Fenomena Langka, Ribuan Cacing di Klaten Keluar Dari Tanah

KLATEN JATENG - Fenomena munculnya cacing tanah juga terjadi di Klaten. Ribuan ekor cacing keluar sarang sejak beberapa hari terakhir.

"Jumlahnya ribuan dan tidak hanya di satu lokasi. Ukuran ada yang besar dan kecil," ungkap Kades Socakangsi, Kecamatan Jatinom, Wingsang Tranggono pada wartawan, Minggu (19/4/2020).

Menurut Wingsang, cacing tersebut keluar dari pekarangan rumah warganya sejak Sabtu (18/4) pagi. Cacing-cacing itu kemudian bergerak ke arah jalan.

"Jumlahnya banyak dan seperti berbaris di jalan aspal. Hari ini masih ada tetapi tidak sebanyak Sabtu (18/4) kemarin," lanjut Wingsang.

Sejauh ini, tambah Wingsang, fenomena itu tidak membuat panik warga. Warga menanggapi hal biasa.

"Warga biasa saja. Mungkin karena beberapa hari terakhir sangat panas udaranya kemudian ada hujan," imbuh Wingsang.

Fenomena munculnya cacing dalam jumlah banyak ini, kata Wingsang, baru kali pertama terjadi di wilayahnya.

"Cacing keluar di pagi hari itu biasa. Cuma ini jumlahnya banyak yang membuat heran dan ada di desa lain," papar Wingsang.

Salah seorang warga Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom, Harjono menceritakan hak serupa. Ribuan cacing tiba-tiba muncul di daerahnya kemarin.

"Itu kemarin pagi dan setelah kena sinar matahari sudah hilang. Sekarang sudah tidak ada," jelas Harjono saat dihubungi wartawan.

Di media sosial, kemunculan cacing juga terjadi di beberapa wilayah. Di Desa Candirejo, Kecamatan Ngawen yang lebih rendah dari Kecamatan Jatinom juga dikabarkan muncul.

Akun Dessy Eka Sari menuliskan, lokasi cacing muncul di Desa Candirejo Kecamatan Ngawen. Pemilik akun juga menyertakan video cacing berkeliaran di jalan semen.

Diberitakan sebelumnya, fenomena ini juga terjadi di Solo tepatnya di Pasar Gede. Jumlah cacing yang muncul sangat banyak dan menyebar hingga jalur pejalan kaki di Jalan Urip Sumoharjo.

Petugas kebersihan kemudian langsung membersihkan cacing-cacing itu, kemarin. Salah seorang petugas kebersihan, Marsono mengungkap dia memungut cacing hingga satu ember.

Dia menduga cacing tanah muncul dari taman yang ada di sekitar lokasi. Sebab, saat dia membersihkan taman, masih muncul beberapa cacing dari dalam tanah.

Belum ada Komentar untuk "Fenomena Langka, Ribuan Cacing di Klaten Keluar Dari Tanah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel