Social Items

Manfaat dan faidah Luar Biasa Membaca Surat Al-Kahfi

Surat Al-Kahfi adalah salah satu surat dalam Al-Qur’an yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dibaca umat Muslim pada hari Jum’at atau malam Jum’at.

Hal ini karena surat Al-Kahfi memiliki keutamaan yang besar serta manfaat yang luar biasa dalam kehidupan manusia.

Kenapa harus hari Jum’at?

Sebenarnya bukan dikhususkan untuk hari Jum’at saja, namun dianjurkan pada hari tersebut karena hari Jum’at adalah hari yang baik bagi umat Muslim.

Hari Jum’at menurut riwayat dari hadits Rasulullah adalah hari dimana diciptakan Bumi dan hari dimana kiamat akan datang.

Selain itu hari Jum’at adalah hari yang suci karena pada hari ini Allah memperbanyak berkah dan ampunan bagi hamba-hambaNya yang banyak berdo’a di hari ini.

Hari Jum’at juga masuk dalam Al-Qur’an dengan nama surat Al-Jumu’ah, dan hari iniadalah hari penting karena ada salah satu ibadah wajib bagi kaum adam yaitu Sholat Jum’at.

Baca juga Manfaat luar biasa dari Surat Yasin

Berbicara tentang surat Al-Kahfi yang dianjurkan dibaca di hari Jum’at, berikut ini adalah beberapa manfaat dan keutamaannya menurut beberapa hadits yang bisa menjadi landasan.


Terlindung dari Dajjal


Diriwayatkan bahwa makhluk bernama Dajjal adalah seburuk-buruk makhluk yang pernah ada.

Beberapa ada yang meriwayatkan dia bermata satu dengan kulit warna merah.

Dajjal ini nantinya akan keluar ke permukaan bumi dengan membawa fitnah bagi umat manusia.

Salah satu keutamaan dan manfaat membaca surat Al-Kahfi adalah menghindarkan kita dari fitnah Dajjal tersebut.

Karena fitnah Dajjal itu bisa membawa kita kepada kesesatan dan neraka.

Salah satu hadits yang terkenal dari ini adalah, “Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya.” (HR Dailami).

Mendapatkan Cahaya Penerang atau Petunjuk dari Allah


Dalam sebuah hadits disebutkan tentang hal tersebut,

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

Sehingga bisa disimpulkan bahwa membaca surat Al-Kahfi memiliki keutamaan dan manfaat yang salah satunya adalah mendapatkan cahaya peneran atau petunjuk dari Allah SWT.

Sehingga hidupnya akan terasa mudah, ringan, dan tidak mendapatkan kegelisahan sedikitpun walau ujian datang menghampiri.


Dalam sebuah riwayat dari Abu Sa’id al-Khudri ra., dari Ibnu Umar ra., Rasulullah SAW bersabda,

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum’at.”

Dari hadits di atas, ditegasakan bahwa salah satu manfaat atau keutamaan membaca surat Al-Kahfi, terutama pada hari Jum’at, adalah mendapat ampunan dosa dari Allah SWT.

Tentunya dengan taubat nasuha tulus yang kita panjatkan kepada Allah juga.


Pada malam Jum’at dan bisa juga pada hari Jum’atnya, kita dianjurkan membaca surat Al-Kahfi karena salah satu keutamaannya adalah membentengi diri dari setan.

Dalam beberapa riwayat hadits disebutkan bahwa dengan membaca surat Al-Kahfi, maka itu bisa membuat setan tak mampu masuk dan mendekat untuk menggoda kita.

Kita juga bisa terhindar dari segala marabahaya, sihir, dan segala bentuk keburukan baik dari alam ghoib maupun sesama manusia.

Diriwayatkan dari Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal bahwa sebuah rumah yang dibacakan surat Al-Kahfi dan surat Al-Baqarah tidak akan dimasuki setan sepanjang malam itu.

Nah, itulah beberapa manfaat dan keutamaan membaca surat Al-Kahfi. Semua yang ada dalam Al-Qur’an adalah kebaikan yang Allah karuniakan sebagai pedoman kita.

Wallohua'lam Bisshowab.

No comments