Daftar Kabupaten dan Kota Terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang berada dalam gugusan Sunda Kecil dan termasuk dalam Kepulauan Nusa Tenggara.

Dua pulau terbesar di provinsi ini adalah Lombok yang terletak di barat dan Sumbawa yang terletak di timur. Ibu kota provinsi ini adalah Kota Mataram yang berada di Pulau Lombok.

Sebagian besar dari penduduk Lombok berasal dari suku Sasak, sementara suku Bima dan Sumbawa merupakan kelompok etnis terbesar di Pulau Sumbawa. Mayoritas penduduk Nusa Tenggara Barat beragama Islam.

Berikut ini kami telah merangkum daftar Kabupaten dan Kota Terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat berdasarkan Jumlah Penduduk :

A. KATEGORI KOTA

1. Kota Mataram


Kota Mataram merupakan ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Adat Sasakdan Adat Bali cukup mewarnai masyarakat di kota ini.

Kota ini merupakan kota Terbesar dan Paling Padat di Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan jumlah penduduk mencapai 419.506 jiwa tahun 2017 dengan luas wilayah sekitar 61,30 km².

Pulau Lombok dengan pusat di Kota Mataram, merupakan tempat yang sangat terkenal dengan eksotisme alamnya. Dari kota ini anda bisa menuju tempat wisata alam yang sangat terkenal di antaranya Pantai Senggigi, Gili Trawangan, Pantai Kuta, Pesona Gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia yaitu Rinjani.

Fasilitas pendidikan di Kota Mataram tersedia dengan cukup memadai, di Kota ini terdapat beberapa perguruan tinggi baik Negeri maupun Swasta.

Perguruan Tinggi Negeri yang cukup terkenal di kota ini adalah Universitas Mataram yang sering disingkat Unram. Selain itu terdapat juga Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram, Sekolah Tinggi Pendidikan Dalam Negeri (STPDN) untuk wilayah Nusa Tenggara.

2. Kota Bima


Bima adalah sebuah kota otonom yang terletak di Pulau Sumbawa bagian timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Kota Bima merupakan kota Terbesar kedua di Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan jumlah penduduk mencapai 141.294 jiwa tahun 2017 dengan luas wilayah sekitar 222,25 km².

Suku asli masyarakat Kota Bima adalah suku Bima atau dikenal dalam bahasa lokal nya “Dou Mbojo”. Salah satu ke-unikan Kota Bima adalah sebagian dari masyarakat nya juga berasal dari berbagai suku dan etnik di indonesia seperti; Jawa, Sunda, Timor, Flores, Bugis, Bajo, Madura, Sasak (Lombok), Bali, Minang dan Batak sehingga memberi warna tersendiri di dalam keseharian mereka di Kota Bima (suku-suku ini selalu memeriahkan upacara dan pawai pada hari-hari besar di Kota Bima) dengan hidup berdampingan secara rukun dan damai serta suasana kondusif.

Secara historis Kota Bima merupakan pusat Kesultanan Bima dimasa lampau. Dengan warisan kekayaan budaya yang dimiliki, Kota Bima dapat mengembangkan wisata budaya dengan kebudayaan Islam sebagai basisnya. Asi Mbojo (istana kesultanan), kuburan raja-raja dan para wali, permainan dan kesenian rakyat serta upacara keagamaan seperti perayaan maulud, U'a pua serta prosesi pelantikan raja dan lain-lain merupakan objek dan event yang sangat menarik.

B. KATEGORI KABUPATEN

1. Kabupaten Lombok Timur

Kabupaten Lombok Timur adalah salah satu Daerah Tingkat II di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terletak di sebelah timur Pulau Lombok. Ibu kota daerah ini ialah kota Selong. Kabupaten ini merupakan kabupaten Terbesar dan Paling Padat di Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan memiliki luas wilayah 1.605,55km2 dan populasi penduduk mencapai sekitar 1.289.907 jiwa tahun 2017.

2. Kabupaten Lombok Tengah

Kabupaten Lombok Tengah adalah salah satu Daerah Tingkat II di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Ibu kota daerah ini ialah Praya.

Kabupaten ini merupakan kabupaten Terbesar dan Terpadat kedua di Provinsi Nusa Tenggara Barat, daerah ini memiliki luas wilayah 1.208,39 km² dengan jumlah penduduk mencapai sebanyak 1.035.355 jiwa tahun 2017.

3. Kabupaten Lombok Barat

Kabupaten Lombok Barat adalah sebuah Kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Ibu kotanya ialah Gerung. Lombok Barat merupakan salah satu kabupaten yang sangat penting untuk Nusa Tenggara Barat, karena merupakan pusat pemerintahan di wilayah ini.

Lombok Barat merupakan kabupaten Terbesar dan Terpadat ke-3 di Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan jumlah penduduk mencapai 713.848 jiwa tahun 2017 dan memiliki luas wilayah sekitar 896,56 km².

4. Kabupaten Bima

Kabupaten Bima adalah sebuah kabupaten di Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Ibu kotanya ialah terletak di Woha.

Kabupaten ini merupakan kabupaten Terbesar dan Terpadat ke-4 di provinsi Nusa Tenggara Barat dengan jumlah penduduk mencapai 524.677 jiwa tahun 2017 dan luas wilayah sekitar 3.405,63 km².

5. Kabupaten Sumbawa

Kabupaten Sumbawa adalah sebuah kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Sumbawa Besar. Kabupaten ini terletak di sebagian besar bagian barat Pulau Sumbawa.

Kabupaten ini merupakan kabupaten Terbesar dan Terpadat ke-5 di Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan memiliki jumlah penduduk mencapai 509.234 jiwa tahun 2017 dan memiliki luas wilayah sekitar 6.643,98 km².

Itulah daftar Kabupaten dan Kota Terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Daftar Kabupaten dan Kota Terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel