Daftar Kota Terbesar dan Maju di Seluruh Indonesia

Daftar Kota Terbesar di Indonesia yang sering dikunjungi karena untuk Bisnis, Pariwisata, Pendidikan dan lain-lain.
Berikut Ulasannya :

JAKARTA


Jakarta merupakan kota metropolitan terbesar di Indonesia sekaligus menjadi ibukota Republik Indonesia. Kota ini satu-satunya kota di Indonesia yang mempunyai status setingkat provinsi.

Kota ini juga sebagai tempat kedudukan lembaga-lembaga pemerintahan dan kantor kesekretariatan ASEAN. Jakarta mempunyai dua bandara udara, yaitu Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma, serta memiliki satu pelabuhan laut di Tanjung Priok.

Jakarta adalah salah satu kota di Indonesia dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat. Perekonomian di kota ini ditunjang oleh sektor perdagangan, jasa, properti, industri kreatif, dan keuangan.

Sebagai salah satu kota mertopolitan di Indonesia, Jakarta telah mempunyai infrastruktur penunjang berupa jalan, telekomunikasi, listrik, gas, air bersih, bandara. pelabuhan, dan serat optik.

 SURABAYA


Surabaya adalah kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Surabaya terkenal dengan sebutan “Kota Pahlawan”, selain itu kota ini merupakan ibukota dari provinsi Jawa Timur.

Surabaya terkenal sebagai “Kota Pahlawan” karena perjuangan rakyat Surabaya untuk mempertahankankan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 10 November 1945.

Kota Surabaya juga merupakan pusat perdagangan, industri, bisnis, dan pendidikan di Jawa Timur. Surabaya memiliki sebuah bandara udara, yaitu Bandara Internasional Juanda serta memiliki dua pelabuhan, yaitu Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Ujung.

Letak Kota Surabaya sangat strategis, yaitu terletak di tengah-tengah wilayah Indonesia. Hal ini menjadikan Kota Surabaya sebagai salah satu jalur perdagangan di Asia Tenggara yang sangat penting.

Surabaya merupakan kawasan yang paling pesat dalam pembangunan perekonomiannya dan salah satu kota termaju di Indonesia. Industri-industri yang berkembang di Surabaya antara lain galangan kapal, alat berat, pengolahan makanan, elektronik, kerjainan tangan, serta perabotan rumah tangga.

Penghargaan Internasional yang Pernah di Raih :

- Japan Housing Associations
- IYSH Matsushita Award (1988)
- UNEP Award (1990)
- UNCED Local Government Honour Programme (1922)
-The World Habitat Award (1992)
-Citynet Kategori Kota Partisipasi Terbaik Se-Asia Pacifik (2012)
- Asian Townscape Sector Award (2013)
- Future Gov Award (2013)
- Socrates Award Kategori City of The Future (2014)

 MEDAN

Kota Medan merupakan ibukota provinsi Sumatera Utara dan salah satu kota terbesar di luar pulau Jawa. Kota Medan termasuk kota metropolitan ketiga di Indonesia. Kota ini adalah pintu gerbang perdagangan di wilayah Indonesia Barat.

Kota Medan memiliki banyak bangunan tua dengan arsitektur Belanda, yang menjadikan kota ini banyak dikunjungi oleh wisatawan-wisatawan daerah maupun luar daerah.

Sebagai kota metropolitan, Medan menjadi salah satu kota yang memiliki pertumbuhan perekonomian terpesat. Medan memiliki satu bandara udara, yaitu Bandara Internasional Kuala Namu dan memiliki satu pelabuhan laut, yaitu Pelabuhan Belawan yang merupakan pelabuhan tersibuk di luar pulau Jawa.

 BALIKPAPAN

Balikpapan merupakan kota paling maju di Kalimantan. Kota ini di nobatkan sebagai kota paling dicintai sedunia, dari 47 kota di Dunia lainnya seperti Seoul, Paris, dan Vancouver versi WWF lewat program We Love Cities di tahun 2015.

Balikpapan juga menyandang kota dengan tingkat kualitas kenyamanan terbaik di Indonesia. Karena itulah perkembangan di Kota Balikpapan ini sangat pesat.

Kota Balikpapan terkenal dengan sebutan “Kota Minyak” karena kota ini memiliki aset kekayaan alam yang begitu besar seperti pertambangan, laut, dan hutannya.

Kota Balikpapan memiliki satu bandara udara, yaitu Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman yang merupakan salah satu bandara terbaik di Indonesia. Dan memiliki dua pelabuhan, yaitu pelabuhan semayang dan pelabuhan ferry.

Beberapa penghargaan seperti Kota Terbersih Se-Asia Tenggara, Kota Paling Tertib Se-Indonesia, hingga sebagai Kota Adipura sebanyak 17 kali. Kota ini juga menyandang sebagai kota cerdas “Smart City” di dukung dengan pengelolaan sistem kerja pemerintahan yang baik “Good Governance”.

 MALANG

Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Kota Malang berada di kawasan dataran tinggi sehingga suasana di kota ini sangat dingin.

Malang juga dikenal sebagai kota pelajar. Karena kota ini memiliki banyak universitas dan politeknik negeri maupun swasta yang terkenal dan terkemuka di Indonesia. Sehingga menjadi kota favorite bagi pelajar untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.

Perekonomian di kota ini ditunjang oleh berbagai sektor seperti industri, perdagangan, jasa, dan pariwisata. Di bidang pariwisata, suhu kota Malang yang sangat dingin membuat wisatawan baik domestik maupun mancanegara tertarik untuk mengunjungi kota ini.


 DENPASAR

Kota Denpasar merupakan ibukota dari provinsi Bali yang menjadi destinasi pariwisata populer di Indonesia. Pariwisata di Bali mendorong kota ini menjadi pusat kegiatan bisnis dan memiliki pendapatan per kapita tertinggi di Provinsi Bali.

Perekonomian di kota Denpasar sangat dipengaruhi oleh pembangunan pariwisatanya. Selain itu perekonomian kota ini di dongkrak oleh produksi kerajinan tangan masyarakatnya.

Kebijakan pengembangan pariwisata di kota ini menitik beratkan pada pariwisata budaya yang berwawasan lingkungan. Pantai Sanur adalah pantai yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Selain itu, Lapangan Puputan merupakan kawasan ruang terbuka hijau sekaligus berfungsi sebagai paru-paru kota di Denpasar.

 JOGJAKARTA

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan kota yang setara dengan tingkat provinsi ke 2 setelah Jakarta. Kota ini juga memiliki keunggulan khususnya dalam hal pariwisata dan pendidikan.

Yogyakarta menjadi destinasi tempat wisata kedua setelah Bali. Di Yogyakarta banyak terdapat wisata candi, wisata pantai, wisata goa, dan wisata alam.

Yogyakarta juga menjadi kota favorite bagi pelajar untuk menuntut ilmu. Karena di kota ini banyak berdiri universitas dan politeknik baik negeri maupun swasta yang terkenal di Indonesia.

Roda perekonomian di Daerah Istimewa Yogyakarta sangat dipengaruhi oleh sektor perindustrian, perdagangan, dan pariwisata.

Yogyakarta memiliki satu bandara udara, yaitu Bandara Internasional Adisutjipto. Mudahnya transportasi di kota ini, menjadikan kota ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

PALEMBANG

Palembang merupakan ibukota provinsi Sumatera Selatan. Palembang adalah kota terbesar kedua setelah Medan di Pulau Sumatera. Kota Palembang juga dianggap sebagai salah satu pusat dari Kerajaan Sriwijaya.

Kota Palembang mempunyai destinasi wisata yang enggak kalah bagusnya dengan kota-kota lainnya. Beberapa objek wisata di Kota Palembang antara lain Sungai Musi, Jembatan Ampera, Hutan Punti Kayu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Makanan khas Palembang yang terkenal adalah Pempek Palembang, yaitu makanan dengan bahan dasar utama daging ikan dan sagu.

Kota Palembang mempunyai satu bandara udara, yaitu Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II dan memiliki tiga pelabuhan laut utama, yaitu Pelabuhan Boom Baru, Pelabuhan Tanjung Api Api, dan Pelabuhan 36 Ilir .

 MAKASSAR

Kota Makassar merupakan ibukota dari provinsi Sulawesi Selatan dan memiliki julukan kota “Ujung Pandang”. Kota ini juga merupakan kota Internasional terbesar di kawasan Indonesia Timur.

Infrastruktur dan pembangunan yang modern menjadikan kota ini sebagai kota metropolitan di Indonesia. Pertumbuhan perekonomian di Kota Makassar tergolong paling pesat di Indonesia.

Selain itu Makassar memiliki tempat wisata yang tidak kalah bagusnya dengan kota-kota lain. Salah satu objek wisata di kota ini adalah Pantai Losari dan Benteng Fort Rotterdam.

Makassar memiliki satu bandara udara, yaitu Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dan memiliki satu pelabuhan laut, yaitu Pelabuhan Soekarno-Hatta.

BANDUNG

Bandung merupakan salah satu kota metropolitan terbesar di Jawa Barat dan menjadi ibukota provinsi tersebut. Sebutan lain untuk Kota Bandung adalah kota kembang, bahkan Bandung disebut sebagai “Paris of Java”

Perekonomian di Bandung sangat dipengaruhi sektor perdagangan dan jasa. Selain itu Bandung mempunyai peninggalan sejarah yang menjadi objek wisata di kota ini. Salah satunya adalah Gedung State yang merupakan bangunan lama dengan arsitektur Belanda.

Kota Bandung juga menjadi tujuan pendidikan bagi pelajar di Indonesia. Kota ini memiliki universitas dan politeknik baik negeri maupun swasta yang terkenal di Indonesia.

Bandung juga memiliki satu bandara udara, yaitu Bandara Husein Sastranegara.

TANGERANG

Tangerang terkenal dengan sebutan “Kota Benteng”. Tangerang merupakan pusat industri dan manufaktur di Pulau Jawa dan memiliki kurang lebih 1000 pabrik.

Tangerang juga memiliki banyak pusat perbelanjaan. Mulai dari barang yang kelas bawah sampai kelas atas. Dalam beberapa tahun belakangan ini perluasan urban Jakarta meliputi Tangerang, dan menyebabkan banyak penduduk yang berkomuter ke Jakarta untuk kerja.

Sebagai kota permukiman kaum urban, Tangerang mempunyai banyak pusat perbelanjaan, baik itu pasar tradisional maupun pusat perbelanjaan yang mewah.

Kota ini juga pernah meraih penghargaan Asean Environmentally Sustainable City Award Kategori Udara Bersih Tingkat ASEAN pada tahun 2014.

MANADO

Manado merupakan ibukota dari provinsi Sulawesi Utara. Kota ini dikelilingi oleh pegunungan dan merupakan kota terbesar kedua setelah Makassar di Pulau Sulawesi.

Perekonomian di Kota Manado dipengaruhi oleh sektor perdagangan, jasa, dan pariwisata. Pariwisata di kota ini sangat berpengaruh sekali terhadap perekonomiannya. Dalam kurun waktu terakhir, kegiatan pariwisata di Manado berkembang dengan pesat.

Objek wisata Kota Manado yang sangat terkenal adalah Kelenteng Ban dan Hin Kiong. Kota ini memiliki satu bandara udara, yaitu Bandara Udara Sam Ratulangi.

BATAM

Kota Batam terletak di provinsi Kepulauan Riau. Kota Batam sendiri berada di Pulau Batam dan sangat dekat dengan Negara Singapura. Walaupun terletak jauh dari ibukota, kota ini merupakan kota metropolitan di Indonesia.

Letaknya yang strategis, menjadikan kota ini sebagai jalur pelayaran Internasional. Selain itu, pertumbuhan penduduk kota Batam termasuk pesat di Indonesia.

Pertumbuhan ekonomi yang tinggi menjadikan kota ini sebagai kota andalan pemacu pertumbuhan ekonomi baik secara nasional maupun lokal. Beberapa sektor yang mempengaruhi perekenomian Batam yaitu sektor komunikasi, sektor perbankan, sektor industri, sektor listrik, air, gas, alih kapal, dan sektor perdagangan dan jasa yang merupakan nadi perekonomian kota ini.

Batam memiliki satu bandara udara yaitu Bandara Internasional Hang Nadim dan memiliki tiga pelabuhan laut yaitu, Pelabuhan Sekupang, Pelabuhan Harbour Bay Batu Ampar, Pelabuhan Waterfront City

SEMARANG

Semarang adalah kota metropolitan terbesar ke lima di Indonesia. Kota ini merupakan ibukota dari provinsi Jawa Tengah dan salah satu kota paling berkembang di Pulau Jawa. Nama lain dari kota Semarang adalah “Kota Lumpia”.

Perekonomian Kota Semarang didominasi sektor perdagangan dan sektor industri. Semarang memiliki satu bandara udara, yaitu Bandara Ahmad Yani dan satu pelabuhan laut yaitu, Pelabuhan Tanjung Mas

PEKANBARU


Pekanbaru adalah ibukota provinsi Riau dan merupakan kota terbesar di provinsi tersebut. Kota ini merupakan kota jasa dan perdagangan, termasuk sebagai kota dengan tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi di Indonesia.

Pekanbaru menjadi salah satu kota metropolitan di Indonesia dan sangat dipengaruhi oleh perusahaan minyak, perkebunan kelapa sawit, dan pabrik kertas.

Pekanbaru memiliki satu bandara udara, yaitu Bandara Sultan Syarif Kasim II. Kota ini juga mempunyai beberapa bangunan dengan ciri khas corak melayu diantaranya bangunan Balai Adat Melayu Riau.

Selesai...!!

Silahkan berkomentar jika ada yang kurang di tulisan tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Daftar Kota Terbesar dan Maju di Seluruh Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel