Manfaat Sholawat Jibril Pembuka Rizki, Segala Urusan Dimudahkan

Assalamualaikum warahmatullahi Wabarokatatuh

Dalam tulisan kali ini, saya akan menerangkan sebuah amalan kepada anda semua tentang manfaat Sholawat Jibril.  Yang mana Sholawat ini memiliki banyak sekali manfaatnya.


Bershalawat kepada Nabi merupakan amalan yang dicintai oleh Allah dan dapat berdampak baik bagi yang membaca dan mengamalkannya. Terutama dalam hal rezeki, selain mendapatkan keberkahan sholawat ini khasiatnya adalah sebagai pembuka pintu rezeki.


Shalawat jibril termasuk shalawat nabi yang paling pendek sehingga untuk mengamalkannya tidak begitu memerlukan waktu secara khusus, melainkan bisa diamalkan kapan dan dimana saja serta tentunya mudah untuk dihafalkan.


Shalawat ini sudah populer di kalangan umat Islam sejak dahulu kala. Hal ini dibuktikan dengan adanya fenomena bahwa sholawat ini banyak diamalkan oleh para waliyullah, para ulama atau para kiyai.


Dijelaskan oleh Al Imam Assya'rany, dalam haditsnya Nabi Muhammad saw. bersabda: 


Barang siapa membaca sholawat ini maka sungguh terbuka baginya 70 (tujuh puluh) pintu rahmat dan Allah letakkan sebuah cinta kasih (mahabbah) untuknya, dan tidak ada orang yang benci kepadanya kecuali orang-orang yang dihatinya terdapat kemunafikan.


Imam Syamsuddin Muhammad Bin Abdurrahman as-Sakhowiy  mengutip dari imam Majduddin Fairuz Zabadi dari Imam 'Ali Bin Ishaq as-Samarqandiy berkata: "Aku mendengar al-Khidhir dan Ilyas keduanya berkata: Kami mendengar dari Rosulullah shollallaahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Tidaklah seorang mu'min membaca "Sholawat Jibril"

Melainkan ia akan dicintai manusia, sekalipun banyak manusia membencinya di satu saat mereka akan Allah kehendaki untuk mencintainya. Dan kami mendengar Rosulullah Shollallaahu 'alaihi wa sallam di atas mimbar bersabda: 


" Barang Siapa yang membaca Shollallaahu 'Alaa Muhammad" akan Allah bukakan baginya 70 pintu rahmat."


Imam Syamsuddin as-Sakhowiy juga menyebutkan bahwa imam as-Samarqandiy mendengar al-Khidir dan Ilyas berkata:


"Dahulu pada zaman bani Israil ada seorang Nabi bernama Samuel yang selalu diberikan kemenangan oleh Allah Taala ketika menghadapi musuh.


Pada suatu hari musuh ingin menyerang perkampungan beliau. Musuh meyakini bahwa Nabi Samuel orang yang memiliki (sihir) sehingga musuh meyerang dari arah laut dengan membawa banyak pasukan. 


Ketika serangan musuh terdengar oleh penduduk kampung di mana Nabi Samuel berada, mereka bertanya kepada beliau apa yang harus mereka lakukan untuk menghadang musuh. Nabi Samuel 'alaihis salam menyerukan penduduk setempat untuk membaca: "Shollallaahu 'Alaa Muhammad"


Akhirnya para penduduk mengamalkan bacaan tersebut, dan tidak lama terdengar kabar bahwa tentara musuh yang ingin menyerang mengalami mushibah kapal mereka tenggelam.


Dalam kisah lain, Pada suatu hari seorang lelaki dari Syam mendatangi Rosulullah shollallaahu 'alaihi wa sallam bertanya kepada beliau: 


Ya Rosulallah, aku punya ayah yang sudah lanjut usia dan ia ingin sekali berjumpa denganmu. Beliau berkata; 


"Datangkan dia ke sini! Lelaki itu menjawab: "apalah daya fisiknya tidak memungkinkan itu. Beliau berkata; Kalau begitu, suruh dia untuk memperbanyak membaca "Shollallaahu 'Alaa Muhammad" selama 7 hari 7 malam, maka dia akan bertemu aku dalam mimpi." 


Lelaki itupun bergegas pulang dan menyampaikan pesan Rasululllah kepada ayahnya lalu ayahnya mengamalkan pesan tersebut hingga beliau bertemu Rosulullah lewat mimpinya.


Subhanallah, dalam berbagai kisah di atas sungguh besar manfaat dari Sholawat Jibril.


Para ulama menyimpulkan bahwa faidah shalawat jibril ini sangat banyak, diantaranya adalah :


1. Agar dicintai oleh setiap orang

2. Diberikan rezeki yang berlimpah oleh Allah SWT

3. Memiliki banyak pengikut

4. Selalu diberikan keselamatan atau diberikan perlindungan oleh Allah SWT

5. Lebih mendekatkan kita kepada Rasulullah SAW agar kelak kita mendapatkan syafaat Rasulullah SAW.


Sholawat Jibril memang dikenal sebagai sholawat  bikin rezeki mengalir. Bahkan banyak orang yang mengamalkan shalawat ini sebagai wasilah supaya dapat melariskan dagang atau melancarkan usaha mereka.


Lalu Bagaimana Cara Mengamalkan Shalawat Jibril ini ?


Salah seorang ulama berkata, bahwa agar banyak pengikut, banyak karyawan, banyak rizkinya dan segala urusan lancar, maka disarankan untuk membaca shalawat ini sebanyak 1000 kali setelah shalat maghrib.


Berikut ini saya akan menguraikan cara dan manfaatnya Mengamalkan Sholawat Jibril :


1. Agar dagangan lancar,

Baca 313x Usai Sholat Subuh dan Maghrib.

2. Agar tidak telat Uang, baca 1000x Usai Sholat Maghrib,

3. Untuk Bangun Rumah, baca 5000x tiap malam

4. Untuk Membuka Pintu Rizki, baca 5000x setelah sholat Dhuha

5. Untuk kebutuhan dana mendesak, baca 124.000x dalam waktu sehari.


Adapun bacaan sholawat Jibril yakni sebagai berikut :


صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد


“Shollallohu A’la Muhammad”


Agar shalawat jibril bikin rezeki terus mengalir, selain diamalkan sebagaimana yang dijelaskan di atas, juga perlu diimbangi dengan doanya. 


Adapun doanya adalah sebagai berikut :


بسم الله الرحمن الرحيم


الّلهُمَّ اَعْطِنِي ثَوَابَ صَلَّى اللهُ عَلَى محمد أَنْ تَرْزُقَنِي شَيْئًا أَسْتَعِيْنُ بِهِ عَلَى الطّاعَةِ

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الِعزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَي الْمُرْسَلِيْنَ وَالحمْدُ لله ربِّ العَالميْن


Artinya:

 “Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Ya Allah datangkanlah padaku pahala Shollalloohu ‘Alaa Muhammad berilah rezeqi padaku, sesuatu yang dapat menolongku untuk ta’at” Maha suci Tuhanmu, Tuhan yang maha mulia dari apa yang mereka sifatkan dan salam sejahtera untuk para Rasul dan segala puji kepada Allah Tuhan semesta alam.”


Itulah beberapa manfaat besar dari Sholawat Jibril untuk kebutuhan sehari-hari. 

Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Sholawat Jibril Pembuka Rizki, Segala Urusan Dimudahkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel