Pengertian Sholat Taubat dan Manfaatnya dalam Islam - Kuwaluhan.com
Shalat Taubat adalah shalat sunnat yang dilakukan seorang muslim saat ingin bertobat terhadap kesalahan yang pernah ia lakukan.


Shalat taubat dilaksanakan dua raka’at dengan waktu yang bebas kecuali pada waktu yang diharamkan untuk melakukan shalat (lihat pada shalat sunnat). Shalat yang dikerjakan oleh seseorang disebabkan menyesali perbuatan maksiat (dosa) dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi.

Dari Ali -radhiallahu anhu- dari Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam- bersabda:

Tidaklah seseorang melakukan perbuatan dosa lalu di bangun dan bersuci, kemudian mengerjakan shalat, dan setelah itu memohon ampunan kepada Allah melainkan Allah akan memberikan ampunan kepadanya.” (HR. At-Tirmizi, Abu Dawud dan Ibnu Majah, serta dishahihkan oleh Asy-Syaikh Albani dalam Shahih Sunan At-Tirmizi I/128)

Dan hadits ini juga didukung oleh keumuman firman Allah Ta’ala, 

Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri mereka sendiri mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah. Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (QS. Ali Imran : 135)

Sesungguhnya termasuk rahmat Allah subhanahu wa ta’ala terhadap umat ini adalah terbukanya pintu taubat untuknya. Pembukaan pintu taubat ini tidak akan terputus sehingga roh telah sampai di tenggorokan atau matahari terbit dari barat. Dan termasuk rahmat-Nya pula terhadap umat ini adalah disyariatkannya sebuah ibadah yang sangat agung, yang dengannya seorang hamba bertawassul kepada Rabb-Nya dengan berharap diterima taubatnya. Ibadah tersebut adalah shalat taubat.

Anjuran dan perintah untuk mengerjakan Sholat Sunnah Taubat ini bisa kalian lihat didalam Sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam yang telah dijelaskan didalam Hadits Shahih Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi yang berbunyi : ” tidak seorang muslim pun yang berbuat dosa lalu bangkit dan bersuci (Berwudhu), kemudian melakukan sholat lantas meminta ampun kepada Allah Subhanahu wa ta’ala melainkan Allah Subhanahu wa ta’ala akan mengampuninya (Hadits Riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi) ”

Dari Hadits Shahih tersebut kita dapat mengambil Hikmah Sholat Taubat, bahwasanya orang yang telah menyesali perbuatan yang telah ia perbuat dengan ikhlas dan sungguh-sungguh ingin dosanya diampuni oleh Allah Subhanahu wa ta’ala, maka Seorang Muslim – Muslimah bisa mengerjakan Shalat Sunnah Taubat Dua Raka’at ini untuk memohon dan meminta agar dosanya diampuni oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. 

A. MANFAAT DAN FAIDAH SHOLAT TAUBAT


Keutamaan Mengerjakan Sholat Taubat sesuai dengan Hadits – Hadits Nabi yang Shahih. Hal ini dikarenakan Sholat Sunnah Taubat merupakan salah satu Sholat Sunnah yg sering dilakukan oleh Masyarakat Muslim selain Sholat Sunnah Istikharah, Sholat Sunnah Tahajud, Sholat Sunnah Hajat dan Sholat Sunnah Dhuha sehingga dengan adanya ulasan tentang Tujuan Mengerjakan Shalat Taubat ini maka diharapkan bisa menjadi suatu Motivasi agar kalian semakin Rajin Menunaikan Sholat Sunnah Taubat.

- MENDAPATKAN PAHALA SUNNAH YG BANYAK

Yang Pertama adalah akan mendapatkan Pahala Sholat Sunnah Yang Banyak, dalam hal ini dikarenakan kalian sebagai Seorang Muslim – Muslimah telah melakukan apa yang sudah di anjurkan (disunnahkan) oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam dan telah menghidupkan apa yang menjadi Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.

Keistimewaan Sholat Taubat ini bisa di lihat didalam Hadits Shahih dari Amr bin Auf bin Zaid al Muzani Ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: 

"Barangsiapa yg menghidupkan Satu Sunnah dari Sunnah – Sunnah ku, lalu diamalkan oleh Manusia, maka ia akan memperoleh Pahala seperti Pahala Orang-Orang yg mengamalkan-nya dg tidak mengurangi pahala mereka sedikitpun ”.

- MENANBAH KEIMANAN SEORANG MUSLIM

Lalu Hikmah Mengerjakan Sholat Taubat Menurut Hadits Shahih Yang Kedua adalah menjadi salah satu Bukti Keimanan Seorang Mukmin kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Hal ini dikarenakan kalian Seorang Muslim – Muslimah selalu ingat bahwa kita sebagai Manusia mempunyai Kesalahan (Dosa) dan Kita selalu kembali kepada Allah Subhanahu wa ta’ala untuk meminta dan memohon ampunan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala atas segala Kesalahan (Dosa) yang sudah kita perbuat.

Firman Allah Subhanahu wa ta’ala didalam Al Qur’an Surat Al A’raf Ayat 153 yang berbunyi: 

Orang2 yg melakukan Kejahatan, lalu bertaubat setelah itu dan beriman; sesungguhnya Tuhan km setelah taubat yg disertai dg iman itu adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang" (QS. Al A’raf, Ayat : 153) 

Dan didalam Surat An-Nur Ayat 31 berbunyi : 

” ….. Dan bertaubat-lah km sekalian kepada Allah, hai orang-orang yg beriman agar km beruntung (QS. An-Nur Ayat : 31) ”.

- DIAMPUNI DOSA – DOSA YG LALU

Keajaiban Mengerjakan Sholat Taubat Ketiga adalah akan di ampuni dosa – dosanya oleh Allah Subhanahu wa ta’ala, walaupun dosa (Kesalahan) sebesar Gunung dan sebanyak Buih di Lautan.

Dengan Syarat, bahwa Taubat yang dilakukan oleh kalian dilakukan dengan sungguh – sungguh dan tidak akan melakukan Perbuatan Dosa itu lagi karena meminta Ampun (Bertaubat) kepada Allah hanya dg Lisan, tetapi masih tetap melakukan Dosa maka mereka seperti Bermain – Main dlm Taubatnya.

Hadits Shahih Riwayat At Tirmidzi, dari Ali bin Abi Thalib Ra berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda: 

"Tidaklah seorang melakukan Perbuatan Dosa, lalu dia Berwudhu dan Shalat, lalu meminta Ampun kepada Allah, melainkan Allah akan mengampuni Dosanya itu. Lalu Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam membacakan Firman Allah didalam Al Qur’an Surat Ali Imran Ayat 135" (Hadits Riwayat At Tirmidzi dan Abu Daud)

- MEMBUAT TENTRAM DAN BAHAGIA

Kemudian Manfaat Mengerjakan Sholat Taubat Bagi Kesehatan Manusia adalah akan memberikan Kebahagia’an dalam hidupnya, dan dalam hal ini dikarenakan kita sebagai Seorang Muslim – Muslimah akan lebih Bahagia ketika sudah mengakui Kesalahan dan memohon Ampunan kepada Allah SWT atas Dosa – Dosa yang sudah pernah kita lakukan, baik itu Kesalahan yg disengaja maupun yang tidak disengaja.

Selain itu Manfaat Sholat Taubat lainnya akan membuat Manusia lebih Tenang dalam menjalani Hidup karena dengan Bertaubat maka kita sebagai Seorang Muslim akan mendapat ketenangan jiwa yang tak terhingga karena hati dan perasaan kita menjadi lebih dekat dengan Allah SWT. Disadari atau tidak, hati kita seperti terikat dengan Allah dan hubungan kita dengan-Nya akan semakin meningkat seiring meningkatnya keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

B. KEUTAMAAN SHALAT TAUBAT


Dari Abu Bakar ash-Shiddiq radhiyallahu 'anhu , dia berkata, "Saya pernah mendengar Rasulullah shallallahu' alaihi wa sallam bersabda,

ما من رجل يذنب ذنبا, ثم يقوم فيتطهر - وفي رواية: فيحسن الوضوء -, ثم يصلى - وفي رواية: ركعتين -, ثم يستغفر الله; إلا غفر الله له », ثم قرأ هذه الآية {والذين إذا فعلوا فاحشة أو ظلموا أنفسهم ذكروا الله فاستغفروا لذنوبهم ومن يغفر الذنوب إلا الله ولم يصروا على ما فعلوا وهم يعلمون

" Tidaklah seorang (muslim) melakukan suatu perbuatan dosa, kemudian dia bersuci - dalam riwayat lain: berwudhu dengan baik -, kemudian melaksanakan shalat - dalam riwayat lain: dua rakaat -, lalu meminta ampun kepada Allah, pelana Allah akan mengampuni (dosa) nya ". Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam membaca ayat ini (yang artinya), "Dan (juga) orang-orang yang sedang melakukan kejoh atau menganiaya diri sendiri mereka akan ingat Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka, dan siapa lagi yang bisa mengampuni dosa selain dari pada Allah, dan mereka tidak kejam kejinya itu, sedang mereka mengatahui "(QS. Ali 'Imraan: 135)

Hadits yang agung ini menunjukkan keutamaan shalat dua rakaat saat seorang bertaubat dari perbuatan dosa dan janji pengampunan dosa dari Allah Ta'ala bagi yang melakukan shalat tersebut.

Beberapa faidah penting yang dapat kita petik dari hadits ini:

- Agungnya rahmat dan kasih sayang Allah Ta'ala kepada hamba-hamba-Nya, karena Dia mensyariatkan bagi mereka cara untuk membebaskan diri dari buruknya perbuatan dosa yang telah mereka lakukan.

- Wajib bagi seorang muslim untuk selalu bertakwa kepada Allah Ta'ala , merasakan pengawasan-Nya, dan berusaha untuk menghindari perbuatan maksiat semaksimal mungkin. Kalau dia terjerumus ke dalam dosa maka harusnya dia segera bertaubat dan kembali kepada Allah [3] , agar Dia mengampuni dosanya, pemberian janji-Nya dalam firman-Nya:

{إنما التوبة على الله للذين يعملون السوء بجهالة ثم يتوبون من قريب فأولئك يتوب الله عليهم, وكان الله عليما حكيما}

" Sesungguhnya taubat di sisi Allah siap untuk orang-orang yang mengerjakan kejahatan lantaran kejahilan, yang kemudian mereka bertaubat dengan segera, maka mereka yang yang Allah taubatnya; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana "(QS an-Nisaa ': 17).

- Yang dimaksud dengan " meminta ampun kepada Allah " dalam hadits ini adalah bertaubat dengan sungguh-sungguh yang menyertai penyesalan atas perbuatan tersebut, menjauhkan diri dari dosa itu dengan alasan, dan tekad yang bulat untuk tidak mengulanginya selamanya, dan jika dosa yang berhubungan dengan hak orang lain maka segera dia menyelesaikannya.

- Imam Ibnu Hajar mengatakan, "mohon ampun kepada Allah (hanya) dengan lisan, tapi masih tetap mengerjakan dosa (dengan anggota badan) adalah seperti bermain-main (dalam bertaubat).

- Sahabat Yang mulia Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu 'anhu Berkata:

“Sesungguhnya orangutan Yang beriman Memandang dosanya seperti dia sedang berada di Bawah Sebuah gunung (besar) Yang dia Takut gunung tersebut akan menimpa (Dan membinasakan) nya, sedangkan orangutan Yang fajir ( rusak imannya) lihat dosanya seperti cara lalat yang lewat di (depan) hidungnya kemudian dihalaunya dengan jas (dinggapnya remeh dan kecil).

Wallohua'lam Bisshowab

Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Pengertian Sholat Taubat dan Manfaatnya dalam Islam

Shalat Taubat adalah shalat sunnat yang dilakukan seorang muslim saat ingin bertobat terhadap kesalahan yang pernah ia lakukan.


Shalat taubat dilaksanakan dua raka’at dengan waktu yang bebas kecuali pada waktu yang diharamkan untuk melakukan shalat (lihat pada shalat sunnat). Shalat yang dikerjakan oleh seseorang disebabkan menyesali perbuatan maksiat (dosa) dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi.

Dari Ali -radhiallahu anhu- dari Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam- bersabda:

Tidaklah seseorang melakukan perbuatan dosa lalu di bangun dan bersuci, kemudian mengerjakan shalat, dan setelah itu memohon ampunan kepada Allah melainkan Allah akan memberikan ampunan kepadanya.” (HR. At-Tirmizi, Abu Dawud dan Ibnu Majah, serta dishahihkan oleh Asy-Syaikh Albani dalam Shahih Sunan At-Tirmizi I/128)

Dan hadits ini juga didukung oleh keumuman firman Allah Ta’ala, 

Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri mereka sendiri mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah. Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (QS. Ali Imran : 135)

Sesungguhnya termasuk rahmat Allah subhanahu wa ta’ala terhadap umat ini adalah terbukanya pintu taubat untuknya. Pembukaan pintu taubat ini tidak akan terputus sehingga roh telah sampai di tenggorokan atau matahari terbit dari barat. Dan termasuk rahmat-Nya pula terhadap umat ini adalah disyariatkannya sebuah ibadah yang sangat agung, yang dengannya seorang hamba bertawassul kepada Rabb-Nya dengan berharap diterima taubatnya. Ibadah tersebut adalah shalat taubat.

Anjuran dan perintah untuk mengerjakan Sholat Sunnah Taubat ini bisa kalian lihat didalam Sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam yang telah dijelaskan didalam Hadits Shahih Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi yang berbunyi : ” tidak seorang muslim pun yang berbuat dosa lalu bangkit dan bersuci (Berwudhu), kemudian melakukan sholat lantas meminta ampun kepada Allah Subhanahu wa ta’ala melainkan Allah Subhanahu wa ta’ala akan mengampuninya (Hadits Riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi) ”

Dari Hadits Shahih tersebut kita dapat mengambil Hikmah Sholat Taubat, bahwasanya orang yang telah menyesali perbuatan yang telah ia perbuat dengan ikhlas dan sungguh-sungguh ingin dosanya diampuni oleh Allah Subhanahu wa ta’ala, maka Seorang Muslim – Muslimah bisa mengerjakan Shalat Sunnah Taubat Dua Raka’at ini untuk memohon dan meminta agar dosanya diampuni oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. 

A. MANFAAT DAN FAIDAH SHOLAT TAUBAT


Keutamaan Mengerjakan Sholat Taubat sesuai dengan Hadits – Hadits Nabi yang Shahih. Hal ini dikarenakan Sholat Sunnah Taubat merupakan salah satu Sholat Sunnah yg sering dilakukan oleh Masyarakat Muslim selain Sholat Sunnah Istikharah, Sholat Sunnah Tahajud, Sholat Sunnah Hajat dan Sholat Sunnah Dhuha sehingga dengan adanya ulasan tentang Tujuan Mengerjakan Shalat Taubat ini maka diharapkan bisa menjadi suatu Motivasi agar kalian semakin Rajin Menunaikan Sholat Sunnah Taubat.

- MENDAPATKAN PAHALA SUNNAH YG BANYAK

Yang Pertama adalah akan mendapatkan Pahala Sholat Sunnah Yang Banyak, dalam hal ini dikarenakan kalian sebagai Seorang Muslim – Muslimah telah melakukan apa yang sudah di anjurkan (disunnahkan) oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam dan telah menghidupkan apa yang menjadi Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.

Keistimewaan Sholat Taubat ini bisa di lihat didalam Hadits Shahih dari Amr bin Auf bin Zaid al Muzani Ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: 

"Barangsiapa yg menghidupkan Satu Sunnah dari Sunnah – Sunnah ku, lalu diamalkan oleh Manusia, maka ia akan memperoleh Pahala seperti Pahala Orang-Orang yg mengamalkan-nya dg tidak mengurangi pahala mereka sedikitpun ”.

- MENANBAH KEIMANAN SEORANG MUSLIM

Lalu Hikmah Mengerjakan Sholat Taubat Menurut Hadits Shahih Yang Kedua adalah menjadi salah satu Bukti Keimanan Seorang Mukmin kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Hal ini dikarenakan kalian Seorang Muslim – Muslimah selalu ingat bahwa kita sebagai Manusia mempunyai Kesalahan (Dosa) dan Kita selalu kembali kepada Allah Subhanahu wa ta’ala untuk meminta dan memohon ampunan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala atas segala Kesalahan (Dosa) yang sudah kita perbuat.

Firman Allah Subhanahu wa ta’ala didalam Al Qur’an Surat Al A’raf Ayat 153 yang berbunyi: 

Orang2 yg melakukan Kejahatan, lalu bertaubat setelah itu dan beriman; sesungguhnya Tuhan km setelah taubat yg disertai dg iman itu adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang" (QS. Al A’raf, Ayat : 153) 

Dan didalam Surat An-Nur Ayat 31 berbunyi : 

” ….. Dan bertaubat-lah km sekalian kepada Allah, hai orang-orang yg beriman agar km beruntung (QS. An-Nur Ayat : 31) ”.

- DIAMPUNI DOSA – DOSA YG LALU

Keajaiban Mengerjakan Sholat Taubat Ketiga adalah akan di ampuni dosa – dosanya oleh Allah Subhanahu wa ta’ala, walaupun dosa (Kesalahan) sebesar Gunung dan sebanyak Buih di Lautan.

Dengan Syarat, bahwa Taubat yang dilakukan oleh kalian dilakukan dengan sungguh – sungguh dan tidak akan melakukan Perbuatan Dosa itu lagi karena meminta Ampun (Bertaubat) kepada Allah hanya dg Lisan, tetapi masih tetap melakukan Dosa maka mereka seperti Bermain – Main dlm Taubatnya.

Hadits Shahih Riwayat At Tirmidzi, dari Ali bin Abi Thalib Ra berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda: 

"Tidaklah seorang melakukan Perbuatan Dosa, lalu dia Berwudhu dan Shalat, lalu meminta Ampun kepada Allah, melainkan Allah akan mengampuni Dosanya itu. Lalu Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam membacakan Firman Allah didalam Al Qur’an Surat Ali Imran Ayat 135" (Hadits Riwayat At Tirmidzi dan Abu Daud)

- MEMBUAT TENTRAM DAN BAHAGIA

Kemudian Manfaat Mengerjakan Sholat Taubat Bagi Kesehatan Manusia adalah akan memberikan Kebahagia’an dalam hidupnya, dan dalam hal ini dikarenakan kita sebagai Seorang Muslim – Muslimah akan lebih Bahagia ketika sudah mengakui Kesalahan dan memohon Ampunan kepada Allah SWT atas Dosa – Dosa yang sudah pernah kita lakukan, baik itu Kesalahan yg disengaja maupun yang tidak disengaja.

Selain itu Manfaat Sholat Taubat lainnya akan membuat Manusia lebih Tenang dalam menjalani Hidup karena dengan Bertaubat maka kita sebagai Seorang Muslim akan mendapat ketenangan jiwa yang tak terhingga karena hati dan perasaan kita menjadi lebih dekat dengan Allah SWT. Disadari atau tidak, hati kita seperti terikat dengan Allah dan hubungan kita dengan-Nya akan semakin meningkat seiring meningkatnya keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

B. KEUTAMAAN SHALAT TAUBAT


Dari Abu Bakar ash-Shiddiq radhiyallahu 'anhu , dia berkata, "Saya pernah mendengar Rasulullah shallallahu' alaihi wa sallam bersabda,

ما من رجل يذنب ذنبا, ثم يقوم فيتطهر - وفي رواية: فيحسن الوضوء -, ثم يصلى - وفي رواية: ركعتين -, ثم يستغفر الله; إلا غفر الله له », ثم قرأ هذه الآية {والذين إذا فعلوا فاحشة أو ظلموا أنفسهم ذكروا الله فاستغفروا لذنوبهم ومن يغفر الذنوب إلا الله ولم يصروا على ما فعلوا وهم يعلمون

" Tidaklah seorang (muslim) melakukan suatu perbuatan dosa, kemudian dia bersuci - dalam riwayat lain: berwudhu dengan baik -, kemudian melaksanakan shalat - dalam riwayat lain: dua rakaat -, lalu meminta ampun kepada Allah, pelana Allah akan mengampuni (dosa) nya ". Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam membaca ayat ini (yang artinya), "Dan (juga) orang-orang yang sedang melakukan kejoh atau menganiaya diri sendiri mereka akan ingat Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka, dan siapa lagi yang bisa mengampuni dosa selain dari pada Allah, dan mereka tidak kejam kejinya itu, sedang mereka mengatahui "(QS. Ali 'Imraan: 135)

Hadits yang agung ini menunjukkan keutamaan shalat dua rakaat saat seorang bertaubat dari perbuatan dosa dan janji pengampunan dosa dari Allah Ta'ala bagi yang melakukan shalat tersebut.

Beberapa faidah penting yang dapat kita petik dari hadits ini:

- Agungnya rahmat dan kasih sayang Allah Ta'ala kepada hamba-hamba-Nya, karena Dia mensyariatkan bagi mereka cara untuk membebaskan diri dari buruknya perbuatan dosa yang telah mereka lakukan.

- Wajib bagi seorang muslim untuk selalu bertakwa kepada Allah Ta'ala , merasakan pengawasan-Nya, dan berusaha untuk menghindari perbuatan maksiat semaksimal mungkin. Kalau dia terjerumus ke dalam dosa maka harusnya dia segera bertaubat dan kembali kepada Allah [3] , agar Dia mengampuni dosanya, pemberian janji-Nya dalam firman-Nya:

{إنما التوبة على الله للذين يعملون السوء بجهالة ثم يتوبون من قريب فأولئك يتوب الله عليهم, وكان الله عليما حكيما}

" Sesungguhnya taubat di sisi Allah siap untuk orang-orang yang mengerjakan kejahatan lantaran kejahilan, yang kemudian mereka bertaubat dengan segera, maka mereka yang yang Allah taubatnya; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana "(QS an-Nisaa ': 17).

- Yang dimaksud dengan " meminta ampun kepada Allah " dalam hadits ini adalah bertaubat dengan sungguh-sungguh yang menyertai penyesalan atas perbuatan tersebut, menjauhkan diri dari dosa itu dengan alasan, dan tekad yang bulat untuk tidak mengulanginya selamanya, dan jika dosa yang berhubungan dengan hak orang lain maka segera dia menyelesaikannya.

- Imam Ibnu Hajar mengatakan, "mohon ampun kepada Allah (hanya) dengan lisan, tapi masih tetap mengerjakan dosa (dengan anggota badan) adalah seperti bermain-main (dalam bertaubat).

- Sahabat Yang mulia Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu 'anhu Berkata:

“Sesungguhnya orangutan Yang beriman Memandang dosanya seperti dia sedang berada di Bawah Sebuah gunung (besar) Yang dia Takut gunung tersebut akan menimpa (Dan membinasakan) nya, sedangkan orangutan Yang fajir ( rusak imannya) lihat dosanya seperti cara lalat yang lewat di (depan) hidungnya kemudian dihalaunya dengan jas (dinggapnya remeh dan kecil).

Wallohua'lam Bisshowab

Semoga bermanfaat untuk kita semua.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan baik dan sopan agar tidak terjadi hal-hal yang membuat orang lain gagal paham

Subscribe Our Newsletter

Notifications

Disqus Logo