Saturday, February 3, 2018

Daftar Gunung Tertinggi dan Terbesar di Benua Asia

Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya.

Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal. Beberapa otoritas mendefinisikan gunung dengan puncak lebih dari besaran tertentu; misalnya, Encyclopædia Britannica membutuhkan ketinggian 2000 kaki (610 m) agar bisa didefinisikan sebagai gunung.

Sebuah gunung biasanya terbentuk dari gerakan tektonik lempeng, gerakan orogenikatau gerakan epeirogenik. Pegununganmerupakan kumpulan atau barisan gunung.

Berikut ini adalah daftar Gunung Tertinggi dan Terbesar di Benua Asia :

1. GUNUNG EVEREST, Ketinggian 8.848 M


Lokasi : Nepal


Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia (jika diukur dari permukaan laut). Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet; puncaknya berada di Tibet.

Gunung ini mendapatkan nama bahasa Inggrisnya dari nama Sir George Everest. Nama ini diberikan oleh Sir Andrew Waugh, surveyor-general India berkebangsaan Inggris, penerus Everest. Puncak Everest merupakan salah satu dari tujuh puncak di dunia.

2. GUNUNG K2 (CHOGORI), Ketinggian 8.611 M


Lokasi : Pakistan, RRT

K2 adalah gunung tertinggi ke-2 di dunia. Terletak di perbatasan antara Pakistan dan Republik Rakyat Tiongkok di wilayah Gilgit–Baltistan di utara Pakistan, dan di wilayah otonomi Tajik Taskhurgan di Xinjiang, Tiongkok. 

Tinggi Gunung ini mencapai 8,611 meter (28,251 kaki). K2 adalah puncak tertinggi di pegunungan Karakoram dan juga di Pakistan dan Xinjiang.


3. GUNUNG KANGCHENGJUNGA, Ketinggian 8.586 M


LOKASI : Nepal

Kangchenjunga adalah gunung tertinggi ke-3 di dunia setelah Gunung Everest dan Chogori) dengan ketinggian 8.586 meter (28.169 kaki). 

Gunung ini juga adalah gunung tertinggi ke-2 di Nepal. Kangchenjunga berarti "Lima Harta Karun Salju, karena ia terdiri dari 5 puncak, empat diantaranya mencapai lebih dari 8.450 meter.

4. GUNUNG LHOTSE, Ketinggian 8.516 M


LOKASI : Nepal, RRC

Lhotse merupakan sebuah gunung di Nepal dan RRC. Gunung ini terletak di bagian utara di negara itu. Gunung ini memiliki ketinggian 8.516 m (27.940 kaki) dan merupakan gunung terbesar keempat di dunia dan merupakan salah satu puncak yang membentuk kelompok dari Gunung Everest.

5. GUNUNG MAKALU, Ketinggian 8.485 M


LOKASI : Nepal, RRT

Makalu adalah gunung tertinggi kelima di dunia dengan ketinggian 8485 km (27.838 kaki). Gunung ini terletak 19 km (12 mil) tenggara Mount Everest, di perbatasan antara Nepal dan Tiongkok. 

Ia termasuk salah satu dari 14 gunung yang termasuk kategori delapan ribuan. Makalu adalah puncak terisolasi yang bentuknya piramida empat sisi.

6. Gunung Hkakabo Razi - 5.881 MDPL


Lokasi : Manymar
Hkakabo Razi merupakan gunung yang tertinggi di Asia Tenggara, gunung ini memiliki ketinggian 5881 meter. Gunung ini berada di utara Myanmar tepatnya di negara bagian Kachin dan merupakan bagian dari Taman Nasional Hkakabo Razi sejak tahun 1998.

Didaki pertama kali pada tanggal 15 September 1996 oleh Pendaki pertama yang mencapai puncak gunung ini adalah seorang pendaki asal Jepang bernama Takashi Ozaki dan pendaki Myanmar, Nyima Gyaltsen. 

7. Gunung Kazbek - 5.047 MDPL


Lokasi : Georgia
Ketinggian : 5.047 MDPL
Gunung Kazbek adalah sebuah Gunung yang terletak di negara Georgia yang memiliki ketinggian 5047 MDPL. Dataran tinggi berbentuk Gunung yang bernama Gunung Kazbek ini berada di wilayah Asia. Gunung ini didaki pertama kali pada tahun 1868 oleh Douglas Freshfield, Adolphus Warburton Moore, gunung ini terletak di Jajaran Pegunungan Kaukasus

8. Puncak Jaya - ‎4.884 MDPL


Lokasi : Indonesia
Ketinggian : 4.884 MDPL
Puncak Jaya merupakan sebuah puncak yang menjadi bagian dari Barisan Sudirman yang terdapat di Provinsi Papua, Negara Indonesia. Puncak Jaya mempunyai ketinggian 4.884 MDPL dan di sekitarnya terdapat gletser Carstensz, ini adalah satu-satunya gletser tropika di Indonesia, yang kemungkinan besar segera akan lenyap akibat pemanasan global.
Puncak Jaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia yang memiliki ketinggian relatif 4.884 MDPL yang didaki pertama kali pada tahun 1962 oleh Robert Philip Temple, Anton Colijn. Gunung ini terletak di jajaran pegunungan Barisan Sudirman.

9. Gunung Kinabalu - 4.095 MDPL


Lokasi : Malaysia
Ketinggian : 4.095 MDPL
Gunung Kinabalu merupakan gunung tertinggi ke 6 di Asia yang terletak di Sabah, Negara Malaysia, dengan ketinggian 4,095 mdpl. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Malaysia dan tertinggi kelima di Asia Tenggara. Gunung ini pertama didaki pada bulan Maret 1851 oleh Hugh Lowhu gunung ini masuk ke jajaran pegunungan Banjaran Crocker. 

10. Gunung Fuji - 3.776 MDPL


Lokasi : Jepang
Ketinggian : 3.776 MDPL
Gunung Fuji adalah gunung tertinggi di Jepang, sekaligus gunung tertinggi di Asia yang memiliki ketinggian 3.776 MDPL yang terletak di perbatasan Prefektur Shizuoka dan Yamanashi, di sebelahnya barat Tokyo.  Gunung ini meletus dasyat pada 16 Desember 1707  dan Didaki pertama kali tahun 663 Masehi.

Itulah beberapa daftar Gunung Tertinggi dan Terbesar di Asia.

Berkomentarlah Dengan baik dan sopan agar tidak terjadi hal-hal yang membuat orang lain gagal paham
EmoticonEmoticon