Inilah 5 Kabupaten Terpadat dan Terbesar di Provinsi Jawa Barat Indonesia

Jawa Barat atau Jabar adalah sebuah provinsi di Indonesia, ibu kotanya berada di Bandung.
Provinsi Jawa Barat berada di bagian barat Pulau Jawa. Wilayahnya berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Jawa Tengah di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Banten dan DKI Jakarta di barat.

Mayoritas penduduk Jawa Barat adalah Suku Sunda, yang bertutur menggunakan Bahasa Sunda. Di Kabupaten Cirebon, Kota Cirebondan Kabupaten Kuningan dituturkan bahasa Cirebon yang mirip dengan Bahasa Banyumasan dialek Brebes.

Luas Provinsi Jawa Barat sekitar 35.222,18 km2, dan pada tahun 2017 jumlah penduduk di Jawa Barat mencapai sekitar 46.029.668 jiwa.

Berikut ini kami telah merangkum Daftar Kabupaten Terbesar dan Terpadat di Provinsi Jawa Barat Indonesia, bukan berdasarkan luas wilayah akan tetapi berdasarkan Jumlah Populasi Penduduk :

1. KABUPATEN BOGOR


Ya pertama Kabupaten Bogor,Kabupaten Bogor adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Pusat pemerintahannya adalah Kecamatan Cibinong.

Saat ini populasi penduduk di Kabupaten Bogor mencapai sekitar 4.246.307 Jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi, membuat Kabupaten Bogor menjadi Kabupaten dengan penduduk Terpadat di Jawa Barat dan terpadat di Indonesia.

Sejak masa Orde Baru banyak pendatang yang memilih Kabupaten Bogor karena lokasinya yang tak jauh dari Jakarta kebanyakan pendatang dari Suku Jawa, bahkan di Kecamatan Cibinong populasi orang Jawa mencapai 32% dan di Kecamatan Gunung Putri 30%. Sementara di Kecamatan Sukamakmur dan Kecamatan Tanjungsari populasi orang Jawa dibawah 3%.

2. KABUPATEN BANDUNG


Yang kedua adalah Bandung, Kabupaten Bandung adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kotanya adalah Soreang.

Sebagian besar wilayah Kabupaten Bandung adalah pegunungan, kecuali wilayah utara yang merupakan dataran rendah yang sering terendam banjir. Di antara puncak-puncaknya adalah: Gunung Patuha (2.334 m), Gunung Malabar (2.321 m), serta Gunung Papandayan(2.262 m) dan Gunung Guntur (2.249 m), semuanya di perbatasan dengan Kabupaten Garut dan Kabupaten Cianjur.

Luas wilayah kabupaten Bandung sekitar 1.762,39 km2, dan pada tahun 2017 jumlah penduduk di kabupaten Bandung mencapai sekitar 3.522.724 jiwa.

Kabupaten Bandung merupakan Kabupaten Terpadat dan Terbesar ke-2 di Provinsi Jawa Barat Indonesia.

3. KABUPATEN BEKASI


Kabupaten Bekasi adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Cikarang. Kabupaten ini berada tepat di sebelah timur Jakarta, berbatasan dengan Kota Bekasi dan Provinsi DKI Jakartadi barat, Laut Jawa di barat dan utara, Kabupaten Karawang di timur, serta Kabupaten Bogor di selatan.

Kabupaten Bekasi memiliki luas wilayah sekitar 127.388 hektar, dengan jumlah penduduk pada tahun 2017 sekitar 2.830.401 jiwa.

4. KABUPATEN SUKABUMI


Kabupaten Sukabumi adalah sebuah kabupaten di Tatar Pasundan, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Kota Palabuhanratu. Kabupaten Sukabumi merupakan kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa setelah Kabupaten Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur.

Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 4.161,00 km2. Dan pada tahun 2017 jumlah penduduk mencapai sekitar 2.523.992 jiwa. Menjadikan Kabupaten ini terdapat ke-4 di Provinsi Jawa Barat Indonesia.

5. KABUPATEN CIANJUR


Kabupaten Cianjur adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya terletak di kecamatan Cianjur. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Bogor Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta di Utara , Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Garut di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Sukabumi di barat.

Luas Wilayah ini adalah sekitar 3.432,96 km2 dengan jumlah penduduk mencapai sekitar 2.246.663 jiwa tahun 2017.

Itulah daftar Kabupaten Terbesar dan Terpadat di provinsi Jawa Barat Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 5 Kabupaten Terpadat dan Terbesar di Provinsi Jawa Barat Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel