5 Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar Di Indramayu Jawa Barat

Kabupaten Indramayu adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kotanya adalah Indramayu. Pendidikan Agama di Indramayu cukup banyak, hal ini terbukti dengan adanya banyak Pondok Pesantren modern maupun salafiyah yang berdiri di wilayah ini.

Diambil dari berbagai sumber, tim kami kuwaluhan.com telah merangkum beberapa daftar Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Indramayu Jawa Barat :

1. PONDOK PESANTREN CADANGPINGGAN

Lokasi : Jl. By Pass Kertasemaya No.Km, Gedangan, Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45274

Pesantren Ini Berdiri pada tahun 1995 didirikan oleh Pengasuh Pesantren CADANGPINGGAN BUYA KH. ABDUL SYAKUR YASIN, M.A . Cikal bakal Pesantren ini berasal dari pesantren yang dinamakan dengan pesantren YASINNIYAH yang bertempat di Desa Tulungagung yang berdiri sejak tahun 1991.

2. PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM

Lokasi : Jl. Raya Terisi, Rajasinga, Kec. Terisi, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45262

Pesantren ini dibangun pada tahun 1961 oleh K.H Abdurrahman Lathief dengan cara membabat hutan untuk membangun kampung dan pesantren. Setiap usaha tanpa bekal atau pun dana tidaklah akan terlaksana dengan baik. Walaupun usaha ini dijalanai dengan semangat untuk mencapai kesejahteraan umat khususnya masalah kemajuan di bidang pendidikan islam.

Dengan berdirinya Pondok Pesantren Miftahul 'Ulum lagi dengan semangat islami terbentuklah organisasi yang diberi nama Jamiyyah Ashariyyah dibawah naungan Pondok Pesantren Miftahul 'Ulum yang di organisir oleh para santrinya, sembilan tahun yang lalu, yang sebelumnya diberi nama Jam'iyyah Far'iyyah.

Memulai awal khidmahnya antara lain melaksanakan program-progran kerja, dan melanjutkan program-program kerja periode selanjutnya, antara lain meningkatkan kualitas santri dalam bidang dakwah, pendidikan dan ekstra kulikuler lain-lainnya.

3. PONDOK PESANTREN AL-ISHLAH TAJUG

Lokasi : Jl. Raya Sudimampir, Tugu, Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45285

Yayasan Al-Ishlah Tajug (Al-Ishlah) Berdiri Dengan Akte Notaris Eva Rosmasari, SH. M.Kn No. 01 Tanggal 18 Januari 2013. Amal Usaha Yang Dikembangkan Al-Ishlah Meliputi Pendirian Pondok Pesantren Yang Bernaung Di Dalamnya Sekolah-Sekolah Dari Tingkat Kanak-Kanak Hingga Lanjutan Atas, Juga Menyelenggarakan Kursus-Kursus Keterampilan Berbasis Kompetensi (Competency Based), Mendirikan Panti Asuhan Yatim Piatu, Poliklinik Serta Usaha-Usaha Sosial Lainnya Dalam Pengembangannya.

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Al-Ishlah Boarding School Mulai Dibuka Pada Tahun 2001, Dan Disetujui Pendiriannya Dengan Surat Keputusan Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu Nomor 425-11/725.P.81 Tanggal 25 Agustus 2001

Sedangkan Sekolah Menengah Atas (SMA) IslamAl-Ishlah Boarding School Telah Dibuka Pada Tahun 2002 Dengan Izin Operasional Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu Nomor 421-3/1005-P3K/03 Tanggal 05 Agustus 2003

Sesuai Dengan Visi Dan Misi Organisasi, Al-Ishlah Berusaha Menunjukkan Eksistensinya Dengan Memacu Diri Dari Ketertinggalan Kualitas Dan Kuantitas.

4. PONDOK PESANTREN DARUL MA'ARIF KAPLONGAN

Lokasi : Jl. Raya Kaplongan, Kaplongan Lor, Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45283

Pondok Pesantren Darul Ma’arif didirikan oleh Yayasan Darul Ma’arif dikarenakan berkembangnya pendidikan di bawah naungan Yayasan Darul Ma’arif mulai dari TK, SD, SMP, SMA, SMK, MA hingga Sekolah Tinggi yang sangat pesat sehingga mengakibatkan bertambahnya jumlah siswa serta meluasnya daerah asal siswa yang menuntut ilmu di lingkungan pendidikan Kampus Hijau Kaplongan Kab. Indramayu sehingga menuntut disediakannya asrama guna menampung siswa yang berasal dari luar daerah.

Selain itu, Pondok Pesantren berguna untuk memfasilitasi siswa yang ingin memperdalam agama Islam secara intensif khususnya ahlussunnah wal jama’ah melalui sistem pendidikan yang merupakan kombinasi antara sistem shalaf dan kholaf, yakni pondok pesantren yang memadukan sistem pendidikan berbasis salaf dan modern. Dengan tetap mempelajari kitab-kitab kuning, namun juga mempelajari bahasa Arab dan Inggris.

5. PONDOK PESANTREN AL-ZAYTUN MA'HAD

Lokasi : Mekarjaya, Alzaytun, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45264

Ma'had Al-Zaytun atau Pondok Pesantren Al-Zaytun adalah sebuah Ponpes yang terletak di desa Mekar Jaya, kecamatan Gantar, kabupaten Indramayu, provinsi Jawa Barat. Pesantren ini merupakan usaha dari Yayasan Pesantren Indonesia (YPI), yang memulai pembangunannya pada 13 Agustus 1996.

Pembukaan awal pembelajaran dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 1999 dan peresmian secara umum dilakukan pada 27 Agustus 1999 oleh Presiden RI ke-3, Prof. Ing. B.J. Habibie.

Ponpes yang disebut oleh Washington Times (29 Agustus 2005) sebagai pesantren terbesar se-Asia Tenggara ini berdiri di atas lahan seluas 1200 hektar. Tercatat pada tahun 2011 telah ada sekitar 7.000 santri yang menimba ilmu di pesantren ini. Santri berasal dari berbagai daerah di Indonesia serta luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, Timor Leste dan Afrika Selatan.

Ponpes yang memiliki landasan "Pesantren spirit but modern system" ini menggunakan kurikulum yang mengacu pada Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Muatan lokal pun diberikan kepada para siswa, seperti Piagam Madinah dan Hak Asasi Manusia serta Jurnalistik.

Selain itu, siswa dibekali kemampuan didaktik agar bisa mengajar. Santri Al-Zaytun mengatakan bahwa mereka diajarkan Islam yang terbuka dan toleran, menghindari perpecahan seperti pada aliran Sunni dan Syiah dan menerima penganut agama lain.

Untuk membangun kemandirian pesantren ini menerapkan Program Pertanian Terpadu. Program ini meliputi pertanian, peternakan dan perikanan sebagai satu kesatuan yang saling terikat. Berbagai teknologi dipelajari dan diterapkan di lapangan, di antaranya teknologi kultur jaringan, pemuliaan tanaman dan pembibitan, transfer embrio dan inseminasi buatan, teknologi pemerahan susu, teknologi pasteurisasi untuk pengolahan susu, teknologi pembuatan silase, teknologi pembuatan pupuk dari kotoran ternak, kotoran manusia dan urin manusia, pembuatan pupuk dari daun-daunan dan teknologi pembuatan pupuk bokasi dan kascing.

Alumni Program Pendidikan Pertanian Terpadu (P3T) langsung dikaryakan untuk mengelola lahan di pesantren ini serta menangani koperasi simpan pinjam yang bekerjasama dengan masyarakat desa sekitar pesantren, serta memberikan penyuluhan untuk peningkatan hasil pertanian masyarakat desa sekitar. Masyarakat Koperasi Desa Mekarjaya-Ma’had Al Zaytun (MKDM-MAZ) membantu permodalan masyarakat untuk berusahatani padi.

Itulah beberapa daftar Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar di Indramayu Jawa Barat.

Belum ada Komentar untuk "5 Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar Di Indramayu Jawa Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel