Puluhan rumah tergenang banjir rob,2 perahu rusak dan tangkis tepi Pantura jebol

 SITUBONDO JATIM - Gelombang pasang disertai angin kencang kembali terjadi di Perairan Situbondo. Cuaca ekstrem itu juga memicu terjadinya banjir rob di sebagian daerah pesisir Kecamatan Besuki. Ada puluhan rumah warga tergenang banjir air laut. Selain itu, sebanyak 2 perahu milik nelayan setempat juga rusak terkena hantaman gelombang.

Tak hanya memicu banjir rob saja. Gelombang pasang juga merusak tangkis laut di tepi jalur pantura Situbondo, tepatnya di Jalan Raya Pasir Putih Kecamatan Bungatan. Sehingga empasan air laut juga masuk ke jalan raya. Kondisi ini dikhawatirkan mengancam keselamatan pengendara yang melintas.



Kami mengimbau pengendara yang melintas, baik dari arah Banyuwangi maupun Surabaya untuk berhati-hati dan berkonsentrasi agar tidak terjadi kecelakaan. Di sini ada tangkis yang tergerus sekitar 2 meter akibat gelombang besar tadi malam," imbau Kasatlantas Polres Situbondo, AKP Indah Citra Fitriani, saat menyampaikan laporannya di lokasi tangkis jebol, Sabtu (30/1/2021).


Gelombang pasang disertai angin kencang terjadi di Perairan Situbondo terjadi Jumat (29/1) malam. Gelombang besar terus menyapa pantai hingga airnya meluber ke daratan. Kondisi ini memicu terjadinya banjir rob di Desa Pesisir Kecamatan Besuki. Luberan air laut menggenangi halaman hingga masuk ke dalam rumah-rumah warga.


Di halaman, genangan banjir rob mencapai tinggi 30 - 60 cm, sementara air masuk ke dalam rumah berkisar 20 - 30 cm. Ada puluhan rumah di 4 dusun yang tergenang banjir di Situbondo Seluruhnya masuk Desa Pesisir Kecamatan Besuki.


Antara lain, di Dusun Lesanan Lor ada 30 rumah warga tergenang banjir rob. Di tempat ini, dua perahu milik nelayan setempat juga rusak terkena hantaman gelombang. Masing-masing milik Sipsarjo (40) dengan kondisi rusak total, dan satu lagi milik Asmon (50) dengan rusak sedang.


Selain itu, banjir rob juga menggenangi 10 rumah warga di Dusun Mandaran Blok Karang Tambak; 8 rumah di Dusun Lesanan Kidul; serta menggenangi 4 rumah di Dusun Gudang. Selama banjir rob berlangsung, warga sekitar tetap bersikap waspada. Mereka menjaga kemungkinan genangan air laut terus meninggi. Beruntung, sekitar pukul 23.45 Wib gelombang pasang mulai berangsur reda. Banjir rob pun perlahan mulai surut.


"Alhamdulillah, situasinya tadi malam tetap aman terkendali. Tidak ada korban luka maupun korban jiwa," tegas Puriyono, Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo.


Sumber: detik.com

Belum ada Komentar untuk "Puluhan rumah tergenang banjir rob,2 perahu rusak dan tangkis tepi Pantura jebol "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel