Keutamaan Membaca Surat Ar- Rahman Dapat Meningkatkan Rasa Bersyukur

 Surat Ar Rahman merupakan surat yang terdiri dari 78 ayat dan merupakan surat ke-55 di dalam kitab Alquran. Surat yang diturunkan di kota Mekah ini berisi kemurahan serta kenikmatan yang diberikan oleh Allah kepada para jin, manusia dan segala makhlukNya.





Surat ini memiliki penggalan ayat yang sangat istimewa, bahkan penggalan ayat tersebut diulang sampai 31 karena memang memiliki makna yang sangat mendalam. Adapun bunyi penggalan ayat tersebut seperti berikut.

Fa bi ayyi ala`i rabbikuma tukazziban


Artinya: ‘Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?’

Surat Ar Rahman memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi siapa saja yang membacanya. Nah, berikut ini manfaat dan keutamaan surat Ar Rahman yang perlu kamu tahu.

1. Memperoleh Ridha Allah SWT


Keutamaan bagi siapa saja yang membaca surat Ar-Rahman yaitu akan memperoleh ridha Allah SWT dan semakin dicintai oleh Allah SWT. Rasulullah bersabda dalam tafsir Ats Tsaqolayn;


“ Barang siapa membaca surat Ar Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhoi nikmat yang dikaruniakan kepadanya.”

2. Memperoleh Syafaat pada Hari Kiamat


Baca Juga: Surat Al Falaq Latin, Arti, dan Keutamaannya


Keutamaan membaca surat Ar Rahman yang berikutnya yaitu memperoleh syafaat pada hari kiamat bagi siapa saja yang membacanya, terutama pada waktu sepertiga malam. Bahkan pada hari kiamat kelak, Allah SWT akan memperlihatkan diri padamu dengan wujud yang paling indah dan sempurna.

3. Meningkatkan Rasa Syukur


Pengulangan pada penggalan ayat Fa bi ayyi ala`i rabbikuma tukazziban, menjadi semacam notifikasi bahwa begitu banyak nikmat yang Allah SWT berikan kepada para makhlukNya. Jika kamu membacanya dengan sepenuh hati, niscaya kamu akan lebih bersyukur atas segala sesuatu.


4. Selalu Ingat Akan Allah SWT

Keutamaan membaca surat Ar-Rahman yang juga perlu kamu tahu yaitu membuatmu selalu mengingat Allah SWT. Selalu mengingat Allah menjadi bagian yang sangat penting dalam menjalani kehidupan. Oleh karena itu, dianjurkan untuk selalu menyempatkan diri membaca surta Ar-Rahman.

5. Mencintai Sesama Makhluk Ciptaan Allah SWT

Muslim yang taat bukan hanya sebatas menjalankan ibadah sholat, puasa dan mengaji saja. Menjadi muslim yang taat juga bisa dilakukan dengan cara mencintai sesama makhluk ciptaan Allah SWT.


Agar rasa cinta yang dalam terhadap sesama makhluk tertanam dalam jiwamu, cobalah untuk senantiasa membaca surat Ar-Rahman di waktu senggang atau saat terbangun di sepertiga malam.

Belum ada Komentar untuk "Keutamaan Membaca Surat Ar- Rahman Dapat Meningkatkan Rasa Bersyukur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel