Manfaat Sholat Hajat Dalam Kehidupan Sehari-hari

 Sholat hajat merupakan ibadah sholat sunnah yang dilakukan seorang muslim agar segala keinginannya dikabulkan oleh SWT. Sholat sunnah ini dapat dikerjakan 2 sampai 12 rakaat pada waktu siang maupun malam hari, kecuali waktu yang dilarang melaksanakan sholat hajat.





Setelah berusaha dan berjuang mewujudkan keinginannya, seorang muslim juga dianjurkan untuk mengerjakan shalat hajat. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadits, yang artinya: "Siapa yang berwudhu dan sempurna wudhunya, kemudian sholat dua rakaat (sholat hajat) dan sempurna rakaatnya, maka Allah akan berikan apa yang ia minta cepat atau lambat." (HR. Ahmad).

Di samping itu, sholat hajat juga memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Lantas apa saja manfaat sholat hajat untuk setiap muslim? Simak manfaat sholat hajat dalam kehidupan sehari-hari beserta bacaannya berikut ini.

1. Mempermudah Terkabulnya Doa

Salah satu ibadah sunnah yang khusus untuk meminta agar keinginannya mudah dikabulkan oleh Allah SWT adalah sholat hajat. Setiap muslim yang memiliki kepentingan dan keinginan dianjurkan untuk mendirikan sholat hajat.

Dilansir dari NU Online, ada suatu riwayat yang mengisahkan tentang seorang yang tidak sempurna penglihatannya menemui Rasulullah untuk meminta doa agar diberi kesembuhan. Akan tetapi Rasulullah SAW memerintahkan orang tersebut agar mendirikan sholat hajat lalu berdoa yang artinya:

Ya Allah Sesungguhnya aku bermohon kepada engkau, dan aku menghadap kepada engkau dengan Muhammad Nabiyyir Rahmah, Wahai Muhammad sesungguhnya aku menghadap Tuhanku bersamamu dalam memohonkan hajatku ini agar dikabulkan. Ya Allah perkenankanlah dia (Muhammad SAW) memberikan syafaatnya kepadaku." (HR. Utsman bin Hunaif)


  2.Terhindar Dari Kesulitan dan Marabahaya

Seorang muslim yang sedang mengalami kesulitan dalam menjalani hidup, dianjurkan untuk mendirikan sholat hajat dan berdoa meminta pertolongan dari Allah SWT. Pasalnya Allah SWT akan memberikan pertolongan bagi hambanya yang mau berdoa.

Dilansir dari NU Online, Syekh M Nawawi Banten menyebutkan riwayat dari Wahib bin Al-Warad, menyampaikan bahwa seseorang muslim yang sedang mengalami kesempitan atau kesulitan hendaknya melakukan shalat sunnah sebanyak 12 rakaat.


Orang sedang mengalami kesempitan, berhajat untuk membuat mashlahat agama dan dunianya, dan merasakan kesulitan karenanya, hendaklah melakukan shalat sebagai berikut.

(Syekh M Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 2002 M/1422 H], cetakan pertama, halaman 103)

Setelah mengerjakan sholat hajat, seorang muslim hendaknya melanjutkan berdoa memohon pertolongan Allah AWT. Selain itu juga dianjurkan untuk membaca shalawat untuk Rasulullah SAW. Hal ini sebagai wujud pengakuan atas segala keesaan Allah SWT dan meminta petunjuk dan pertolongan Allah SWT.


Dilansir dari laman NU Online, berikut ini beberapa doa khusus yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

La ilaha illallahul halimul karim. Subhanallahi rabbil arsyil karimil azhim. Alhamdulillâhi rabbil alamîn. Asaluka mujibati rahmatik, wa azaima maghfiratik, wal ghanimata min kulli birrin, was salamata min kulli itsmin. La tada li dzanban illa ghafartah, wa la hamman illa farrajtah, wa la hajatan hiya laka ridhan illa qadhaitaha ya arhamar rahimin.


Artinya:

Tiada Tuhan selain Allah yang maha lembut dan maha mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau telantarkanku yang sedang berhajat sesuai ridha-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang maha pengasih.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Sholat Hajat Dalam Kehidupan Sehari-hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel