Kabar Gembira 17.635 Warga Miskin Akan Di gelontor Rp 10,5 Milyar Sebagai Bunus Lebaran

 KARANGANYAR JATENG -Sebanyak 17.635 orang warga miskin di Kabupaten Karanganyar, Jateng akan menerima bantuan dari pemerintah pusat sebagai bonus untuk Lebaran.




Jumlah uang yang diperbantukan lumayan banyak,  yakni Rp 10.5 miliar yang akan diberikan mulai Selasa (20/4/2021) pekan depan.

Sekretaris Dinas Sosial Karanganyar,  Sumarno mengatakan,  pencairan akan dilakukan mulai Selasa (20/4/2021) melalui kantor pos.

Adapun indek bantuan untuk kali ini merupakan rapel  untuk bulan Maret dan April, sehingga jumlah keseluruhan per orang menerima Rp 600.000.

Ini adalah Bantuan Sosial Tunai atau BST yang indeksnya per orang Rp 300.000. Namun karena rapel maka setiap orang menerimaRp 600.000,” tandasnya kepada wartawan Rabu (14/4/2021)

Cairnya bantuan pada Minggu kedua selama bulan puasa itu boleh dikata sebagai bonus Lebaran dari pemerintah kepada rakyat Karanganyar.



 

Pasalnya,  lanjut Sumarno,  cairnya bantuan itu merupakan angin segar karena dilakukan rapel dan dicairkan pertengahan puasa sehingga sangat membantu warga miskin yang mana sangat membutuhkan menghadapi lebaran

Ya,  bahasa lain cairnya bantuan BST pada waktu yang sangat tepat,  ketika  sudah mendekati lebaran,” ungkapnya.


Sumarno mengimbau kepada penerima bantuan agar  bisa memanfaatkan semaksimal mungkin. Sedangkan bagi warga miskin yang tidak menerima BST diharapkan legawa.

Ia mengatakan, kemungkinan pembagian itu  berdasar validasi data baru, warga miskin yang dulu menerima BST.  Sedangkan yang  sekarang tidak menerima, mungkin disebabkan duplikasi data.

Ya harap maklumlah karena data warga miskin penerima dinamis berubah-ubah berdasar kondisi faktual,” lanjutnya.


Sementara itu,  Kabid Pemberdayaan dan Pembinaan Sosial (PPS) Dinsos Karanganyar, Gunarto mengatakan, pencairan BST dilakukan Selasa (20/4/2021) hingga Jumat ( 23/4/2021) Ya harap maklumlah karena data warga miskin penerima dinamis berubah-ubah berdasar kondisi faktual,” lanjutnya.


Sementara itu,  Kabid Pemberdayaan dan Pembinaan Sosial (PPS) Dinsos Karanganyar, Gunarto mengatakan, pencairan BST dilakukan Selasa (20/4/2021) hingga Jumat ( 23/4/2021) sehingga berlangsung cepat

Dia mengakui adanya penurunan jumlah penerima BST sebanyak 5.000 orang karena hal itu merupakan  hasil validasi terkini dari kementrian sosial.


“Memang terjadi pengurangan jumlah penerima BST berdasar data terbaru,” tandasnya.

Menurut Gunarto,  bisa jadi nanti pencairan BST pada 2022 akan berkurang lagi sehingga warga tidak perlu kaget apalagi resah dan demo. Beni Indra


Sumber: joglosemarnews.com

Belum ada Komentar untuk "Kabar Gembira 17.635 Warga Miskin Akan Di gelontor Rp 10,5 Milyar Sebagai Bunus Lebaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel