Hujan deras dan longsor jalan ke Bromo sempat seperti lumpur

 PASURUAN JATIM - Hujan deras di Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan menyebabkan longsor di beberapa titik. Material longsor bercampur air mengalir ke bawah melewati jalan raya. Akses ke arah Bromo seketika berubah seperti sungai.

Jalan yang berubah menjadi 'sungai' tersebut terekam kamera warga dan tersebar luas. Dalam video berdurasi 18 detik, tampak air berwarna coklat pekat mengalir deras ke bawah. Aliran air membawa material longsor.



Beberapa mobil Jeep tampak berada di lokasi namun tak sampai terhanyut. Suara teriakan warga mengingatkan pengendara motor yang hendak naik agar menepi atau menghindari aliran.


Itu kejadian sore tadi di pertigaan Tosari. Ke kanan ke Desa Tosari, lurus ke Desa Wonokitri. Aliran air yang ada dalam video itu dari arah Wonokitri. Itu diambil dari atas hotel kanan jalan," kata Plt Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan Ridwan Harris, Minggu (10/1/2021).


Harris mengatakan peristiwa itu terjadi karena hujan sangat lebat di kawasan Tosari. Aliran air di jalan tak berlangsung lama dan saat ini kondisi sudah normal.


Hujan sangat deras, beberapa titik di Tosari longsor. Material di tebing-tebing terbawa air hujan, mengalir lewat jalan. Nggak mengalir lewat sungai. Tidak ada korban jiwa," terang Harris.


Longsor di Tosari juga menyebabkan dua rumah warga rusak. "Anggota masih di sana untuk mengetahui tingkat kerusakan rumah," ungkapnya.


Selain di Tosari, hujan lebat juga melanda Kecamatan Puspo. Air mengarah ke Daerah Aliran Sungai (DAS) Petung dan meluap ke beberapa desa yang dilalui sungai.


Di Desa Klinter, Kecamatan Kejayan, air sempat meluap ke jalan. Kemudian turun ke Desa Bajangan, Kecamatan Gondangwetan, lumayan besar. Terus ke Desa Sekarputih," jelas Harris.


Desa Sekarputih yang pada Selasa (5/1) lalu diterjang banjir berlumpur hingga merusak jalan desa, kembali terendam banjir. Banjir di desa ini mencapai 40 sentimeter. "Semoga cepat surut ya. Aliran Sungai Petung sekarang mengarah ke wilayah kota," pungkas Harris.


Sumber: detik.com

Belum ada Komentar untuk "Hujan deras dan longsor jalan ke Bromo sempat seperti lumpur"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel