diterjang angin kencang pohon tua di kota Blitar tumbang 3 rumah

 BLITAR JATIM - Hujan deras disertai angin kencang menerjang Kota Blitar selama satu jam. Akibatnya, sebuah pohon tua tumbang dan menimpa tiga rumah warga.

Keterangan warga sekitar Jalan Sambas, Lingkungan Bendo Kecamatan Kepanjenkidul, pohon tua itu merupakan pohon bendo. Pohon setinggi sekitar 20 meter dengan diamater hampir 2,5 meter itu, rupanya lapuk di bagian pangkal batang dekat akar. Sehingga ketika hujan deras dan angin kencang, batang pohon patah setinggi satu meter dari akarnya.



Ketika batang pohon berbunyi keras dan perlahan miring, warga yang tinggal di dekatnya langsung berlarian menuju bagian depan rumah mereka. Sehingga tidak ada korban jiwa maupun luka.


Pas hujan deras bareng angin kencang tadi sekitar pukul 14.15 WIB, warga sekitar sudah mendengar bunyi kretek-kretek batang pohon yang mau patah. Jadi mereka berlarian ke bagian depan. Karena posisi pohon bendo ini memang di belakang rumah mereka," kata Kapolresta Blitar, AKBP Dr Yudhi Hery Setiawan kepada wartawan, Minggu (31/1/2021).


Tiga rumah tertimpa batang besar dan ranting pohon. Namun yang cukup parah kerusakannya terdata milik Suyateman (46). Kerusakannya parah sampai merobohkan dinding sebagian rumahnya. Kerugian akibat kerusakan itu diperkirakan mencapai Rp 50 juta.


Sedangkan rumah milik Wiyono (34), hanya mengalami kerusakan di bagian dapur dan kamar mandi. Kerusakan ini menimbulkan kerugian sekitar Rp 20 juta. Namun kondisi rumah masih bisa ditempati oleh anggota keluarganya.


Rumah ketiga yakni milik Sumito yang tertimpa kandang ayamnya. Dan kerugian material sekitar Rp 5 juta. Saat ini, warga sekitar bersama TNI-Polri bergotong-royong membersihkan batang, ranting dan dahan pohon yang berserakan memenuhi jalan.


"Untuk warga yang kondisi rumahnya tidak bisa ditempati, sementara tinggal di rumah saudaranya," tambahnya.


Selain di Jalan Sambas, pohon tumbang juga terjadi di Jalan Kalimantan dan Jalan Sudanco Supriyadi. Di jalur utama masuk Kota Blitar ini, sebuah mobil sedan tertimpa sebuah pohon berukuran kecil. Tidak ada korban dan kerusakan berarti pada mobil dengan nomor polisi AG 1913 MU.


Kerusakan lain di wilayah hukum Polresta Blitar, juga dilaporkan terjadi di Desa Karangbendo Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar.


"Untuk di Ponggok, pohon tumbang menimbulkan kerusakan satu musala, gudang Kades Kebonduren dan lima rumah warga. Proses assessment masih dilakukan anggota dibantu BPBD, TNI dan warga sekitar," pungkasnya.


Sumber; detik.com

Belum ada Komentar untuk "diterjang angin kencang pohon tua di kota Blitar tumbang 3 rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel