Diguyur Hujan Deras, Kali Lamong Gresik Meluap dan Banjiri Rumah Warga

GRESIK JATIM– Hujan deras yang melanda Kecamatan Balongpanggang, Gresik kemarin sore (27/12) menyebabkan Kali Lamong kembali meluap dan membuat akses jalan desa terputus karena terendam banjir.


Banjir yang melanda Kecamatan Balongpanggang, kali ini lebih besar. Sehingga, ada delapan desa membutuhkan bantuan karena terendan banjir setinggi 50 centimeter.


Adapun delapan desa yang terendam diantaranya Desa Ngampel, Tanahlandean, Dapet, Sekarputih, Wotansari, Karangsemanding, Banjaragung, dan Desa Pucung.


“Kampung di desa saya sudah terendam banjir, dan kali ini ketinggiannya lebih besar,” ujar Abdul Manan warga Desa Banjaragung, Senin (28/12/2020).


Akibat kejadian itu, ada dua desa yang saat ini terisolir akibat meluapnya Kali Lamong. Kedua desa tersebut antara lain, Desa Wotansari dan Banjaragung. Di Desa wotansari ketinggian air diperkirakan mencapai 50 sentimeter.


Warga setempat yang berada di bantaran kali lamong, kompak membuat dapur umum untuk melayani kebutuhan warga.


Kepala Desa (Kades) Wotansari, Hariyono menuturkan, jalan desa terputus dan tidak bisa dilalui warga. “Jalan poros desa terputus sepanjang 1 kilometer akibat banjir lebih besar,” tuturnya.


Sementara itu, Kades Banjaragung, Harginto mengatakan, hampir seluruh rumah warga di dusun Banjaragung terendam banjir.


“Kita langsung bangun dapur umum, kasihan warga terdampak banjir tidak bisa memasak,” tegasnya.


Pantauan di lapangan, banjir juga merendam desa Kedungrukem, Sedapurklagen, Ngablak, Munggugianti di Kecamatan Benjeng. Bahkan, sejumlah desa di Kecamatan Menganti dan Kedamean. Akses jalannya masih terendam banjir namun masih bisa dilalui kendaraan roda dua atau lebih.


Sumber : beritajatim.com

Belum ada Komentar untuk "Diguyur Hujan Deras, Kali Lamong Gresik Meluap dan Banjiri Rumah Warga"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel