Social Items

Sulawesi juga dikenal dengan nama Cellebes adalah salah satu pulau dari kelima pulau terbesar di Indonesia, terdiri dari 11 kota yang berstatus kodya (kota madya).
Kota Manado - Kota Besar di Sulawesi

Berikut adalah urutan kota madya terbesar di Pulau Sulawesi :

1. Makassar

Makassar adalah Ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan, Makassar kota terbesar di Indonesia Timur dan kota terbesar kelima di Indonesia. Kota ini juga perna menjadi ibukota Negara Indonesia Timur dan Provinsi Sulawesi. Kota ini tergolong multi etnik dengan beragam suku bangsa yang menetap, suku Makassar dan Bugis merupakan suku yang paling dominan di Makassar sekaligus penduduk asli kota ini. Tujuan wisata di kota ini paling populer adalah Pantai Losari dan Trans Studio Makassar.

Kota Makassar mempunyai Bandara Internasional Sultan Hasanudin merupakan salah satu Bandara termegah di Indonesia diresmikan tanggal 26 september 2008 oleh Presiden SBY. dilengkapi jalan tol dari bandara Hasanudin ke Kota Makassar.

2. Manado

Manado adalah Ibukota Provinsi Sulawesi Utara, Wilayah daratan kota Manado 15.726 hektare garis pantai sepanjang 18,7 km, wilayah perairan kota Manado meliputi pulau Bunaken, siladen, dan manado tua. penduduk asli kota Manado adalah suku Minahasa. Agama Kristen Protestan dikenal sebagai agama terbesar di Manado, namun masyarakat Manado sangat menghargai toleransi beragama. bahasa Manado mempunyai logat yang khas disebut sebagai bahasa melayu Menado.

Taman Nasional Bunaken merupakan taman laut terindah di Dunia letaknya hanya 8 km dari daratan kota Manado. Monumen Yesus memberkati terletak di perumahan Citraland Manado memiliki ketinggian 50 meter diatas permukaan tanah merupakan tertinggi di Asia dan kedua di dunia setelah christ the Redeemer di Rio de Jeneiro Brasil.

3. Palu

Palu adalah ibukota Provinsi Sulawesi Tengah, berada tepat di bawah garis khatulistiwa. berawal dari kota kecil pusat Kerajaan Palu hingga menjadi kota administrasi pada tahun 1978.terdapat pula Jembatan Kuning yang melengkung pertama di Indonesia dan salah satu dari ketiga jembatan lengkung di Dunia yakni di Jepang, Perancis, dan Kota palu.

Suku kaili merupakan suku asli kota Palu, masyarakat palu sangat heterogen penduduk lainnya yang menetap di kota ini berasal dari berbagai macam suku bangsa. Dataran kota palu dikelilingi oleh pegunungan dan pantai. Pantai talise merupakan wisata populer di kota Palu, wisata lainnya salah satunya adalah Gong perdamaian tepat berada di bukit Jabal Nur Palu.

4. Kendari

Kendari adalah ibukota provinsi Sulawesi Tenggara, berawal dari ibukota Kerajaan Laiwoi Kendari dibuka sebagai pelabuhan perdagangan di teluk Kendari oleh pemerintah Belanda kemudian menjadikan kota Kendari menjadi kota perdagangan dan kota pelabuhan. Seiring perkembangan Nusantara, kota Kendari berkembang menjadi ibukota Provinsi.

Mayoritas penduduk Kota Kendari beragama Islam dan dihuni oleh masyarakat suku Tolaki, Muna, Buton, dan Bugis. Suku Tolaki sebagai penduduk asli Kota Kendari. Kebudayaan kendari juga berasal dari kebudayaan suku Tolaki, masyarakat Kendari juga terkenal sebagai pengrajin perak yang handal dan kerajinan kayu yang dikenal dengan nama kerajianan gembol. Wisata kota Kendari berada di pantai teluk Kendari dan pantai Nambo sekitar 15 KM dari pusat kota

5. Gorontalo

Gorontalo dalah ibukota provinsi Gorontalo yang sebelumnya merupakan bagian dari Provinsi Sulawesi Utara. Berawal dari kerajaan Gorontalo Merupakan salah satu kota tua di Sulawesi, dan pada saat itu gorontalo menjadi pusat penyebaran agama islam di Indonesia Timur.

 Kota ini memiliki motto “Adat Bersendikan Syara, Syara Bersendikan Kitabullah” sebagai pandangan hidup masyarakat yang memadukan adat dan agama. mayoritas penduduk gorontalo beragama islam dan penduduk aslinya suku gorontalo. objek wisata terkenal di Gorontalo adalah pantai Bolihutuo atau pantai Boalemo berada 100 km sebelah barat kota gorontalo dan benteng danau limboto Otahana merupak objek sejarah peninggalan kolonial Belanda, gedung tua dengan ciri khas arsitektur Eropa tepat berada di barat kota daerah Dembe I yang berjarak 8 km dari pusat kota gorontalo

6. Bitung

Bitung adalah salah satu kota di Sulawesi Utara, kota ini memiliki perkembangan yang cepat karena terdapat pelabuhan laut yang mendorong percepatan pembangunan. Tepat berada di kaki gunung Duasudara dan pulau lembeh.merupakan kota industri khususnya industri perikanan.

Kota Bitung terletak di timur laut tanah Minahasa namun banyak penduduk kota Bitung berasal dari suku Sangir dan sebagian besar penduduknya beragama Kristen Protestan. Pemeluk agama islam kota Bitung sebagian besar berasal dari suku Gorontalo dan jawa. Wisata kota ini adalah Penyelaman di selat lembeh yang tak kalah indah dengan taman nasional laut Bunaken dan Monumen Trikora merupakan sejarah perang Dunia II terletak di batu kubang tepian pulau lembeh.

7. Palopo

Palopo adalah sebuah kota di Provinsi Sulawesi Selatan sebelumnya merupakan ibukota kabupaten Luwu. Kota Palopo ini dulunya bernama Ware yang dikenal dalam Epik La Galigo. Nama Palopo ini diperkirakan mulai digunakan sejak tahun 1604. Sebagian besar suku yang mendiami daerah ini meliputi suku Bugis, Jawa, dan Konjo pesisir sebagian kecil meliputi suku Toraja, Minangkabau, Batak dan Melayu.

Islam agama mayoritas kota Palopo sedangkan Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Budha, dan Kong Hu Cu di anut oleh sebagian kecil. Wisata kota ini adalah Air terjun Latuppa memiliki air terjun hingga tiga tingkat dengan nuansa pegunungan yang sejuk. Wisata lainnya adalah Bukit Sampoddo merupakan lokasi wisata di mana anda dapat menikmati eksotis kota Palopo yang terbingkai dalam 3 Dimensi yakni nuansa pegunungan, daratan, dan daerah pesisir dengan sekali pandang.

8. Baubau

Baubau adalah sebuah pemerintahan kota di pulau Buton Sulawesi Tenggara. Pada awalnya Baubau merupakan pusat kerajaan Buton (Wolio) yang berdiri pada awal abad ke-15, dikenal dengan nama bumi seribu benteng. mayoritas Penduduk kota baubau berasal suku buton sekaligus penduduk asli kota Baubau dan dimasa sekarang kota baubau sudah dihuni hampir semua suku¬-suku di Indonesia.

Wisata utama kota Baubau adalah wisata sejarah dari kesultanan Buton salah satunya Benteng Keraton Buton dan wisata lainnya wisata alam berupa pantai, air terjun, gua, dan permandian alam Bungi.

9. Parepare

Parepare adalah sebuah kota di provinsi sulawesi selatan. Terletak sebelah utara kota Makassar dan teluk yang menghadap ke selat Makassar, kota yang pernah melahirkan Salah satu putra terbaik Indonesia yang lahir di kota ini adalah B.J. Habibie, Presiden ke-3 Indonesia.

Sebagian besar Penduduk Kota Parepare terdiri dari etnis Bugis, Makassar, Mandar, dan Tionghoa. Wisata pantai yang sering dijadikan pusat rekreasi oleh masyarakat Parepare adalah pantai Lumpue wisata lainnya adalah kebun raya jompie tahun 2010 lalu kebun jompie mendapat penghargaan sebagai hutan kota terbaik keenam di Indonesia.

10. Kotamobagu

Kotamobagu adalah salah satu kota di Sulawesi Utara yang sebelumnya merupakan ibukota kabupaten Bolang Mongondow. Kotamobagu terbentuk saat pindahnya ibukota kabupaten bolang mongondow dari salah satu tempat di bawah kaki Gunung sia dengan nama kotabaru yang kurang strategis sebagai tempat kedudukan Controleur, maka diusahakan pemindahan ke Kotamobagu dan pada saat itu juga didirikannya rumah sakit di Kotamobagu. suku Mongondow merupakan Penduduk asli Kotamobagu . wisata alam Kotamobagu berada di desa kobo kecil terdapat 4 air terjun dan 2 goa alam letaknya sekitar 7 Km dari pusat kota Kotamobagu.

11. Tomohon

Tomohon adalah salah satu kota di Sulawesi Utara sebelumnya merupakan salah satu kecamatan di kabupaten Minahasa. Tomohon terletak di ketinggian kira-kira 700-800 meter dari permukaan laut (dpl), diapit oleh 2 gunung berapi aktif yaitu gunung lokon dan gunung mahawu. Mayoritas masyarakat tomohon adalah suku tombulu namun terdapat pula suku totemboan yang mendiami ujung utara kota Tomohon dan suku Minahasa maupun suku lainnya di Indonesia. Kedua gunung yang mengapit Tomohon ini menjadikan icon wisata kota ini.

Tomohon mempunyai pasar ter ekstrim di Dunia meskipun begitu sebagian turis lokal dan mancanegara menjadikan sebagai wisata untuk berkunjung ke kota ini, tidak hanya daging sapi, kambing, babi, dan anjing. beberapa hewan yang tak lazim dikozumsi oleh sebagian warga Indonesia namun dijual bebas di pasar tomohon diantaranya daging ular, kelelawar, tikus hutan berekor putih, kucing, hingga monyet yang sudah tergolong langkah.

Itulah beberapa kota terbesar di Pulau Sulawesi, semoga bermanfaat dan menambah wawasan untuk kita semua.

Daftar Kabupaten dan Kota Terbesar di Sulawesi

Sulawesi juga dikenal dengan nama Cellebes adalah salah satu pulau dari kelima pulau terbesar di Indonesia, terdiri dari 11 kota yang berstatus kodya (kota madya).
Kota Manado - Kota Besar di Sulawesi

Berikut adalah urutan kota madya terbesar di Pulau Sulawesi :

1. Makassar

Makassar adalah Ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan, Makassar kota terbesar di Indonesia Timur dan kota terbesar kelima di Indonesia. Kota ini juga perna menjadi ibukota Negara Indonesia Timur dan Provinsi Sulawesi. Kota ini tergolong multi etnik dengan beragam suku bangsa yang menetap, suku Makassar dan Bugis merupakan suku yang paling dominan di Makassar sekaligus penduduk asli kota ini. Tujuan wisata di kota ini paling populer adalah Pantai Losari dan Trans Studio Makassar.

Kota Makassar mempunyai Bandara Internasional Sultan Hasanudin merupakan salah satu Bandara termegah di Indonesia diresmikan tanggal 26 september 2008 oleh Presiden SBY. dilengkapi jalan tol dari bandara Hasanudin ke Kota Makassar.

2. Manado

Manado adalah Ibukota Provinsi Sulawesi Utara, Wilayah daratan kota Manado 15.726 hektare garis pantai sepanjang 18,7 km, wilayah perairan kota Manado meliputi pulau Bunaken, siladen, dan manado tua. penduduk asli kota Manado adalah suku Minahasa. Agama Kristen Protestan dikenal sebagai agama terbesar di Manado, namun masyarakat Manado sangat menghargai toleransi beragama. bahasa Manado mempunyai logat yang khas disebut sebagai bahasa melayu Menado.

Taman Nasional Bunaken merupakan taman laut terindah di Dunia letaknya hanya 8 km dari daratan kota Manado. Monumen Yesus memberkati terletak di perumahan Citraland Manado memiliki ketinggian 50 meter diatas permukaan tanah merupakan tertinggi di Asia dan kedua di dunia setelah christ the Redeemer di Rio de Jeneiro Brasil.

3. Palu

Palu adalah ibukota Provinsi Sulawesi Tengah, berada tepat di bawah garis khatulistiwa. berawal dari kota kecil pusat Kerajaan Palu hingga menjadi kota administrasi pada tahun 1978.terdapat pula Jembatan Kuning yang melengkung pertama di Indonesia dan salah satu dari ketiga jembatan lengkung di Dunia yakni di Jepang, Perancis, dan Kota palu.

Suku kaili merupakan suku asli kota Palu, masyarakat palu sangat heterogen penduduk lainnya yang menetap di kota ini berasal dari berbagai macam suku bangsa. Dataran kota palu dikelilingi oleh pegunungan dan pantai. Pantai talise merupakan wisata populer di kota Palu, wisata lainnya salah satunya adalah Gong perdamaian tepat berada di bukit Jabal Nur Palu.

4. Kendari

Kendari adalah ibukota provinsi Sulawesi Tenggara, berawal dari ibukota Kerajaan Laiwoi Kendari dibuka sebagai pelabuhan perdagangan di teluk Kendari oleh pemerintah Belanda kemudian menjadikan kota Kendari menjadi kota perdagangan dan kota pelabuhan. Seiring perkembangan Nusantara, kota Kendari berkembang menjadi ibukota Provinsi.

Mayoritas penduduk Kota Kendari beragama Islam dan dihuni oleh masyarakat suku Tolaki, Muna, Buton, dan Bugis. Suku Tolaki sebagai penduduk asli Kota Kendari. Kebudayaan kendari juga berasal dari kebudayaan suku Tolaki, masyarakat Kendari juga terkenal sebagai pengrajin perak yang handal dan kerajinan kayu yang dikenal dengan nama kerajianan gembol. Wisata kota Kendari berada di pantai teluk Kendari dan pantai Nambo sekitar 15 KM dari pusat kota

5. Gorontalo

Gorontalo dalah ibukota provinsi Gorontalo yang sebelumnya merupakan bagian dari Provinsi Sulawesi Utara. Berawal dari kerajaan Gorontalo Merupakan salah satu kota tua di Sulawesi, dan pada saat itu gorontalo menjadi pusat penyebaran agama islam di Indonesia Timur.

 Kota ini memiliki motto “Adat Bersendikan Syara, Syara Bersendikan Kitabullah” sebagai pandangan hidup masyarakat yang memadukan adat dan agama. mayoritas penduduk gorontalo beragama islam dan penduduk aslinya suku gorontalo. objek wisata terkenal di Gorontalo adalah pantai Bolihutuo atau pantai Boalemo berada 100 km sebelah barat kota gorontalo dan benteng danau limboto Otahana merupak objek sejarah peninggalan kolonial Belanda, gedung tua dengan ciri khas arsitektur Eropa tepat berada di barat kota daerah Dembe I yang berjarak 8 km dari pusat kota gorontalo

6. Bitung

Bitung adalah salah satu kota di Sulawesi Utara, kota ini memiliki perkembangan yang cepat karena terdapat pelabuhan laut yang mendorong percepatan pembangunan. Tepat berada di kaki gunung Duasudara dan pulau lembeh.merupakan kota industri khususnya industri perikanan.

Kota Bitung terletak di timur laut tanah Minahasa namun banyak penduduk kota Bitung berasal dari suku Sangir dan sebagian besar penduduknya beragama Kristen Protestan. Pemeluk agama islam kota Bitung sebagian besar berasal dari suku Gorontalo dan jawa. Wisata kota ini adalah Penyelaman di selat lembeh yang tak kalah indah dengan taman nasional laut Bunaken dan Monumen Trikora merupakan sejarah perang Dunia II terletak di batu kubang tepian pulau lembeh.

7. Palopo

Palopo adalah sebuah kota di Provinsi Sulawesi Selatan sebelumnya merupakan ibukota kabupaten Luwu. Kota Palopo ini dulunya bernama Ware yang dikenal dalam Epik La Galigo. Nama Palopo ini diperkirakan mulai digunakan sejak tahun 1604. Sebagian besar suku yang mendiami daerah ini meliputi suku Bugis, Jawa, dan Konjo pesisir sebagian kecil meliputi suku Toraja, Minangkabau, Batak dan Melayu.

Islam agama mayoritas kota Palopo sedangkan Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Budha, dan Kong Hu Cu di anut oleh sebagian kecil. Wisata kota ini adalah Air terjun Latuppa memiliki air terjun hingga tiga tingkat dengan nuansa pegunungan yang sejuk. Wisata lainnya adalah Bukit Sampoddo merupakan lokasi wisata di mana anda dapat menikmati eksotis kota Palopo yang terbingkai dalam 3 Dimensi yakni nuansa pegunungan, daratan, dan daerah pesisir dengan sekali pandang.

8. Baubau

Baubau adalah sebuah pemerintahan kota di pulau Buton Sulawesi Tenggara. Pada awalnya Baubau merupakan pusat kerajaan Buton (Wolio) yang berdiri pada awal abad ke-15, dikenal dengan nama bumi seribu benteng. mayoritas Penduduk kota baubau berasal suku buton sekaligus penduduk asli kota Baubau dan dimasa sekarang kota baubau sudah dihuni hampir semua suku¬-suku di Indonesia.

Wisata utama kota Baubau adalah wisata sejarah dari kesultanan Buton salah satunya Benteng Keraton Buton dan wisata lainnya wisata alam berupa pantai, air terjun, gua, dan permandian alam Bungi.

9. Parepare

Parepare adalah sebuah kota di provinsi sulawesi selatan. Terletak sebelah utara kota Makassar dan teluk yang menghadap ke selat Makassar, kota yang pernah melahirkan Salah satu putra terbaik Indonesia yang lahir di kota ini adalah B.J. Habibie, Presiden ke-3 Indonesia.

Sebagian besar Penduduk Kota Parepare terdiri dari etnis Bugis, Makassar, Mandar, dan Tionghoa. Wisata pantai yang sering dijadikan pusat rekreasi oleh masyarakat Parepare adalah pantai Lumpue wisata lainnya adalah kebun raya jompie tahun 2010 lalu kebun jompie mendapat penghargaan sebagai hutan kota terbaik keenam di Indonesia.

10. Kotamobagu

Kotamobagu adalah salah satu kota di Sulawesi Utara yang sebelumnya merupakan ibukota kabupaten Bolang Mongondow. Kotamobagu terbentuk saat pindahnya ibukota kabupaten bolang mongondow dari salah satu tempat di bawah kaki Gunung sia dengan nama kotabaru yang kurang strategis sebagai tempat kedudukan Controleur, maka diusahakan pemindahan ke Kotamobagu dan pada saat itu juga didirikannya rumah sakit di Kotamobagu. suku Mongondow merupakan Penduduk asli Kotamobagu . wisata alam Kotamobagu berada di desa kobo kecil terdapat 4 air terjun dan 2 goa alam letaknya sekitar 7 Km dari pusat kota Kotamobagu.

11. Tomohon

Tomohon adalah salah satu kota di Sulawesi Utara sebelumnya merupakan salah satu kecamatan di kabupaten Minahasa. Tomohon terletak di ketinggian kira-kira 700-800 meter dari permukaan laut (dpl), diapit oleh 2 gunung berapi aktif yaitu gunung lokon dan gunung mahawu. Mayoritas masyarakat tomohon adalah suku tombulu namun terdapat pula suku totemboan yang mendiami ujung utara kota Tomohon dan suku Minahasa maupun suku lainnya di Indonesia. Kedua gunung yang mengapit Tomohon ini menjadikan icon wisata kota ini.

Tomohon mempunyai pasar ter ekstrim di Dunia meskipun begitu sebagian turis lokal dan mancanegara menjadikan sebagai wisata untuk berkunjung ke kota ini, tidak hanya daging sapi, kambing, babi, dan anjing. beberapa hewan yang tak lazim dikozumsi oleh sebagian warga Indonesia namun dijual bebas di pasar tomohon diantaranya daging ular, kelelawar, tikus hutan berekor putih, kucing, hingga monyet yang sudah tergolong langkah.

Itulah beberapa kota terbesar di Pulau Sulawesi, semoga bermanfaat dan menambah wawasan untuk kita semua.

No comments

Berkomentarlah Dengan baik dan sopan agar tidak terjadi hal-hal yang membuat orang lain gagal paham