Ribuan keping uang kuno di temukan di sawah seperti ini wujud nya

 PEKALONGAN JATENG - Seorang petani di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah menemukan hampir 2.000 keping uang kuno dan bokor perunggu saat mencangkul di sawahnya. Begini kesaksian petani bernama Dahri Rohamnto (60) itu.

"Saat saya mencangkul, kok keras. Saya gali sampai semeteranlah, ada uang kuno, rantai dalam wadah yang sudah pecah," ujar Dahri saat ditemui detikcom di rumahnya, Dusun Leles, Desa Windurojo, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Kamis (7/1/2021).



Dahri bercerita peristiwa itu terjadi pada 14 Desember 2020 di blok persawahan Kraminan, masih berada di dusun yang sama dengan tempat tinggalnya. Kaget bukan kepalang, Dahri lalu mengambil benda-benda itu dan memasukkannya ke dalam karung


Tempatnya uang, kayak gerabah itu sudah pecah, saya ambil koin dan ada rantainya, saya masukan ke karung dan saya bawa pulang," katanya.


Koin-koin yang dia temukan bentuknya tipis dan berlubang di bagian tengahnya. Kondisi koin-koin itu terikat pada seuntai tali yang putus saat diangkat oleh Dahri.


"Tadinya saat ditemukan, ya seikat-seikat itu. Cuman saya angkat, talinya putus. Uang kuno ini, tengahnya bolong ada tulisannya nggak tahu tulisan apa. Awalnya lengket-lengket menempel satu dengan lainnya," tuturnya.


Sesampainya di rumah, Dahri lalu mencuci kepingan koin tersebut. Beberapa kali dicuci, kata Dahri, tulisan yang ada di kepingan koin itu masih saja tak terlihat jelas.


Namun beberapa hari kemudian Dahri melihat ada tulisan mirip huruf China pada koin tersebut.


Karena mengetahui temuannya merupakan benda kuno, Dahri kemudian melapor ke pihak desa. Laporan itu kemudian diteruskan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pekalongan, hingga akhirnya dilanjutkan ke Balai Pelestarian dan Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tegah.


Petugas dari BPCB Jateng bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pekalongan mendatangi rumah Dahri, hari ini. Salah seorang petugas, Muhammad Junawan, mengungkap berat total temuan Dahri mencapai 6 kg. Dengan jumlah koin sebanyak 1.997 keping.


Selain itu ada rantai perunggu seberat 1,5 kg, dengan panjang 144 cm. Selain itu ada juga pecahan bokor seberat 1,8 kg.


"Tadi kita telah melakukan pemeriksaan dengan alat XRF (X-Ray Fluoresence). Hasilnya, sebagian besar berbahan perunggu ya. Cenderung berbahan tembaga dan timah, sehingga itu merupakan perunggu. hanya satu bahan yang dominan tembaga," katanya


Sumber: detik.com

Belum ada Komentar untuk "Ribuan keping uang kuno di temukan di sawah seperti ini wujud nya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel