Inilah Tokoh Agama Islam Terkenal dari Jawa Tengah

Jawa Tengah adalah provinsi Terpadat ke-3 di Indonesia. Di provinsi ini banyak juga melahirkan tokoh-tokoh Islam penting dan terkenal di Indonesia. Berikut ini kami sajikan deretan Nama-nama ulama besar Jawa tengah yang cukup terkenal dan berpengaruh di Indonesia :

1. ACHMAD CHALWANI


Kiai Haji Achmad Chalwani lahir di Purworejo Jawa Tengah pada 19 Desember 1954. Beliau adalah pengasuh Pondok Pesantren An-Nawawi, Berjan, Gebang, Purworejo dan mursyid dari Tarekat Qodiriyah wa Naqsyabandiyah. Ia pernah duduk sebagai anggota DPD mewakili provinsi Jawa Tengah.

Chalwani adalah putera ketiga dari pasangan KH. Muhammad Nawawi dan Nyai Saodah. KH. Muhammad Nawawi adalah tokoh di balik berdirinya Jam'iyyah Ahli Thoriqoh Al-Mu'tabaroh An-Nahdliyah.

Berbagai langkah dan strategi untuk mengembangkan pondok pesantren terus dilakukannya, seperti mengirim da’i-da'i muda diberbagai daerah terbelakang, melaksanakan berbagai kegiatan majlis ta’lim dan selapanan. Peristiwa penting yang terjadi pada periode ini adalah diubahnya nama Pondok Pesantren Roudlotut Thullab menjadi Pondok Pesantren An-Nawawi pada tanggal 6 Januari 1996 M, yang bertepatan dengan tanggal 16 Syakban 1416 H.

2. MUSTOFA BISRI (GUS MUS)


Kiai Haji Ahmad Mustofa Bisri atau lebih sering dipanggil dengan Gus Mus lahir di Rembang, Jawa Tengah, 10 Agustus 1944. Beliau adalah pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang dan menjadi Rais Syuriah PBNU. Beliau juga salah seorang pendeklarasi Partai Kebangkitan Bangsa dan sekaligus perancang logo PKB yang digunakan hingga kini.

Beliau juga seorang penyair dan penulis kolom yang sangat dikenal di kalangan sastrawan. Disamping budayawan, dia juga dikenal sebagai penyair.

3. ULIL ABSHAR ABDALLA


Ulil Abshar-Abdalla lahir di Pati Jawa Tengah pada 11 Januari 1967. Beliau adalah seorang tokoh Islam Liberal di Indonesia yang berafiliasi dengan Jaringan Islam Liberal. Ulil berasal dari keluarga Nahdlatul Ulama. Ayahnya Abdullah Rifa'i dari pesantren Mansajul Ulum, Pati, sedang mertuanya, Mustofa Bisri, kyai dari pesantren Raudlatut Talibin, Rembang.

Ulil pernah menjadi Ketua Lakpesdam (Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Nahdlatul Ulama, Jakarta, sekaligus juga menjadi staf peneliti di Institut Studi Arus Informasi (ISAI), Jakarta, serta Direktur Program Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP). Ia dikenal karena aktivitasnya sebagai Koordinator Jaringan Islam Liberal. Dalam aktivitas di kelompok ini, Ulil menuai banyak simpati sekaligus kritik. Atas kiprahnya dalam mengusung gagasan pemikiran Islam ini, Ulil disebut sebagai liberal anti keislaman selepas Cak Nur (Nurcholish Madjid).

4. WAHYU NUR HIDAYAT AL ALY 


Wahyu Nur Hidayat Al Aly atau lebih sering disapa Wahyu NH Al Aly dan Gus Wahyu lahir di Kota Karanganyar, Kebumen, Jawa Tengah pada 28 Juni 1984. Beliau merupakan budayawan yang dikenal pemikirannya dalam membumikan ushul fiqh. Ia juga sebagai ketua Komunitas Kiai Muda di Indonesia, sekaligus pengasuh komunitas kajian politik dan budaya Lawang Ngajeng yang berpusat di Yogyakarta.

Pemikiran-pemikirannya sering menjadi rujukankalangan politisi dan tokoh agama. Belakangan ini, publik sempat dibuat geger dengan prediksinya tentang penangkapan ketua KPK Bambang Widjojanto oleh Bareskrim Polri yang menjadi kenyataan tiga hari setelah pernyataannya.

Itulah beberapa daftar nama tokoh Islam yang terkenal dan berpengaruh di Indonesia. Jika ada kekurangan beri komentar di kolom bawah ini.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Tokoh Agama Islam Terkenal dari Jawa Tengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel