Hati-hati ! Akun Palsu Bupati Purbalingga Chat Minta Pin hingga Duit

PURBALINGGA JATENG - Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, mengimbau masyarakat untuk mewaspadai praktik penipuan bermodus pakai akun Facebook dengan mencatut nama Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi. Akun Facebook abal-abal itu disebut telah beraksi dengan meminta PIN hingga sejumlah uang.

"Ada akun Facebook atas nama Dyah Hayuning Pratiwi atau Bupati yang kami nyatakan fake (palsu)," kata Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinkominfo Purbalingga Budi Santosa saat dihubungi wartawan melalui telepon, Selasa (12/1/2021).



Akun Facebook bernama Dyah Hayuning Pratiwi lengkap dengan foto profil Bupati Purbalingga itu menurutnya telah meresahkan masyarakat.


Akun itu digunakan untuk minta pertemanan kepada sejumlah orang lalu chatting macam-macam, ada yang minta PIN sama password (medsos) ada juga yang minta uang," terangnya.


Budi mengungkapkan Bupati Dyah saat ini memiliki dua akun medsos pribadi yakni Instagram @dyahhayuningpratiwi dan Facebook @dyah.h.pratiwi.5.


Sementara itu, belum jelas berapa korban yang berhasil ditipu oleh akun Facebook yang mencatut nama Bupati Purbalingga itu. Namun menurutnya, adanya akun itu membuat keresahan di tengah masyarakat.


"Belum tahu pastinya, tapi ada laporan lalu kami tindak lanjuti segera dengan melaporkan kepada Facebook dan mengumumkan kepada masyarakat," katanya.


Budi pun mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dan segera melaporkan apabila ada kejanggalan dari akun yang mengatasnamakan pejabat publik di Purbalingga.


"Paling tidak masyarakat perlu melakukan dua langkah, yang pertama selalu hati-hati selanjutnya menanyakan langsung kepada yang bersangkutan," tutur Budi.


Menurutnya, kasus akun Facebook catut nama pejabat bukan kali pertama. Dalam catatannya, kasus kali ini merupakan kejadian kedua di Purbalingga. Sampai saat ini Kominfo sedang menyelidiki oknum di balik pemalsuan akun Bupati Purbalingga dan belum akan menempuh upaya hukum.


"Langkah hukum belum kami tempuh namun sedang kami selidiki," pungkasnya.



Sumber: detik.com

Belum ada Komentar untuk "Hati-hati ! Akun Palsu Bupati Purbalingga Chat Minta Pin hingga Duit"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel