Inilah 4 Kabupaten Terbesar dan Terpadat di Provinsi Kalimantan Timur Indonesia

Kalimantan Timur atau biasa disingkat Kaltim adalah sebuah provinsi Indonesia di Pulau Kalimantan bagian ujung timur yang berbatasan dengan Malaysia, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Sulawesi.


Kaltim merupakan wilayah dengan kepadatan penduduk terendah keempat di nusantara. Ibukotanya adalah Samarinda.
Luas total Kaltim adalah 129.066,64 km² dan populasi sebesar 3.6 juta.

Kalimantan Timur sebelum mekar menjadi Kalimantan Utara merupakan provinsi terluas kedua di Indonesia setelah Papua, dengan luas 194.489 km persegi yang hampir sama dengan Pulau Jawa atau sekitar 6,8% dari total luas wilayah Indonesia.

Hasil utama provinsi ini adalah hasil tambang seperti minyak, gas alam dan batu bara. Sektor lain yang kini sedang berkembang adalah agrikultur, pariwisata dan industri pengolahan.

Beberapa daerah seperti Balikpapan dan Bontang mulai mengembangkan kawasan industri berbagai bidang demi mempercepat pertumbuhan perekonomian. Sementara kabupaten-kabupaten di Kaltim kini mulai membuka wilayahnya untuk dibuat perkebunan seperti kelapa sawit dan lain-lain.

Berikut ini kami merangkum Daftar Kabupaten Terbesar dan Terpadat di Provinsi Kalimantan Timur berdasarkan populasi penduduk :

1. Kabupaten Kutai Kartanegara


Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan sebuah kabupaten di Kalimantan Timur, Indonesia. Ibu kota berada di Kecamatan Tenggarong.

Kabupaten ini merupakan kabupaten Terbesar dan Terpadat pertama di Provinsi Kalimantan Timur. Luas wilayah kabupaten Kutai Kartanegara sekitar 27.263,10 km² dan luas perairan sekitar 4.097 km² yang dibagi dalam 18 wilayah kecamatan dan 225 desa/kelurahan dengan jumlah penduduk mencapai 670.458 jiwa tahun 2017.

Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan daerah yang kaya akan sumber daya alam terutama minyak bumi dan gas alam (migas) serta batubara sehingga perekonomian Kutai Kartanegara masih didominasi oleh sektor pertambangan dan penggalian yang mencapai lebih dari 77%. Sektor pertanian dan kehutanan hanya memberikan konstribusi sekitar 11%, sedangkan sisanya disumbangkan dari sektor perdagangan dan hotel, yakni kurang lebih 3%, industri pengolahan sekitar 2,5%, bangunan 3%, keuangan 1% dan sektor lainnya sekitar 2%.

2. Kabupaten Kutai Timur

Kabupaten Kutai Timur adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Sangatta. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 35.747,50 km² atau 17% dari luas Provinsi Kalimantan Timur dan berpenduduk sebanyak 416.800 jiwa tahun 2017.

Kabupaten Kutai Timur merupakan kabupaten Terbesar dan Terpadat kedua di provinsi Kalimantan Timur.

Kabupaten Kutai Timur merupakan salah satu wilayah hasil pemekaran dari Kabupaten Kutai yang dibentuk berdasarkan UU No. 47 Tahun 1999, tentang Pemekaran wilayah Provinsi dan Kabupaten. Diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri pada tanggal 28 Oktober 1999.

3. Kabupaten Paser

Kabupaten Paser adalah sebuah kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Tana Paser.

Kabupaten ini merupakan kabupaten Terbesar dan Terpadat ke-3 di Provinsi Kalimantan Timur, dengan jumlah penduduk mencapai 254.503 jiwa tahun 2017 dan memiliki luas wilayah sekitar 7.730,88 km².

Kabupaten Paser awalnya adalah Kabupaten Pasir sebagai daerah otonomi Kalimantan Timur yang pengesahannya berdasarkan UU Nomor 27 Tahun 1959 tentang Penetapan UU Darurat Nomor 3 Tahun 1953 tentang Pembentukan Daerah Tingkat II di Kalimantan, dengan sebutan Daerah Swatantra Tingkat II Pasir.

Melalui perjuangan Bupati Paser H.M. Ridwan Suwidi dan Wakil H.M. Hatta Garit waktu itu, Kabupaten Pasir berubah nama menjadi Kabupaten Paser yang ditandai dengan terbitnya Peraturan Pemerintah No. 49 Tahun 2007.

4. Kabupaten Berau

Kabupaten Berau adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Tanjung Redeb.

Kabupaten ini merupakan kabupaten Terbesar dan Terpadat ke-4 di Kalimantan Timur dengan jumlah penduduk mencapai 219.263 jiwa tahun 2017 dengan luas wilayah sekitar 34.127,47 km².

Itulah daftar Kabupaten Terbesar dan Terpadat di Provinsi Kalimantan Timur berdasarkan populasi penduduk, jika ada informasi yang kurang lengkap silahkan anda beri kami masukkan dengan berkomentar di bawah artikel.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 4 Kabupaten Terbesar dan Terpadat di Provinsi Kalimantan Timur Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel