Keutamaan Membaca Al Qur'an Di Bulan Ramadhan

 Keutamaan Membaca Al- Qur'an tidak hanya bisa mendapatkan pahala. Tetapi juga kita bisa mendapatkan pertolongan Allah SWT di hari kiamat nanti.

Dikutip dalam buku "Mengenal Al-Qur'an" oleh Ahmad Sarwat, Lc., MA, Al-Qur'an adalah perkataan Allah SWT, namun sebatas hanya perkataan kepada para nabi dan rasul saja, itupun khusus hanya kepada Nabi Muhammad SAW.






Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dan umat manusia sebagai mukjizat. Al-Qur'an juga menjadi bukti yang tak terbantahkan akan kebenaran Muhammad sebagai Rasulullah sekaligus kebenaran Islam sebagai agama rahmatan lil'alamin.

Selama bulan Ramadhan, umat Islam juga sangat dianjurkan untuk membaca Al-Qur'an dan mengkhatamkannya. Sebagaimana hadits berikut:


وَكَانَ جِبْرِيلُ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ


"Jibril menemuinya pada tiap malam malam bulan Ramadhan, dan dia (Jibril) bertadarus Al-Quran bersamanya. (H.R. Bukhari No. 3220)

Berikut keutamaan membaca Al-Qur'an di bulan Ramadhan:

1. Pahala berlipat ganda

Di dalam Al-Qur'an mengandung banyak kebaikan. Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR. Bukhari).


2. Diangkat derajatnya oleh Allah SWT

Allah SWT akan mengangkat derajat orang-orang yang selalu membaca Alquran dan mempelajari isi kandungannya serta mengamalkannya setiap hari.


3. Mendapatkan ketenangan


Allah SWT berfirman dalam surat Al-Isra ayat 82:


نُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا


Artinya: Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.


Al-Qur'an diturunkan sebagai obat segala macam penyakit kejiwaan. Sehingga membaca Al-Qur'an setiap hari dapat mendatangkan ketenangan jiwa.

4. Mendapatkan pertolongan di hari kiamat

Keutamaan membaca Alquran dengan tartil akan mendapatkan syafaat (pertolongan) pada hari Kiamat.


5. Terbebas dari aduan Rasulullah SAW di hari kiamat

Memperbanyak membaca Alquran akan mengantarkan kemudahan ketika kita menghadap Allah SWT

6. Dihadiri malaikat

Rumah yang penghuninya selalu membaca Al-Qur'an saat bulan Ramadhan atau hari-hari biasa lainnya akan dihadiri oleh malaikat. Penghuni rumah akan merasakan bahwa rumahnya menjadi luas.


7. Ditempatkan di tempat terbaik

Seorang yang rajin membaca Al-Qur'an dan menghafalnya akan ditempatkan bersama malaikat-malaikat pencatat yang patuh kepada Allah dan selalu berbuat kebaikan

Menurut al-Qurthubi sebagaimana dikutip dalam kitab Fathul Bârî, yang dimaksud mahir di sini adalah orang yang cerdas, maksudnya, hafalan dan tajwidnya sama-sama mempunyai kualitas bagus, tidak perlu mengulang-ulang. Sehingga kita sangat dianjurkan untuk terus belajar membenahi bacaan Al-Qur'an.


Sumber: detikNews.com

Belum ada Komentar untuk "Keutamaan Membaca Al Qur'an Di Bulan Ramadhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel