Tambah 10 Pegawai Yang Positif Corona, Perpusnas Di Blitar Ditutup Sampai 4 Januari

BLITAR JATIM - Hasil tes swab massal kepada pegawai Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Bung Karno diterima secara bertahap. Karena ada tambahan 10 pegawai terkonfirmasi positif COVID-19, maka penutupan Perpusnas BK diperpanjang sampai 4 Januari 2021.

Sebelumnya, destinasi wisata yang lokasinya di dalam kompleks Makam Bung Karno (MBK) ini telah ditutup tiga hari. Ini karena ada tujuh pegawainya yang terlebih dulu terkonfirmasi positif COVID-19.



Kemudian dilakukan swab massal secara bertahap. Humas Perpus Bung Karno, Ardha Bryan menjelaskan tahap kedua sebanyak tujuh pegawai diambil tes swab, tahap ketiga 62 pegawai dan tahap keempat 10 pegawai.


"Barusan kami terima hasilnya, ada tambahan 10 pegawai kami yang positif Corona. Jadi jumlah sementara yang terpapar 17. Semoga saja tidak ada tambahan," papar Ardha dikonfirmasi wartawan, Senin (14/12/2020).



Dari 10 pegawai itu, lanjut dia, yang satu merupakan warga kabupaten. Sementara yang sembilan tercatat sebagai warga Kota Blitar. Siang ini, Ardha mengaku masih menghubungi pegawainya yang hasil swab positif untuk bersiap menuju gedung isolasi Pemkot Blitar.


"Semua orang tanpa gejala. Yang menderita flu, hasil swabnya malah negatif semua. Selama ini mereka dan keluarganya isolasi mandiri di rumah masing-masing," imbuhnya.


Dengan kondisi asimptomatik ini, Ardha akan melaporkan dan berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 Kota Blitar terkait lokasi isolasi mereka dan proses tracing kepada keluarganya.


"Sebagai tindakan antisipasi agar paparan tidak meluas, maka penutupan Perpusnas BK kami perpanjang sampai 4 Januari 2021," tegasnya.



Dengan penutupan Perpusnas BK ini, maka peziarah di Makam Bung Karno (MBK) dialihkan pintu masuknya. Jika biasanya masuk melalui selatan tepat di pintu masuk Perpusnas BK. Sekarang dialihkan ke pintu yang berada di depan MBK.


Walaupun lokasi destinas wisata ini satu areal di zona merah, namun Pemkot Blitar belum merencanakan penutupan MBK. Ribuan peziarah datang dari berbagai wilayah di Indonesia setiap harinya. Wali Kota Blitar, Santoso mengatakan, masih akan menggelar rapat koordinasi terkait hal ini secepatnya.


"Selama delapan bulan, perekonomian UMKM disana terpuruk. Kami harus memikirkan juga dampaknya bagi para pedagang, tukang becak dan pelaku UMKM jika makam (MBK) ditutup," pungkasnya.


Sumber : detik.com

Belum ada Komentar untuk "Tambah 10 Pegawai Yang Positif Corona, Perpusnas Di Blitar Ditutup Sampai 4 Januari"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel