15 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Jahe merupakan tumbuhan yang bisa menghangatkan tubuh. Selain itu, ada banyak manfaat jahe lainnya yang baik untuk kesehatan. Mau tahu apa saja itu?


Jahe memiliki bau khas yang kerap digunakan sebagai bumbu rempah masakan, serta menggunakannya sebagai obat herbal. Khasiat yang dimilikinya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut manfaat jahe bagi kesehatan yang didapatkan dari berbagai sumber:

1. Mengurangi Rasa Sakit Saat Menstruasi


Wanita kerap merasakan sakit perut pada saat menstruasi. Kamu bisa mengonsumsi jahe untuk membantu mengurangi rasa sakit tersebut.


2. Menyehatkan Sistem Pencernaan


Jahe juga memiliki manfaat untuk menjaga sistem pencernaan. Mengonsumsi jahe dapat mencegah perut kembung, sembelit, atau naiknya asam lambung. Jahe yang ditambahkan dalam makanan pun juga berfungsi untuk mencegah keracunan makanan akibat bakteri.

3. Meningkatkan Kesuburan Pria


Manfaat jahe juga dapat dirasakan oleh pria. Jahe dipercaya dapat meningkatkan jumlah hormon testosteron yang dapat meningkatkan kesuburan pria.





4. Menghilangkan Mual


Baunya yang khas dan kandungan yang dimilikinya dapat digunakan untuk menghilangkan rasa mual. Selain itu, mengonsumsi jahe juga bisa digunakan untuk mengatasi mabuk laut. Kamu bisa memanfaatkan jahe dengan cara merebus airnya atau mencampurnya ke dalam teh

5. Melawan Infeksi


Jahe bisa kamu gunakan untuk membantu melawan virus penyebab infeksi. Hal ini disebabkan oleh senyawa aktif gingerol yang dimilikinya.


6. Menjaga Kesehatan Otak


Jahe memiliki manfaat yang dapat menjaga kesehatan otak. Dengan mengonsumsi jahe secara teratur dapat menghambat proses peradangan yang terjadi pada otak.

7. Mengurangi Peradangan


Jahe mampu mengurangi peradangan pada persendian. Kandungan antiinflamasi yang dimilikinya mampu mengurangi dampak rematik secara perlahan-lahan.


8. Mencegah Kanker


Manfaat jahe juga dapat digunakan untuk mencegah kanker. Dengan mengonsumsi jahe dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker rahim.

10. Melancarkan Peredaran Darah


Jahe dapat memberikan stimulan sirkulasi darah yang kuat. Kandungan yang dimilikinya memberi efek stimulasi pada otot jantung untuk mengencerkan darah dan meningkatkan sirkulasi darah.




11. Melepas Stres


Jahe memiliki aroma yang khas dan kandungan polifenol yang dapat membantu meredakan stres. Konsumsilah jahe setiap hari untuk membantu melepaskan stres.

12. Menghindari Penyakit Jantung


Jahe dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Kolesterol jahat diketahui dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.


13. Meningkat Nafsu Makan


Jahe bisa membantu kamu untuk meningkatkan nafsu makan. Untuk membantu memulihkan nafsu makan yang hilang, kunyah sepotong jahe dengan lemon dan garam.

14. Melegakan Tenggorokan


Jahe dapat memberikan efek hangat di tenggorokan. Konsumsilah air jahe untuk meredakan rasa gatal karena penyakit pernapasan.


15. Mencegah Kebotakan


Rambut yang sering rontok dapat diatasi dengan menggunakan jahe. Jahe merangsang folikel di kulit kepala untuk memelihara kulit kepala serta menguatkannya. Gunakan jahe sebagai masker rambut dengan cara menghancurkannya dan mencampurnya dengan minyak kelapa murni.

Belum ada Komentar untuk "15 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh Kita "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel