Kehidupan Manusia di Alam Barzah (Kubur) sebelum ke Alam Akhirat

Setiap mahluk yang bernyawa pasti akan mengalami kematian , begitupun manusia. Sesungguhnya kehidupan di dunia ini adalah fana dan kehidupan yang kekal dan sesungguhnya yaitu kehidupan di akhirat. Hidup di akhirat dengan penuh kebahagiaan atau kesengsaraan , hal ini semua tergantung dengan amal ibadah kita selama di dunia.

PERISTIWA DI ALAM BARZAH ATAU ALAM KUBUR


Kematian adalah suatu hal atau hakikat manusia yang tidak dapat di rubah ataupun dihindari . Dan hanya Allah swt yang tahu kapan kita akan meninggal . Karena kita telah mengetahui bahwa kematian adalah suatu hakikat yang melekat dalam diri kita , serta tidak dapat dihindari maka mulai dari sekarang mari kita persiapkanlah bekal , yaitu dengan cara memperbanyak amal baik dan menjauhkan diri dari amalan – amalan buruk yang dapat memberatkan kita kelak di akhirat .

Rasulullah saw telah memberi sebuah gambaran tentang peristiwa – peristiwa yang akan terjadi di alam kubur . Hal ini bertujuan supaya kita dalam menjalani hidup ini menjadi lebih baik serta menjadi pribadi yang taat kepada Allah swt , serta kita menjadi lebih waspada dalam menjalani kehidupan di dunia ini .

Peristiwa yang akan terjadi di alam kubur yaitu :

1. Alam kubur sangat menakutkan

Disimpulkan bahwa alam kubur adalah persinggahan awal atau tempat awal dari persinggahan – persinggahan di akhirat . Dan apabila seseorang selamat dan lolos uji di alam kubur maka selanjutnyapun akan mudah dan selamat serta dipermudah untuk menuju alam akhirat.

Namun sebaliknya jika di alam kubur telah mengalami kesusahan maka selanjutnya dalam menuju akhiratpun akan mengalami kesusahan yang lebih berat . Dan Rasulullah saw juga mengatakan bahwasannya alam kubur adalah suatu pemandangan yang sangat menakutkan dibanding pemandangan yang lainnya .

2. Alam Kubur Sangatlah Gelap

Alam kubur sangat gelap tidak ada cahaya lampu dan tidak ada listrik seperti yang ada di dunia ini . Namun jika seseorang rajin shalat maka kuburannya akan terang dan tidak akan merasa kegelapan karena amalan shalatlah yang akan menerangi kita di alam kubur .

3. Alam Kubur Menghimpit manusia

Setelah seseorang mengalami kematian , dan ia telah masuk kedalam kuburan . Maka alam kbur akan menghimpit serta menjempit orang tersebut , dan tidak ada yang dapat terhindar dari himpitan tersebut .Bahkan anak kecil juga akan terhimpit , karena himpitan kubur akan menimpa semua orang .

3. Ujian Dalam Kubur

Ujian dalam kubur yaitu pertanyaan – pertanyaan yang dikeluarkan oleh dua malaikat yaitu malaikat munkar dan nakir yang tugasnya untuk memberi pertanyaan kepada manusia yang telah meninggal atau mayat .

Jadi , dapat kita simpulkan bahwasannya bukan hanya orang mukmin aja yang akan mendapatkan fitnah kubur atau mendapatkan pertanyaan – pertanyaan di alam kubur melainkan semua mahluk yang meninggal dunia akan mengalami tahapan ini . Jadi , mari kita perbanyak amal shalih dan jangan tinggalkan shalat lima waktu karena sesungguhnya cuma amal ibadah kita yang akan menolong kita di akhirat dan terutama di alam kubur.

4. Adzab dan Nikmat Kubur

Semua orang yang akan meninggal , akan masuk ke alam kubur dan akan mengalami adzab ataupun nikmat kubur . Dan kita sebagai orang muslim harus wajib mengimani atau mempercayai adanya adzab dan nikmat kubur .

Dari sebagia ulama menyatakan bahwasannya penampakan neraka terdapat di alam kubr , hal ini menunjukkan adanya siksaan di alam kubur .

SEBAB TERJADINYA SIKSA KUBUR

Sebab terjadinya siksa kubur terbagi menjadi dua , yaitu sebab secara umum dan secara lebih rinci .

1. Sebab umum :

Melanggar perintah Allah swt , Menyianyiakan dan menganggap remeh perintah Allah swt .

2. Sebab Secara Lebih Rinci :

1.) Zina.
2.) Berdusta.
3.) Memahami Al-qur’an , namun tidak mengamalkan dalam kehidupan sehari – hari .
4.) Riba
5.) Namimah
6.) Tidak menutup diri ketika buang  hajat .
7.) Mengambil harta rampasan perang sebelum dibagi oleh imam atau ketuanya
8.) Mayit yang ditangisi oleh keluarganya , jika mayit tersebut belum melarangnya .

Hal yang dapat menolong kita dari siksa kubur

Ada hal – hal yang dapat dipersiapkan oleh kita supaya ketika di alam kubur kita akan terhindar dari siksa , hal tersebut antara lain :

a. Memperbanyak amal shalih
b. Bertaubat
c. Menjalankan semua perintah Allah swt
d. Berbuat baik kepada orang tua
e. Menyambung tali silaturahim dan melakukan hal – hal kebaikan yang lainnya.

Dan dengan kata lain , di alam kubur terjadi siksa dan nikmat kubur , dan kita harus meyakini hal itu semua .

ORANG YANG TERHINDAR DAN SIKSA KUBUR

Beberapa orang yang ketika di alam kubur akan terhindar dari ujian dan siksa kubur antara lain :

1.  Orang yang meninggal ketika menjaga di jalan Allah 

Hal ini berdasarkan pada sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Fadhalah ibnu Ubaid , sebagai berikut :

Rasulullah Saw bersabda :

Semua amal seseorang akan ditutup saat ia meninggal dunia , kecuali bagi ia yang meninggal dalam keadaan bertugas jaga di jalan Allah swt , amalnya akan terus mengalir hingga hari kiamat dan dia akan aman dari siksa dan fitnah kubur ” ( HR.At-Tirmizi dan Abu Daud )

2. Orang yang meninggal dalam keadaan mati sahid

Di alam kubur semua mahluk akan di uji dalam kubur kecuali orang yang mati sahid , hal ini bedasarkan pada hadist di bawah ini :

an-Nasa’i rahimahullah meriwayatkan dalam Sunan-nya bahwasannya seorang lelaki bertanya kepada Rasulullah saw :

 ” Ya Rasulullah , mengapa kaum Mukmin diuji dalam kubur kecuali seseorang yang mati syahid ? ” Lalu Beliau menjawab: ” Sudah Cukuplah baginya ujian kilatan pedang di atas kepalanya .”  ( Dishahihkan oleh syaikh al-Albani rahimahullah.

3. Seseorang Yang meninggal pada hari Jum’at

Seseorang mukmin yang meninggal pada hari jum’at , maka dia akan terhindar dari fitnah kubur dan Allah swt sendiri lah yang menjaga dirinya dari siksa kubur .

Dalam hadits Abdullah ibn Amru, Rasulullah saw bersabda :

Setiap Muslim yang meninggal pada hari Jum’at akan dijaga oleh Allah dari fitnah kubur . ” ( HR. Ahmad & Tirmidzi ) .

4. Seseorang Yang Meninggl dikarenakan sakit perut

Dalam sebuah hadist dijelaskan bahwasannya orang yang meninggal karena sakit perut , maka dia akan terhindar dari adzab kubur . Seperti yang di jelaskan di bawah ini :

Abdullah bin Yasar Radhiyallahu’anhu berkata :

“Aku pernah duduk bersama Sulaiman bin Shard dan Khalid ibn ‘Urafthah . Mereka menceritakan bahwasannya ada seseorang yang meninggal karena sakit perut. Keduanya ingin menyaksikan jenazahnya. Salah satu dari mereka mengatakan kepada yang lain : “Bukankah Rasulullah saw bersabda :

Orang yang meninggal dunia karena sakit perut, ia  tidak akan diadzab di dalam kubur.” dan  Yang satunya menjawab : “Engkau benar ” . ( HR. an-Nasa’i & Tirmidzi )

Subhanallah . . . .begitu mengerikan gambaran dari pada peristiwa yang akan terjadi di alam kubur . Dan semua orang akan mengalami kematian dan masuk ke dalam alam kubur . Namun yang perlu diingat dari pembahasan di atas , kita jangan takut selama masih diberi kesempatan hidup di dunia . Karena sesungguhnya hidup di dunia ini adalah waktu yang Allah swt berikan untuk kita supaya kita mempersiapkan diri menyiapkan bekal kelak di akhirat dan di alam kubur .

Dan telah dijelaskan, bahwasannya alam kubur adalah alam yang menentukan jika kita telah lolos dari ujian di alam kubur maka selanjutnyapun akan mudah untuk menuju singgahan – singgahan selanjutnya di akhirat.

Wallohua'lam Bisshowab


SUMBER : WAROHMAH.COM

Belum ada Komentar untuk "Kehidupan Manusia di Alam Barzah (Kubur) sebelum ke Alam Akhirat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel