Inilah Daftar Kabupaten dan Kota Terpadat di Provinsi Aceh Indonesia

Aceh adalah sebuah provinsi di Indonesia. Aceh terletak di ujung utara pulau Sumatera dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia. Ibu kotanya adalah Banda Aceh. Jumlah penduduk provinsi ini sekitar 5.096.248 jiwa pada tahun 2017. Letaknya dekat dengan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India dan terpisahkan oleh Laut Andaman.


Aceh berbatasan dengan Teluk Benggala di sebelah utara, Samudra Hindia di sebelah barat, Selat Malaka di sebelah timur, dan Sumatera Utara di sebelah tenggara dan selatan.

Berikut ini kami telah merangkum Daftar Kabupaten dan Kota Terpadat di provinsi Aceh :

A. Kategori Kabupaten

1. KABUPATEN ACEH UTARA

Kabupaten Aceh Utara adalah sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Aceh, Indonesia. Ibukota kabupaten ini dipindahkan dari Lhokseumawe ke Lhoksukon, menyusul dijadikannya Lhokseumawe sebagai kota otonom.

Kabupaten Aceh Utara memiliki populasi penduduk Total sekitar 575.895 jiwa pada tahun 2017. Dan menempatkan kabupaten ini sebagai Kabupaten Terpadat di Provinsi Aceh.

2. KABUPATEN PIDIE

Kabupaten Pidie adalah salah satu kabupaten di provinsi Aceh, Indonesia. Pusat pemerintahan kabupaten ini berada di Sigli, kabupaten ini merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk terbesar ke 2 di provinsi aceh setelah kabupaten aceh utara.

Jumlah populasi penduduk Total di Kabupaten Pidie sekitar 437.740 jiwa pada tahun 2017. Menjadikan Kabupaten ini diperingkat ke-2 Terpadat di Provinsi Aceh.

3. KABUPATEN BIREUEN

Kabupaten Bireuen adalah salah satu kabupaten di Aceh, Indonesia. Kabupaten ini beribukotakan di Bireuen Kabupaten ini menjadi wilayah otonom sejak 12 Oktober tahun 1999 sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Utara.

Kabupaten ini menduduki peringkat ke-3 wilayah Terpadat di Provinsi Aceh dengan populasi total sekitar 432.870 jiwa tahun 2017.

4. KABUPATEN ACEH TIMUR

Kabupaten Aceh Timur adalah sebuah kabupaten yang berada di sisi timur Aceh, Indonesia. Kabupaten ini juga termasuk kabupaten kaya minyak selain Aceh Utara dan Aceh Tamiang. Kawasan ini juga termasuk basis Gerakan Aceh Merdeka sebelum diberlakukannya Darurat Militer sejak Mei 2003. Sebelum penerapan Darurat Militer ini, kawasan Aceh Timur termasuk kawasan hitam, terutama di kawasan Peureulak dan sekitarnya.

Pada tahun 2017 Jumlah populasi total di kabupaten Aceh Timur mencapai 422.261 jiwa.

5. KABUPATEN ACEH BESAR

Kabupaten Aceh Besar  adalah salah satu kabupaten di Provinsi Aceh, Indonesia. Sebelum dimekarkan pada akhir tahun 1970-an, ibu kota Kabupaten Aceh Besar adalah Kota Banda Aceh. Setelah Kota Banda Aceh berpisah menjadi kotamadya tersendiri, ibukota kabupaten dipindahkan ke Jantho di Pegunungan Seulawah. Kabupaten Aceh Besar juga merupakan tempat kelahiran pahlawan nasional Cut Nyak Dhien yang berasal dari Lampadang.

Kabupaten ini menduduki peringkat ke-5 Terpadat di Provinsi Aceh dengan memiliki Populasi Total mencapai 384.661 jiwa tahun 2017.

B. Kategori Kota

1. KOTA BANDA ACEH

Kota Banda Aceh adalah salah satu kota yang berada di Aceh dan menjadi ibukota Provinsi Aceh, Indonesia. Sebagai pusat pemerintahan, Banda Aceh menjadi pusat kegiatan ekonomi, politik, sosial dan budaya. Kota Banda Aceh juga merupakan kota Islam yang paling tua di Asia Tenggara, di mana Kota Banda Aceh merupakan ibu kota dari Kesultanan Aceh.

Pada tahun 2017, populasi total penduduk di kota Banda Aceh mencapai sekitar 356,983 jiwa dan menjadikan kota ini sebagai kota Terpadat di Aceh.

2. KOTA LHOKSEUMAWE

Kota Lhokseumawe adalah sebuah kota di provinsi Aceh, Indonesia. Kota ini berada persis di tengah-tengah jalur timur Sumatera. Berada di antara Banda Aceh dan Medan, sehingga kota ini merupakan jalur vital distribusi dan perdagangan di Aceh.

Kota Lhokseumawe merupakan kota Terpadat ke-2 di Aceh dengan Memiliki Jumlah Penduduk sekitar 190.624 jiwa tahun 2017.

3. KOTA LANGSA

Kota Langsa adalah salah satu kota di Aceh, Indonesia. Kota Langsa adalah kota yang menerapkan hukum Syariat Islam. Kota Langsa berada kurang lebih 400 km dari kota Banda Aceh. Kota Langsa sebelumnya berstatus Kota Administratif sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 64 Tahun 1991 tentang Pembentukan Kota Administratif Langsa.

Kota Administratif Langsa diangkat statusnya menjadi Kota Langsa berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 tanggal 21 Juni 2001. Hari jadi Kota Langsa ditetapkan pada tanggal 17 Oktober 2001.

Kota Langsa menduduki peringkat ke-3 Terpadat di Provinsi Aceh dengan jumlah penduduk sekitar 182.424 jiwa tahun 2017.

Itulah daftar Kabupaten dan Kota Terpadat di Provinsi Aceh Indonesia. Jika ada Kekeliruan silahkan beri kami masukkan.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Daftar Kabupaten dan Kota Terpadat di Provinsi Aceh Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel