Tak Ada Lawan, Kotak Suara Kosong Di Kediri Dipasang Foto Artis Korea

KEDIRI JATIM - Ada fenomena unik dalam Pilkada Kediri, 9 Desember 2020. Dimana, ada pemilih yang dapat ditempelkan pada foto dan potret artis Korea di surat suara. Temuan tersebut kini menjadi bahan kajian Bawaslu Kabupaten Kediri.


Foto dan potret tersebut ditempel di kotak kosong yang bersanding dengan gambar calon bupati dan wakil Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana-Dewi Mariya Ulfa. Tidak diketahui, Pilkada Kediri mengikuti calon tunggal dan kolom kosong.


Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri Sa'idatul Umah mengatakan, pas foto yang diduga milik seorang warga itu ditemukan di salah satu tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Kandangan. Sedangkan untuk yang mirip dengan artis Korea ditemukan di salah satu TPS di Kecamatan Plemahan.


“Surat suara yang ditempel foto itu ditemukan petugas TPS saat melakukan penghitungan suara,” kata Sa'idatul Umah, Kamis (10/12/2020) pagi.


Petugas pengawas TPS mengonsultasikan temuan itu dengan Bawaslu Kabupaten Kediri. Mereka ingin memastikan keabsahan surat suara itu. Dalam kajian Bawaslu, pilihan pada surat suara pas foto dan potret surat dinyatakan tidak salah, karena termasuk merusak merusak suara.


Temuan itu akan menjadi salah satu catatan yang dibawa ke rapat pembahasan di tingkat Bawaslu Kabupaten Kediri. Setelah rapat, Bawaslu akan menentukan tindak lanjut dari temuan tersebut. 


Sumber : beritajatim.com

Belum ada Komentar untuk "Tak Ada Lawan, Kotak Suara Kosong Di Kediri Dipasang Foto Artis Korea"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel