Ngeri!! Puting beliung besar muncul di waduk gajah Mungkur

 WONOGIRI JATENG - Fenomena angin puting beliung muncul di Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri, Jawa Tengah, sore ini. Puting beliung muncul dengan ukuran cukup besar dan berdurasi cukup lama.

"Angin puting beliung itu terlihat muncul di atas WGM Wonogiri. Ukurannya cukup besar dan berputar sekitar 10-15 menit," kata Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri Bambang Haryanto kepada wartawan melalui sambungan telepon, Rabu (20/1/2021).



Bambang menyebutkan, puting beliung terlihat sekitar pukul 16.00 WIB. Kali pertama angin terlihat di atas perairan sekitar Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri. Selanjutnya bergerak ke arah barat lantas ke selatan.


"Pertama muncul di sekitar Desa Sendang," jelas dia.


Setelah bergerak ke arah selatan, angin kemudian hilang. Puting beliung hanya muncul di atas perairan dan tidak sampai ke daratan apalagi permukiman warga.


"Kami tegaskan muncul di atas perairan, tidak sampai ke daratan," ujarnya.


Menurutnya, tidak ada laporan kerusakan apapun akibat peristiwa puting beliung itu. Mengingat terjadi di atas perairan waduk. Hanya saja sempat membuat khawatir warga dan nelayan sekitar.


Kondisi saat ini kawasan waduk hujan deras. Untuk fenomena angin puting beliung itu memang sering muncul setiap tahun, di atas waduk munculnya," imbuh Bambang.


Terpisah, Kepala Desa (Kades) Sendang, Sukamto, mengatakan puting beliung tersebut muncul sekitar pukul 16.00 WIB. Angin terpantau besar dan cukup lama.


"Ukuran angin cukup besar dan durasinya cukup lama, ya ada belasan menit. Alhamdulillah kemudian turun hujan lalu anginnya hilang, jadi tidak sampai ke permukiman, hanya di atas air," ujar Sukamto saat dihubungi wartawan via telepon.


Sementara itu salah satu warga Desa Sendang, Erni, mengaku khawatir jika puting beliung mendekat ke permukiman. Terlebih saat ini kerap terjadi bencana di sejumlah daerah lain.


"Untung segera berlalu anginnya," ujar Erni.


Sumber: detik.com

Belum ada Komentar untuk "Ngeri!! Puting beliung besar muncul di waduk gajah Mungkur "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel