Keutamaan Membaca Surat Yasin,Dapat Terhindar Dari Siksa Kubur

 Surat Yasin merupakan surat ke-36 dalam Al-Qur'an yang terdiri dari 83 ayat dan termasuk sebagai golongan surat Makiyah karena diturunkan di kota Makkah. Kandungan dalam surat ini tak hanya ditujukan untuk umat Islam saja, tapi untuk seluruh makhluk di alam.

Namun, layaknya surat dalam Al-Qur'an yang lain, membaca surat Yasin juga memiliki keutamaan. Berikut ini beberapa keistimewaan, keutamaan, dan manfaat membaca surat Yasin.






1. Diampuni dosa-dosanya

Setiap orang pasti pernah berbuat dosa. Namun, Allah SWT senantiasa mengampuni dosa-dosa tersebut seperti yang dinyatakan dalam hadis riwayat At Thabrani dan Al-Bayhaqi, dari Abu hurairah ra.


“Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridaan Allah, maka diampuni dosa-dosanya.” (HR. At Thabrani dan Al-Bayhaqi, dari Abu hurairah ra). 


2. Dipermudah segala urusannya di dunia

Membaca surat Yasin juga dipercaya dapat mempermudah berbagai masalah hidup yang sedang dialami. Mulai dari masalah pertikaian, utang, hingga masalah hubungan yang membuat pikiran tak tenang. Hal ini dinyatakan dalam Sunaan daarimi juz 2 halaman 549:

“Barangsiapa yang membaca surat Yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari, maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.” (Sunaan daarimi juz 2 hal. 549)

3. Terhindar dari siksa kubur

Jelang bulan suci Ramadan, biasanya terdapat sebuah tradisi, yakni mengunjungi makam dan membacakan surat Yasin atau biasa disebut ziarah. Kegiatan ini bermanfaat untuk meringankan siksa kubur bagi mereka yang dikunjungi kuburannya.


Sebagaimana penjelasan tafsir berikut ini:


“Barang siapa yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan surat Yasin, maka pada hari itu, Allah SWT meringankan siksa kubur mereka dan diberikan kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur di pekuburan itu.” (Tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373)

4. Ketika meninggal, jenazah akan dianggap syahid

Manfaat surat Yasin yang lainnya adalah Allah SWT akan menjauhkan orang yang membacanya dari malapetaka, termasuk melindunginya dari berbagai bencana, penyakit, dan bahaya.


Selain itu, orang yang membaca surat Yasin setiap harinya, juga akan dipermudah ajalnya dan meninggal dalam keadaan syahid. Hal tersebut dijelaskan dalam hadis riwayat At-thobroni, yang berbunyi:

“Barang siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam, maka tanpa terduga, dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” (HR. At-thobroni, dari pernyataan Anas bin malik).


5. Dipermudah ketika sakaratul maut

Selain menghindari diri dari ancaman siksa kubur, membaca surat Yasin juga dipercaya dapat membantu sakaratul maut agar lebih mudah. Sebagaimana dijelaskan dalam tafsir Al-Quran Al azhim, berikut:


“Membaca surat Yasin di sisinya mayat akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya ruh.” (Tafsir alqur’an Al-azhim 6/562 daran nassyr wat tauzi )


“Disunnahkan membaca surat Yasin di samping seseorang yang sedang menghadapi kematian.” (Al – Majmu’syaih Al muhadzdzab 5 /76 Dar’alim alkitab)

6. Dikabulkan doa-doanya

Membaca surat Yasin sebanyak tiga kali juga bisa membuat keberkahan dalam hidup meningkat. Ini karena Allah SWT senantiasa mengabulkan doa-doa orang yang membaca surat Yasin sepenuhnya dan diulang sebanyak tujuh kali.


Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis yang berbunyi:

Barang siapa yang membaca surat Yasin sepenuhnya dan saat mencapai pada ayat 58, surat Yasin tersebut diulang sebanyak 7 kali, maka allah SWT akan mempermudah dan mengabulkan hajatnya.”


Bahkan, seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, surat Yasin juga dipercaya dapat mempermudah segala urusan karena Allah selalu memberi jalan kepada hamba-hamba-Nya yang taat. 


Itu dia beberapa keutamaan membaca surat Yasin yang bisa kamu dapatkan. Jangan lupa untuk menambah amalan-amalan pahala sehari-hari dengan membaca surat Al-Qur'an, termasuk surat Yasin!

Belum ada Komentar untuk "Keutamaan Membaca Surat Yasin,Dapat Terhindar Dari Siksa Kubur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel