enam desa di 2 kecamatan diguyur hujan abu gunung Semeru

 LUMAJANG JATIM - Sebanyak enam desa di dua kecamatan Kabupaten Lumajang diguyur hujan abu Gunung Semeru. Hujan abu ini terjadi menyusul guguran awan panas yang terjadi pagi tadi sekitar pukul 06.36 WIB. Dua kecamatan itu Kecamatan Candipuro dan Pasru Jambe. Hujan abu terjadi dengan intensitas tipis hingga sedang.

Hujan abu yang terjadi di daerah yang merupakan lereng Semeru itu sekitar pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB. Hujan abu dirasakan oleh warga Desa Tambahrejo, Tumpeng, Klopo Sawit, Penanggal dan Sumbermujur di Kecamatan Candipuro. Sementara di Kecamatan Pasrujambe, hanya Desa Pasrujambe.



Terdapat 6 desa yang berada di 2 kecamatan di lereng Gunung Semeru diguyur hujan abu setelah mengeluarkan guguran awan panas," kata Kabid Kedaruratan Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Lumajang Joko Sambang kepada wartawan, Selasa (2/2/2021).


Hujan abu vulkanis ini terjadi setelah Gunung Semeru mengeluarkan awan panas guguran sejauh 2 KM dari ujung lidah lava. Kepulan asap yang terbawa angin ke arah utara dan sisi timur gunung ini pun mengguyur sejumlah desa di lereng Gunung Semeru.


Meski begitu, jelas Joko, tidak ada warga yang diungsikan setelah ada guguran awan panas. Karena luncuran awan panas ini jauh dari permukiman warga. Namun, petugas BPBD Lumajang mengimbau agar warga tetap tenang dan waspada.


Dampak semburan awan panas Gunung Semeru ini hanya berdampak hujan abu vulkanis. Untuk warga tidak ada yang diungsikan. Tapi warga diimbau tetap tenang dan waspada," ujar Joko Sambang.


Sumber: detik.com

Belum ada Komentar untuk "enam desa di 2 kecamatan diguyur hujan abu gunung Semeru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel