2 Universitas (Kampus) Terbaik dan Terbesar di kota Bukittinggi Sumatera Barat

Kota Bukittinggi  adalah kota dengan perekonomian terbesar kedua di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota ini pernah menjadi ibu kota Indonesia pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia. Kota ini juga pernah menjadi ibu kota Provinsi Sumatera dan Provinsi Sumatera Tengah.

Dalam hal pendidikan, Sejak zaman kolonialis Belanda, kota ini telah menjadi pusat pendidikan di Pulau Sumatera. Dimulai sejak tahun 1872, dengan berdirinya Kweekschool voor Inlandsche Onderwijzers (sekolah guru untuk guru-guru bumiputra) atau dikenal juga dengan nama sekolah radja, yang selanjutnya berkembang menjadi volksschool atau sekolah rakyat.

Kemudian pada tahun 1912 muncul Hollandsch Inlandsche School (HIS), yang dilanjutkan dengan berdirinya Sekolah Pamong Opleiding School voor Inlandsch Ambtenaren (OSVIA) tahun 1918. Pada tahun 1926 juga telah berdiri MULO di Kota Bukittinggi.

Pada masa awal kemerdekaan di kota ini pernah berdiri sekolah Polwan dan Kadet serta sekolah Pamong Praja yang pertama di Indonesia.

Berikut ini adalah Daftar Perguruan Tinggi Terbaik dan Populer di kota Bukittinggi Sumatera Barat :

1. Institut Agama Islam Negeri (IAIN Bukittinggi)


Lokasi : JL. Paninjauan, Garegeh, Koto Selayan, Garegeh, Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26117

IAIN Bukittinggi atau IAIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi adalah perguruan tinggi Islam negeri di Indonesia yang berada Bukittinggi. IAIN ini didirikan berdasarkan pada Tanggal 21 Maret 1997 bertepatan dengan Tanggal 12 Zulkaidah 1417 H. IAIN Bukittinggi diberi nama Syekh M. Djamil Djambek, diambil dari nama ulama pelopor pembaruan Islam dari Sumatera Barat awal abad ke-20.

UII mempunyai empat fakultas, yaitu:

1. Fakultas Agama
2. Fakultas Hukum
3  Fakultas Ekonomi
4. Fakultas Pendidikan

2. STKIP Ahlussunnah Bukittinggi


Lokasi : Jalan Diponegoro No.8, Tarok Dipo, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26117

STKIP Ahlussunnah adalah perguruan tinggi swasta yang berada di Kota Bukittinggi, Indonesia, tepatnya di Jalan Diponegoro No. 8 Bukittinggi. STKIP ini berada di bawah naungan Yayasan Ahlussunnah Provinsi Sumatera Barat. perguruan tinggi memiliki lima program studi, yaitu:

- Program Pendidikan Bahasa Indonesia
- Program Studi Pendidikan Biologi
- Program Studi Pendidikan Matematika
- Program Studi Pendidikan geografi
- Program Studi Pendidikan kewarganegaraan

Itulah daftar Perguruan Tinggi Terbaik dan Populer di kota Bukittinggi Sumatera Barat.

Belum ada Komentar untuk "2 Universitas (Kampus) Terbaik dan Terbesar di kota Bukittinggi Sumatera Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel