880 hektar sawah di Tulungagung terendam banjir 18 hektar gagal panen

 TULUNGAGUNG JATIM - Banjir yang terjadi di sejumlah kecamatan di Tulungagung sepekan lalu berdampak terhadap 880 hektare lahan pertanian. 18 Hektare di antaranya mengalami puso atau gagal panen.

Koordinator POPT Dinas Pertanian Tulungagung Gatot Rahayu mengatakan 880 hektare lahan sawah yang terendam tersebut berada di sembilan kecamatan, meliputi Kecamatan Rejotangan 13 desa, Boyolangu 2 desa, Campurdarat 2 desa, Sumbergempol 1 desa, Tulungagung 1 desa, Kalidawir 6 desa, Pakel 3 desa, Gondang 2 desa, dan Ngunut 2 desa



Untuk wilayah yang paling parah tergenang berada di Kecamatan Rejotangan, karena di sana seperti lautan, tanamannya nggak kelihatan. Sedangkan untuk tanaman padi yang puso paling banyak di Kecamatan Kalidawir, mencapai 10 hektare," kata Gatot kepada wartawan, Senin (8/2/2021


Dijelaskan Gatot, saat ini sebagian besar banjir di area persawahan telah surut dan hanya beberapa hektare yang masih terdapat sisa genangan. Dari inventarisir yang dilakukan Dinas Pertanian Tulungagung, terdapat 18 hektare tanaman padi yang mengalami puso atau tidak dapat terselamatkan.


"Hampir seluruhnya tanaman padi, kalau yang lain itu juga ada, tapi kecil angkanya, seperti tanaman bawang merah, itu hanya 0,39 hektare," jelasnya.


Gatot menambahkan bencana banjir tersebut merupakan yang terbesar dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Air yang berasal dari lereng perbukitan yang meluap. Akibatnya saluran air tidak mampu menampung debit air yang masuk.


Selain air, banjir tersebut juga membawa material berupa lumpur, batu hingga ranting pohon. Kondisi itu akhirnya menyumbat saluran air," jelasnya.


Hingga saat ini, dinas pertanian masih terus melakukan pendataan jumlah kawasan pertanian yang terdampak. Rencananya, untuk tanaman padi yang mati atau puso akan mendapatkan bantuan bibit dari pemerintah daerah.


"Kami monitor terus bagaimana perkembangannya, kalau surut kami lihat bagaimana kondisi tanamannya dan berapa luasannya. Setelah itu kami akan membuat laporan guna penyaluran bantuan bibit," tandasnya.


Sumber: detik.com

Belum ada Komentar untuk "880 hektar sawah di Tulungagung terendam banjir 18 hektar gagal panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel