Inilah Daftar Gunung Tertinggi dan Terbesar di Dunia

Berikut adalah daftar puncak gunung tertinggi di dunia dari permukaan laut:

1. GUNUNG EVEREST, Ketinggian 8.848 M


Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia (jika diukur dari permukaan laut). Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet; puncaknya berada di Tibet.

Gunung ini mendapatkan nama bahasa Inggrisnya dari nama Sir George Everest. Nama ini diberikan oleh Sir Andrew Waugh, surveyor-general India berkebangsaan Inggris, penerus Everest. Puncak Everest merupakan salah satu dari tujuh puncak di dunia.

2. GUNUNG K2 (CHOGORI), Ketinggian 8.611 M


K2 adalah gunung tertinggi ke-2 di dunia. Terletak di perbatasan antara Pakistan dan Republik Rakyat Tiongkok di wilayah Gilgit–Baltistan di utara Pakistan, dan di wilayah otonomi Tajik Taskhurgan di Xinjiang, Tiongkok. Tinggi Gunung ini mencapai 8,611 meter (28,251 kaki). K2 adalah puncak tertinggi di pegunungan Karakoram dan juga di Pakistan dan Xinjiang.

3. GUNUNG KANGCHENGJUNGA, Ketinggian 8.586 M


Kangchenjunga adalah gunung tertinggi ke-3 di dunia setelah Gunung Everest dan Chogori) dengan ketinggian 8.586 meter (28.169 kaki). Gunung ini juga adalah gunung tertinggi ke-2 di Nepal. Kangchenjunga berarti "Lima Harta Karun Salju, karena ia terdiri dari 5 puncak, empat diantaranya mencapai lebih dari 8.450 meter.

4. GUNUNG LHOTSE, Ketinggian 8.516 M


Lhotse merupakan sebuah gunung di Nepal dan RRC. Gunung ini terletak di bagian utara di negara itu. Gunung ini memiliki ketinggian 8.516 m (27.940 kaki) dan merupakan gunung terbesar keempat di dunia dan merupakan salah satu puncak yang membentuk kelompok dari Gunung Everest.

5. GUNUNG MAKALU, Ketinggian 8.485 M


Makalu adalah gunung tertinggi kelima di dunia dengan ketinggian 8485 km (27.838 kaki). Gunung ini terletak 19 km (12 mil) tenggara Mount Everest, di perbatasan antara Nepal dan Tiongkok. Ia termasuk salah satu dari 14 gunung yang termasuk kategori delapan ribuan. Makalu adalah puncak terisolasi yang bentuknya piramida empat sisi.

6. GUNUNG CHO OYU, Ketinggian 8.204 M


Gunung Cho Oyu ialah gunung keenam tertinggi di dunia. Ketinggiannya 8,204 meter. Gunung Cho Oyu terletak di Himalaya, 20 km di barat Gunung Everest, di sempadan di antara negara Chinadan Nepal.

7. GUNUNG DHAULAGIRI, Ketinggian 8.167 M


Gunung Dhaulagiri adalah sebuah Gunung yang terletak di negara Nepal yang memiliki ketinggian 8.167 meter, atau setara dengan 25135 kaki.  Dataran tinggi berbentuk Gunung yang bernama Gunung Dhaulagiri IV ini berada di wilayah Asia.

8. GUNUNG MANASLU, Ketinggian 8.163 M


Manaslu adalah gunung tertinggi ke-8 di dunia, terletak di Mansiri Himal, bagian dari pegunungan Himalaya, Nepal. Manaslu adalah puncak tertinggi di Gurkhadan terletak sekitar empat puluh mil sebelah timur Annapurna, gunung tertinggi ke-10. Gunung ini pertama kali didaki tanggal 9 Mei 1956 oleh Toshio Imanishi dan Gyalzen Norbu, anggota ekspedisi Jepang.

9. GUNUNG NANGA PARBAT, Ketinggian 8.126 M


Nanga Parbat merupakan sebuah gunung di Pakistan. Gunung ini terletak di bagian utara di negara itu. Gunung ini memiliki ketinggian 8.126 m (26.660 kaki) dan merupakan gunung terbesar kesembilan di dunia.

Dalam tingkat kesulitan, medan gunung Nanga Parbat disebut sama beratnya dengan K2. Sulitnya medan pada gunung ini membuat ia mendapat julukan “The Man Eater”. Orang pertama yang mendaki di gunung ini ialah Hermann Buhl pada 3 Juli 1953.

10. GUNUNG ANNAPURNA, Ketinggian 8.091


Annapurna adalah salah satu gunung tertinggi di dunia yang berada di Pegunungan Himalaya. Gunung ini memiliki delapan buah puncak, yang tertinggi adalah satu di antara tiga puncak yang dimiliki Annapurna I.

Annapurna I memiliki tiga puncak yang disebut dengan:

- Puncak utama Annapurna I tinggi 8.091 mdpl
- Puncak tengah Annapurna I tinggi 8,051 mdpl
- Puncak timur Annapurna I tinggi 8,010 mdpl.

Itulah daftar gunung terbesar dan tertinggi di Dunia, Semoga menambah wawasan dan bermanfaat untuk kita.

Sumber : WIKIPEDIA

Belum ada Komentar untuk "Inilah Daftar Gunung Tertinggi dan Terbesar di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel