Daftar Gunung Berapi yang masih Aktif di Pulau Jawa, Indonesia

Pulau Jawa memiliki banyak gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Beberapa diantaranya sering dijadikan sebagai tujuan wisata dan pendakian. Namun beberapa di antaranya juga ada yang kurang terkenal atau sangat asing ditelinga kita. Dari sekian gunung yang ada di Jawa, berikut adalah daftar gunung yang masih aktif di pulau Jawa :

1. GUNUNG SEMERU JAWA TIMUR


Gunung ini berada di Jawa Timur memiliki ketinggian 3.676 meter diatas permukaan laut merupakan salah satu gunung paling menantang untuk didaki.

2. GUNUNG KELUD KEDIRI JAWA TIMUR


Gunung Kelud adalah gunung lain yang masih aktif dan berada di perbatasan antara Blitar dan Kediri. Gunung ini memiliki ketinggian 1.731 meter diatas permukaan laut.

3. GUNUNG BROMO JAWA TIMUR


Gunung Bromo adalah gunung yang masih aktif hingga saat ini dan sekaligus gunung yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan karena mudahnya lokasi pendakian. Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.392 meter diatas permukaan laut. Gunung ini berlokasi di 3 kabupaten yaitu, Kabupaten Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang. Salah satu yang menjadi daya tarik wisata di tempat ini adalah puncak Bromo sekaligus kawah yang memiliki diameter 800 meter.

4. GUNUNG MERAPI DI YOGYAKARTA


Gunung Merapi yang ada di Yogyakarta merupakan salah satu ikon wisata Jogja. Gunung ini dikenal karena beberapa kali memuntahkan lahar atau semburan abu. Salah satu yang membuat Gunung ini begitu terkenal adalah karena dahulu, juru kunci Gunung Merapi yang bernama Mbah Marijan. Beliau adalah salah satu juru kunci gunung berapi di Indonesia yang paling eksentrik. Gunung Merapi di Jogja tingginya sekitar 2.914 meter di atas permukaan laut berlokasi di antara Perbatasan Jawa Tengah dan DKI Yogyakarta.

5  GUNUNG KRAKATAU SELAT SUNDA


Pada zaman dahulu, Gunung Krakatau pernah meletus dan menyebabkan ratusan ribu korban jiwa. Bahkan bunyi letusannya terdengar hingga ke Australia. Letusan tersebut terjadi pada tahun 1883. Gunung ini tingginya sekitar 813 meter diatas permukaan laut.

6. GUNUNG TANGKUBAN PERAHU JAWA BARAT

Gunung Tangkuban Perahu yang ada di Bandung juga merupakan satu dari sekian gunung yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.


Gunung ini sendiri sebenarnya sangat terkenal karena adanya legenda rakyat setempat. Legenda tersebut adalah legenda Sangkuriang yang tentu sudah tidak asing di telinga kita.

7. GUNUNG SLAMET JAWA TENGAH


Gunung Slamet (3.428 meter dpl.) adalah sebuah gunung berapi kerucut yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung Slamet terletak di antara 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah serta kedua tertinggi di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru. Kawah IV merupakan kawah yang masih aktif sampai sekarang.

8. GUNUNG RAUNG JAWA TIMUR


Gunung Raung adalah gunung berapi kerucut yang terletak di ujung timur Pulau Jawa, Indonesia. Secara administratif, kawasan gunung ini termasuk dalam wilayah tiga kabupaten di wilayah Besuki, Jawa Timur, yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember.

Laporan mengenai peningkatan aktivitas diberikan sejak tanggal 21 Juni 2015. Satelit Landsat 8 NASA mendeteksi adanya dua lubang magma sehingga diperkirakan tidak akan terjadi letusan besar.

9. GUNUNG IJEN JAWA TIMUR


Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.443 mdpl dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. Gunung Ijen terakhir meletus pada tahun 1999.

10. GUNUNG GALUNGGUNG TASIKMALAYA


Gunung Galunggung merupakan gunung berapi dengan ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut, terletak sekitar 17 km dari pusat kota Tasikmalaya Jawa Barat. Untuk mencapai puncak Galunggung, dibangun sebuah tangga yang memiliki 620 anak tangga. Di wilayah ini terdapat beberapa daya tarik wisata yang ditawarkan antara lain objek wisata dan daya tarik wanawisata dengan areal seluas kurang lebih 120 hektare di bawah pengelolaan Perum Perhutani.


Itulah beberapa daftar gunung berapi aktif yang berada di pulau Jawa, semoga bisa  bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Daftar Gunung Berapi yang masih Aktif di Pulau Jawa, Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel