Status gunung Raung di level II ,warga Bondowoso di minta tenang tapi waspada

 BONDOWOSO JATIM - Gunung Raung erupsi dan statusnya naik ke level II atau waspada. BPBD Bondowoso mengimbau masyarakat tetap tenang tapi waspada.

Peningkatan status gunung yang ada di perbatasan Bondowoso, Jember dan Banyuwangi itu berdasarkan surat edaran Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Nomer 16.Lap/GL.05/BVG/2021 yang dikeluarkan Kamis (21/1/2021).



Dalam surat tersebut, hasil evaluasi dan pemantauan visual dan instrumental menunjukkan adanya gejala kenaikan aktivitas. Maka tingkat aktivitas vulkanik Gunung Raung dinaikkan dari level I (normal) menjadi level II (waspada). Ini terhitung pukul 13.00 WIB.


"Warga sekitar tetap tenang, namun tetap waspada terhadap segala kemungkinan," kata Sekretaris BPBD Bondowoso, Adi Sunaryadi kepada wartawan, Kamis (21/1/2021).


Artinya, papar Adi, agar masyarakat tidak terpancing oleh informasi-informasi yang tak jelas sumbernya maupun hoaks mengenai Gunung Raung. Karena di era teknologi informasi seperti saat ini, kabar yang tak jelas sumbernya pasti terus berseliweran.


"Tunggu saja informasi dari kami, atau pihak yang memang berkompeten lainnya. Misal PVMBG maupun PPGA. Kami juga akan terus berkoordinasi dengan mereka untuk update perkembangannya," imbuhnya.


Pihaknya juga telah menyiapkan seluruh potensi yang ada. Yakni personel tim reaksi cepat, armada, dapur umum, serta potensi lainnya. Semuanya sudah siaga di posko setempat.



"Begitu ada perkembangan terbaru, kami langsung meluncur," lanjutnya.


Status Gunung Raung ditingkatkan ke level waspada karena gempa tremor terus terjadi hingga saat ini. Gempa tremor terekam sejak tadi malam sampai sekarang tidak ada jedanya. Sampai jam 12 siang tadi, terjadi 53 kali tremor. Untuk embusan terjadi sebanyak 19 kali.


Dalam tingkat aktivitas Level II direkomendasikan agar masyarakat, pengunjung atau wisatawan tidak melakukan aktivitas dalam radius 2 kilometer dari pusat erupsi kawah puncak.



Sumber: detik.com

Belum ada Komentar untuk "Status gunung Raung di level II ,warga Bondowoso di minta tenang tapi waspada "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel