Inilah 5 Universitas Terbaik dan Terbesar di kota Padang Sumatera Barat

Kota Padang adalah kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera sekaligus ibu kota dari provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota ini merupakan pintu gerbang barat Indonesia dari Samudra Hindia.

Kota Padang sejak dari zaman kolonial Belanda telah menjadi pusat pendidikan di Sumatera Barat. Tercatat pada tahun 1864, jumlah pelajar yang terdaftar di sekolah yang ada di kota ini sebanyak 237 orang.

Untuk memberikan pelayanan dan kemudahan bagi siswa dan orang tua murid, pemerintah kota bekerja sama dengan UNP dan Telkom sejak 1 Juli 2010 kembali menyelenggarakan Penerimaan Siswa Baru (PSB) Online untuk sekolah negeri jenjang SMP dan SMA, dengan perbaikan pola dan sistem dibandingkan tahun sebelumnya.

Berikut adalah Daftar Perguruan Tinggi Terbaik dan Populer di kota Padang Sumatera Barat :

1. Universitas Andalas Padang

Lokasi : Jalan Universitas Andalas, Limau Manis, Pauh, Limau Manis, Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat 25163

Universitas Andalas juga biasa disebut dengan singkatan UNAND oleh masyarakat kota Padang. Universitas yang berdiri pada tahun 1955 ini, merupakan kampus yang paling  favorit dan terkenal dikota Padang.

Tidak mudah untuk menjadi mahasiswa di Universitas Andalas karena setiap pelajar harus lulus ujian SBMPTN yang juga merupakan syarat untuk kuliah diperguruan tinggi negeri ternama lainnya.

2. Universitas Negeri Padang


Lokasi : Jln. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang, Sumatera Barat, Indonesia

Universitas Negeri Padang (UNP) mempunyai motto dalam bahasa minang "Alam Takambang Jadi Guru" yang berarti Belajarlah Dari Alam. Sama halnya dengan Universitas Andalas, untuk berkuliah di Universitas Negeri Padang, pelajar harus melalui ujian tahap seleksi SBMPTN.

Namun, yang membedakannya adalah, di Universitas Negeri Padang lebih banyak tersedia jurusan Pendidikan seperti Pendidikan Olahraga, Pendidikan Kimia, Pendidikan Bahasa Inggris dan masih banyak lagi.

Dengan banyaknya jurusan pendidikan di Universitas Negeri Padang menimbukan stereotip diwarga kota Padang bahwa mahasiswa Universitas Negeri Padang adalah Calon-Calon Guru.

3. Universitas Bung Hatta Padang

Lokasi : Jl. Bagindo Aziz Chan By Pass, Aie Pacah, Koto Tangah, Aie Pacah, Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586

Universitas Bung Hatta dikenal juga dengan sebutan Kampus Sang Proklamator oleh banyak orang.

Hal ini dikarenakan pemberian nama kampus yang berdiri pada tahun 1981 tersebut, diambil dari nama sang proklamator Indonesia  yang berasal dari Sumatera Barat yaitu Bapak Mohammad Hatta.

Universitas Bung Hatta merupakan kampus swasta yang paling terkenal dibandingkan dengan universitas-universitas swasta lainnya yang ada dikota Padang.

4. Politeknik Negeri Padang

Lokasi :  Jl. Kampus Limau Manis, Limau Manis, Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat 25164

Politeknik Negeri Padang dan Politeknik Universitas Andalas) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Politeknik Negeri Padang ini memiliki kampus yang bersebelahan dengan Universitas Andalas.

Politeknik Negeri Padang telah tumbuh dan berkembang seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dengan selalu melakukan evaluasi diri dan pengembangan kemitraan dengan berbagai lembaga, merupakan suatu komitmen kelembagaan sehingga setiap perubahan baik di sisi internal maupun eksternal disikapi dengan positif.

Hal inilah yang membuat Politeknik Negeri Padang selalu berbenah sehingga lulusan Politeknik Negeri Padang saat ini sangat diminati.

5. Institut Teknologi Padang

Lokasi :  Jl. Gajah Mada Kandis Nanggalo, Kp. Olo, Nanggalo, Kota Padang, Sumatera Barat 25173

Institut Teknologi Padang (ITP) adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang berkedudukan di Jalan Gajah Mada, Nanggalo, Padang, Indonesia.
ITP termasuk salah satu perguruan tinggi teknik tertua di yang ada di Kota Padang.

Dengan kurikulum berbasis kompetensi yang lebih menekankan aspek mutu, relevansi dan outcome, ITP berusaha untuk menghasilkan lulusan pendidikan tinggi yang relevan dengan kebutuhan dunia-kerja.

Itulah daftar Perguruan Tinggi Terbaik dan Populer di kota Padang Sumatera Barat.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 5 Universitas Terbaik dan Terbesar di kota Padang Sumatera Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel