Alun-alun Kota Blitar Ditutup Saat Malam Tahun Baru

BLITAR JATIM - Di malam tahun baru nanti, akses menuju alun-alun ditutup total. Tim gabungan juga akan melakukan screening pada pengendara dan membubarkan potensi konvoi sepeda motor.

Penutupan akses menuju Alun-alun Kota Blitar ini tertuang dalam Instruksi Wali Kota Blitar No 1 Tahun 2020, tentang Penutupan Jalan Merdeka Dalam Rangka Memutus Rantai Penyebaran COVID-19 Pada Malam Pergantian Tahun Baru 2021. Ada sembilan akses yang akan ditutup hari ini sejak pukul 20.00 WIB sampai Jumat (1/1/2021) pukul 04.30 WIB.


"Efektif kami tutup mulai jam itu. Dan untuk melaksanakan penutupan jalan akses menuju alun-alun ini, sudah kita koordinasikan dengan pihak Polres Blitar Kota," ujar Kadishub Pemkot Blitar, Priyo Suhartono saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (31/12/2020).


Sembilan ruas jalan yang ditutup yakni, Jalan Merdeka (mulai perempatan BRI), Jalan Veteran dan Jalan DR Wahidin (ditutup dari arah selatan dan utara). Termasuk Jalan Seruni dan Kelud. Kemudian Jalan Merapi, Kenanga serta Lawu dan Teratai juga ditutup dari arah utara dan selatan.


"Khusus Jalan Semeru ditutup total, baik dari timur maupun barat. Semua kendaraan tidak boleh ada yang melintas, kecuali kendaraan kesehatan, polisi dan warga yang rumahnya di lokasi yang ditutup," imbuhnya.


Karena arus lalu lintas ditutup dari timur, maka semua kendaraan yang melintas di Jalan A Yani sampai depan BRI dialihkan ke utara atau selatan. Kemudian Jalan Mastrip mulai perempatan Jalan Veteran-Jalan TGP dibuat satu arah, ke barat saja.


"Jadi sekitar alun-alun, steril tidak ada kendaraan atau kerumunan massa. Karena penutupan ini tujuannya mencegah penyebaran COVID-19, ketika ada perayaan atau pesta malam tahun baru yang biasanya berkumpul di alun-alun," imbuhnya.


Selama ini, setiap malam pergantian tahun, Pemkot Blitar selalu menggelar acara kembang api dan panggung hiburan rakyat di depan Kantor Wali Kota Blitar yang lokasinya tepat berada di selatan Alun-alun Kota Blitar. Ribuan warga berkumpul, menyaksikan hiburan dan pesta kembang api.


Kapolresta Blitar AKBP Leonard M Sinambela menegaskan, pihaknya akan melakukan screening kendaraan di perbatasan kota, agar tidak timbul potensi konvoi atau pawai kendaraan.


"Kalau ketahuan konvoi atau pawai, langsung kita minta putar balik tidak boleh masuk Kota Blitar," tegasnya.


Leo menambahkan, tim gabungan TNI, Dishub dan Sat Pol PP akan melakukan penjagaan di seluruh titik pintu masuk menuju Kota Blitar. "Intinya jangan sampai ada kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan, baik itu pesta, perayaan tahun baru, apa pun bentuknya kalau melanggar protokol kesehatan akan langsung dibubarkan," pungkasnya.


Sumber : detik.com

Belum ada Komentar untuk "Alun-alun Kota Blitar Ditutup Saat Malam Tahun Baru"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel