11 Universitas Terbaik dan Terbesar di Kota Solo (Surakarta)

Kota Surakarta atau Kota Solo adalah salah satu kota yang terletak di wilayah provinsi Jawa Tengah. Banyak perguruan tinggi di Solo yang bisa dijadikan tempat menempuh pendidikan kuliah baik itu perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS).

Berikut ini adalah Universitas (perguruan tinggi) terbaik dan terkenal di kota Solo :

1. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Lokasi : Jl. Ir. Sutami No.36A, Jebres, Kota Surakarta, 57126


Universitas Sebelas Maret sering orang salah menyebut dengan Universitas Negeri Surakarta. Kampus negeri yang memiliki peringkat masuk 10 besar kampus terbaik di Indonesia. Memiliki kampus yang megah di kota timur solo tepatnya di desa kentingan, namun kampus UNS tidak hanya berada di tempat yang ada di Kleco, Pabelan, Manahan, dll.

UNS saat ini sudah memiliki Rumah Sakit sendiri yang berlokasi di Pabelan, kartasura.

Menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia pastilah tidak mudah untuk bisa belajar disini. Keunikan dari kampus UNS Apakah pihak kampus memerikan jalur khusus untuk Penghafal Qur'an (hafidz) tanpa tes masuk. Program studi UNSelenggarakan mulai dari Diploma III, sampai Doktoral.

Ada 10 Fakultas di UNS, yaitu :

Fakultas Seni Rupa dan Desain
Fakultas Ilmu Budaya
Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas Pertanian
Fakultas Teknik
Fakultas Hukum

2. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Lokasi : Jl. A. Yani, Mendungan, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Surakarta  57162


Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) merupakan satu dari 164 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dan satu di antara 1.890 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia. UMS ini terletak di Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo (Kartasura, Sukoharjo).

UMS termasuk kampus 10 besar PTS terbaik di Indonesia maka wajar saja pendaftar di kampus ini banyak. Di UMS juga menyediakan asrama bagi mahasiswanya yang ebrnama KH Mas Mansyur. Bagi Anda yang kuliah disini Ada Wajib tinggal dipondok selama beberapa hari untuk menempuh mata kuliah agama.
UMS memiliki 6 kampus yang tersebat di kota solo, kampus utama di Pabelan.

UMS memiliki 12 fakultas, dan pasca sarjana.

Fakultas Kedokteran (FK)
Fakultas Kedokteran Gigi
Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Fakultas Teknik (FT)
Fakultas Ekonomi (FE)
Fakultas Hukum (FH)
Fakultas Farmasi (FF)
Fakultas Psikologi
Fakultas Geografi (FG)
Fakultas Agama Islam (FAI)
Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI).

3. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta

Lokasi : Jalan Pandawa, Pucangan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57168


Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Yang PT KARYA CIPTA PUTRA Bernama "Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Surakarta"), Adalah Sebuah Perguruan Tinggi Negeri Islam di Lingkungan Kementerian Agama Republik Indonesia Yang berlokasi di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Meskipun namanya IAIN Surakarta tidak ada di Surakarta, jarak dari kota sekitar 3 km dari pusat kota solo.

Fakultas yang dilakukan oleh IAIN Surakarta ada 4, yaitu

- Fakultas Ushuludin dan Dakwah
- Fakultas Syariah
- Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Pascasarjana:

- Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
- Manajemen Keuangan dan Perbankan syariah (MKPS)
- Ilmu Al Qur'an dan Tafsir (IQT).

4. Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta

Lokasi : Jalan Ki Hadjar Dewantara No.19, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126


Sesuai dengan nama kampus ini khusus program mebuka studi seni. Kampung yang berdiri pada tahun 1983 dengan nama Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Surakarta, kemudian pada tahun 2006 menjadi Institut Seni Indonesi (ISI) Surakarta. Kampus ini memiliki 2 kampus yaitu kampus lama yang mengeluarkan di barat kampus UNS berada di ketingan dan kampus baru yang berlokasi di Mojosongo.

ISI Surakarta saat ini memiliki dua Fakultas, yaitu :

1. Fakultas Seni Rupa dan Desain
2. Fakultas Seni Pertunjukan

Fakultas Seni Rupa (FSP) terdiri dari empat Jurusan / Program Studi: Seni Karawitan, Etnomusikologi, Seni Pedalangan, dan Seni Tari.

Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) terdiri dari empat bidang / Program Studi: Kriya Seni, Televisi dan Film, Seni Rupa Murni, dan Desain Interior.

5. Universitas Tunas Pembangunan (UTP)

Lokasi : Jl. Walanda Maramis No.31, Nusukan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57135


UTP Surakarta merupakan Perguruan Tinggi Masyarakat didirikan pada tanggal 17 Juli 1980 oleh para eks Tentara Pelajar Brigrader 17 Surakarta yang tergabung dalam Yayasan Perguruan Tinggi Tunas Pembangunan. UTP memiliki 2 kampus yang terpisah, memiliki 8 program studi.

UTP memiliki 4 Fakultas, yaitu:

- Fakultas Teknik (FT),
- Fakultas Keguruan
- Ilmu Pendidikan (FKIP),
- Fakultas Pertanian.

6. Universitas Slamet Riyadi (UNISRI)

Lokasi : Jalan Sumpah Pemuda 18, Kadipiro, Surakarta.

Universitas ini berdiri pada 21 Juni 1980. Tanggal tersebut mengacu pada pendirian Yayasan Perguruan Tinggi (YPT) Slamet Riyadi Surakarta. Tetapi secara de facto, Universitas Slamet Riyadi telah berdiri sejak 20 Juni 1977 di bawah pengelolaan Yayasan Pendidikan Surakarta Hadiningrat (YPSH).

Gedung kampusnya terletak di Jalan Sumpah Pemuda 18, Kadipiro, Surakarta. Ada 6 fakultas yang dibuka untuk mahasiswa S-1. Di antaranya adalah Fakultas Ekonomi, Hukum, Ilmu Sosial dan Politik, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Teknologi dan Industri Pangan, serta Pertanian. Selain itu, ada pula satu program Pascasarjana.

7. Universitas Setia Budi (USB)

Lokasi : Jl. Letjend Sutoyo Mojosongo, Mojosongo, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127

Kampus ini menduduki posisi ke-7 sebagai universitas terbaik di Solo. Sejak berdiri pada 11 November 1997, Universitas Setia Budi memang terus berusaha meningkatkan kualitasnya.

Ada 5 fakultas yang dimiliki, yaitu :

1. Fakultas Psikologi,
2. Fajultas Ekonomi,
3. Fakultas Teknik,
4. Farmasi,
5. Fakultas Ilmu Kesehatan.

Universitas Setia Budi terletak di Jalan Letjen. Sutoyo, Mojosongo, Surakarta, Jawa Tengah. Setiap tahun, UMB membuka beberapa gelombang pendaftaran. Banyak calon mahasiswa dari berbagai daerah yang mendaftar.

8. Universitas Sahid Surakarta (USAHID)

Lokasi : Jalan Adi Sucipto No. 154, Jajar, Solo

Pada 17 Desember 1997, universitas ini didirikan oleh Yayasan Kesejahteraan, Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya. Gedung kampusnya berada di Jalan Adi Sucipto No. 154, Jajar, Solo. Pihak universitas melengkapinya dengan sarana dan prasana yang lengkap. Para mahasiswa dapat menikmati fasilitas laboratorium, perpustakaan, dan lain-lain.

Program studi yang terdapat di Universitas Sahid Surakarta yaitu Di bidang sosial, ada Program Studi Psikologi, Komunikasi, dan Ilmu Administrasi Bisnis.

Sedangkan di bidang sains ada Program Studi Keperawatan, Informatika, serta Program Profesi Ners dan Industri. Program Studi di bidang seni juga ada, yaitu Desain Komunikasi Visual dan Interior.

9. Universitas Nahdlatul Ulama (UNU)

Lokasi : Jalan Dr. Wahidin 5/VI, kota Solo

Universitas Nahdlatul Ulama Pendirinya adalah Yayasan Perguruan Tinggi Islam Nadhatul Ulama Surakarta. Sejak berdiri pada 2 Agustus 1960, kampus ini berusaha mencetak lulusan yang berkualitas.

Fakultas-fakultas yang disediakan yaitu :

Ada Fakultas Agama Islam, MIPA, Teknik, Ekonomi, Hukum, hingga Program Pascasarjana Magister Pendidikan Islam (MPI). Masing-masing dilengkapi dengan sistem pendidikan dan fasilitas penunjang yang baik.

10. Universitas Kristen Surakarta (UKS)

Lokasi : Jalan RW Monginsidi, 36-38, Margoyudan, Surakarta.

Pada awalnya, universitas ini bernama Institut Agama Kristen Surakarta. Institut tersebut didirikan oleh YPTK Wolter Monginsidi pada 25 Agustus 1983. Lalu pada 1 Juli 1991, namanya berubah menjadi Sekolah Tinggi Agama Kristen Surakarta. Barulah pada 18 Juni 1996, namanya diubah lagi menjadi Universitas Kristen Surakarta hingga sekarang.

Universitas ini berlandaskan nilai-nilai luhur agama Kristen. Para mahasiswa diajari untuk mengamalkan ajaran agama baik dalam kegiatan perkuliahan maupun sehari-hari. Ada tiga fakultas yang dibuka, yaitu Fakultas Teologia, Ekonomi, dan Teknik.

11. Universitas Islam Batik (UNIBA)

Lokasi : Jalan KH. Agus Salim No. 10 kota Surakarta

Kampus ini berdiri pada 30 Juli 1983 dengan nama Universitas Islam Kyai Mojo. Barulah pada 28 Maret 1989, namanya diubah menjadi Universitas Islam Batik Surakarta hingga sekarang.

Ada tiga fakultas yang bisa dipilih, yakni Fakultas Ekonomi, Hukum, serta Pertanian dan Pascasarjana. Jika tertarik untuk mengetahui informasinya lebih lanjut, kunjungi saja UNIBA secara langsung.


Itulah daftar universitas Terbaik dan Terbesar di Kota Solo saat ini.

Belum ada Komentar untuk "11 Universitas Terbaik dan Terbesar di Kota Solo (Surakarta)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel