/kg, minyak goreng Rp 12.000/liter, dan beras Rp 10.000/kg," ujar Eva.

Kenaikan sejumlah harga kebutuhan pokok tersebut sempat membuat para pembeli kaget, sebab bulan puasa masih satu bulan lebih datangnya.


"Tadi pas belanja kaget kok banyak yang naik. Jadi ya saya terpaksa belanja seadanya karena uang belanja yang pas," kata Iwanda, salah satu pembeli

Koordinator Tim Monev Bahan Pokok Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perdagangan (Diskopumdag) Banyuwangi, Salim menjelaskan, kenaikan harga kebutuhan pokok disebabkan adanya curah hujan yang tinggi.


"Itu salah satu penyebabnya juga. Karena kenaikan ini bukan hanya di Pasar Rogojampi saja, beberapa pasar yang kami datangi juga sama mulai merangkak naik," ungkap Salim.


"Mulai beberapa hari lalu sampai hari ini kami terus lakukan monitoring ke pasar-pasar untuk memantau perkembangan harga kebutuhan pokok. Selain juga menyerap aspirasi atau saran masukan dari para pedagang pasar," tandas Salim.


Sumber: detik.com

Belum ada Komentar untuk "Jelang ramadhan,harga kebutuhan pokok di banyuwangi mulai merangkak naik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel